Kebun Raya Cibodas, Pesona Indahnya Panorama Kaki Gunung Gede Pangrango

25 Likes comments off
Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas telah menjadi tujuan wisata yang sangat populer. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, menarik pengunjung dari berbagai tempat untuk menikmati pesonanya. Terletak di antara hutan Gunung Gede dan Gunung Pangrango, tempat wisata ini memang tidak diragukan lagi daya tariknya.

Sebagai bagian dari Pusat Konservasi Kebun Raya Bogor, Kebun ini tidak hanya berperan sebagai balai konservasi tetapi juga memberikan berbagai layanan penting kepada masyarakat. Di sini, pendidikan lingkungan dan pelatihan menjadi fokus utama.

Mari kita lihat sedikit tentang pesona yang dimiliki tempat wisata yang ada di Kecamatan Cipanas, Cianjur, jawa Barat tersebut.

Lokasi Objek Wisata

Kebun Raya Cibodas terletak di Jalan Sindanglaya, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Tempat ini berada di kaki Gunung Gede Pangrango dengan ketinggian berkisar antara 1.300 hingga 1.425 meter di atas permukaan laut dan mencakup area seluas 85 hektar. Suhu rata-rata di sini adalah sekitar 20 derajat Celcius.

Untuk mencapai lokasi wisata ini terdapat beberapa rute yang dapat dipilih. Salah satunya, dari Jakarta, perjalanan dilakukan melalui jalan menuju Puncak Bogor. Setelah melewati beberapa kilometer dari Istana Cipanas, pengunjung akan tiba di kawasan Kebun Raya Cibodas yang terlihat jelas.

Alternatif kedua untuk mencapai tempat wisata ini jika dari Bandung adalah dengan melewati rute ke arah Sukabumi dan Cianjur, lalu melalui daerah Istana Cipanas.

Pengunjung dapat memilih jalan menuju Rumah Sakit Cimacan dan kemudian mengambil arah kiri di pertigaan Paragajen. Dengan melanjutkan perjalanan lurus, pengunjung akan mencapai tujuan.

HTM dan Jam Operasional

Ketika tiba di lokasi, pengunjung dapat langsung membeli tiket masuk. Harganya sangat terjangkau, yaitu Rp16.500,00 per orang. Rinciannya mencakup Rp9.000,00 untuk pajak, Rp7.000,00 untuk retribusi, dan Rp500,00 untuk asuransi dari Jasa Raharja.

Objek wisata ini buka setiap hari dengan jam operasional dari pukul 8 pagi hingga 5 sore. Pengunjung dapat menikmati fasilitas dan keindahan kawasan ini selama jam operasional tersebut. Tidak ada layanan tur yang tersedia pada malam hari, sehingga paket tur hanya berlaku selama jam operasional tersebut.

Hal-hal yang Menjadi Daya Tarik

Kebun Raya Cibodas menawarkan berbagai hal yang menjadi daya tarik. Tentunya hal-hal tersebut tidak boleh dilewatkan. Berikut beberapa daya tarik utama yang patut diketahui oleh pengunjung:

1. Terdapat Taman Pohon Bunga Sakura

Di Kebun Raya Cibodas, bunga sakura yang merupakan ikon negara Jepang dapat ditemui dengan subur.

Kunjungi kebun ini pada bulan Januari hingga Februari, serta Juli hingga Agustus, saat bunga sakura mekar dan memancarkan keindahannya.

2. Terdapat Air Terjun

Kawasan Kebun Raya di Cibodas ini menawarkan pengunjungnya pengalaman menyegarkan melalui kehadiran Curug Cibeureum, sebuah air terjun yang menawan.

Untuk mencapai curug ini, pengunjung akan melewati jalan batu yang memungkinkan mereka menikmati keindahan alam sepanjang perjalanan.

Curug Cibeureum tidak hanya menawarkan pemandangan yang memukau tetapi juga udara segar yang menyegarkan, menjadikannya destinasi yang sempurna bagi mereka yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang alami.

3. Terdapat Taman Lumut

Salah satu daya tarik unik dari Kebun Raya Cibodas adalah Taman Lumutnya yang mengagumkan. Taman ini mengoleksi sekitar 235 jenis lumut yang berbeda.

Namun, untuk menikmati keindahan Taman Lumut, pengunjung perlu berhati-hati karena jalan-jalannya cenderung licin akibat lumut yang tumbuh melimpah.

Keselamatan pengunjung menjadi prioritas utama, sehingga diharapkan agar tetap waspada dan mengikuti petunjuk keselamatan yang disediakan saat menjelajahi kawasan ini.

Itulah sedikit informasi mengenai Kebun Raya Cibodas. Tentunya tempat wisata ini layak menjadi alternatif tujuan wisata baik bersama keluarga atau teman-teman.

You might like