Curug Dadali Cianjur, Serasa di Niagara Tak Perlu Jauh-jauh Ke Kanada

35 Likes comments off
Curug Dadali Cianjur

Di Kadupandak, Cianjur, terdapat sebuah keajaiban alam yang tersembunyi, yaitu Curug Dadali. Kawasan Kabupaten Cianjur di Jawa Barat memang dikenal sebagai surga bagi para pecinta curug atau air terjun, dan Curug Dadali Cianjur  adalah salah satunya.

Jika berada di Curug ini pengunjung akan serasa di Niagara, air terjun terkenal yang ada di Kanada. Jadi jika memang belum ada kesempatan, tidak perlu jauh-jauh ke Kanada untuk merasakan sensasi Niagara karena di Cianjur ada Curug Dadali yang membuat pengunjungnya serasa di Niagara.

Curug Dadali memiliki keunikan tersendiri. Meskipun mengambil sumber air dari aliran sungai, namun keunikan ini terletak pada keberlangsungan aliran airnya yang tak pernah surut, bahkan saat musim kemarau.

Meskipun debit airnya menurun, namun tetap mengalir dengan konsistensi yang mengejutkan. Selain itu, saat musim hujan tiba, debit air akan semakin deras, menambah daya tarik dari keindahan alam Curug Dadali ini.

Lokasi Curug Dadali

Seperti yang sudah disebutkan tadi, Curug Dadali berlokasi di Kampung Lebaksaat, Desa Wargaasih, Kecamatan Kadupandak, bagian selatan Cianjur.

Daya tarik utama dari air terjun ini adalah bentuknya yang menyerupai tirai yang melebar. Di sekitar daerah jatuhnya air terdapat banyak batu besar yang ditumbuhi lumut dan rerumputan.

Meskipun area air terjun ini sempit untuk berenang, namun bagi para pecinta fotografi, tempat ini menawarkan keeksotisan yang cocok untuk diabadikan dalam foto-foto instagenik.

Tiket Masuk dan Jam Buka

Curug Dadali dibuka setiap hari mulai Senin hingga Minggu dengan jam operasional dari pagi hingga malam hari. Dan yang menarik, tidak ada biaya tiket masuk alias gratis untuk menikmati keindahan curug ini.

Daya Tarik yang Dimiliki

Curug Dadali ini tentunya memiliki daya tarik yang memikat para pengunjung. Berikut di bawah ini adalah beberapa daya tarik tersebut:

1. Pesona Keindahan Air Terjun

Daya tarik utama dari Curug Dadali adalah keindahannya yang mengagumkan. Keelokan Curug Dadali sering dibandingkan dengan Air Terjun Niagara karena debit airnya yang besar dan arus airnya yang kuat, mengalir melalui sebuah curug selebar sekitar 50 meter.

Meskipun tingginya hanya sekitar 20 meter, namun karena lebarnya mencapai 50 meter, arus airnya menjadi sangat deras. Hal ini tercermin dari percikan air yang besar dan jangkauannya yang luas, bahkan dapat membuat pengunjung yang berada di dekatnya menjadi basah meskipun tidak berenang.

Namun, di Curug Dadali Cianjur, pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang. Hal ini disebabkan oleh kolam yang terbatas dan arus air yang begitu deras.

2. View Alam di Sekitar yang Memanjakan Mata

Di Curug Dadali Cianjur, pesonanya tak hanya terletak pada air terjun yang memukau, tetapi juga pemandangan alamnya yang memukau. Terutama, batu-batuan besar yang dilapisi lumut, menciptakan panorama menakjubkan di depan air terjun.

Namun, daya tarik lainnya juga tersimpan di Curug Dadali. Sebuah goa tersembunyi terletak di belakang air terjun, tertutup oleh aliran air yang menggambarkan tirai alami yang megah.

3. Jalur Trekking yang Menantang

Perjalanan menuju Curug Dadali melibatkan trekking sejauh sekitar setengah hingga satu kilometer, dengan jalur yang masih dalam kondisi alami.

Meskipun jalurnya belum sepenuhnya teratur, trekking menuju air terjun ini menawarkan pengalaman yang menyenangkan. Pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan pegunungan yang memukau, hamparan rerumputan yang hijau, dan udara yang segar.

Disarankan bagi pengunjung untuk menghindari musim hujan, karena jalur trekking cenderung licin dan arus air di lokasi utama Curug Dadali dapat menjadi sangat kuat.

Demikianlah informasi tentang Curug Dadali Cianjur yang layak untuk dikunjungi. Dengan berbagai daya tariknya, tempat ini cocok menjadi destinasi untuk menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan.

You might like