Kampung Budaya Padi Pandan Wangi, Panorama Persawahan yang Menyejukkan Mata

36 Likes comments off
Kampung Budaya Padi Pandan Wangi

Saat ini, potensi alam Cianjur, berupa area persawahan yang luas dan produksi berasnya, telah diubah menjadi daya tarik wisata melalui Kampung Budaya Padi Pandan Wangi Cianjur.

Cianjur merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang dikenal sebagai penghasil beras berkualitas tinggi. Salah satu jenis beras yang sangat populer dari daerah ini adalah Pandan Wangi, yang memiliki aroma khas saat dimasak.
Lokasi Objek Wisata

Kampung Budaya Padi Pandan Wangi adalah destinasi wisata edukasi yang terletak di Cianjur, tepatnya di Jl. Jambudipa, Mekarwangi, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43261. Lokasinya dekat dengan pusat kota, hanya sekitar 20 menit perjalanan.

Di tempat wisata ini, pengunjung dapat menikmati perpaduan wisata alam dan edukasi. Kawasan wisata ini didominasi oleh sawah yang luas dan dihiasi dengan elemen budaya, seperti rumah-rumah adat Sunda dari masa lampau.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk menikmati keindahan wisata Pandan Wangi di Cianjur, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 7.000 per orang.

Bagi yang ingin menginap dan merasakan suasana pedesaan yang asri, tersedia pula pondok-pondok di Kampung Padi Pandan Wangi dengan tarif yang berkisar antara Rp. 150.000 hingga Rp. 200.000 per malam.

Pilihan akomodasi ini memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk menikmati pengalaman yang lebih mendalam dan menyatu dengan alam sekitar.

Tema Wisata Kampung Budaya Pandan Wangi Cianjur

Pesona wisata Kampung Padi Pandan Wangi di Cianjur terletak pada keistimewaannya menawarkan berbagai atraksi menarik. Semua keindahan ini dirangkum dalam beberapa tema wisata yang dapat dinikmati, sebagai berikut:

1. Wisata Alam Dan Wisata Edukasi

Kampung Padi Pandan Wangi merupakan bagian dari destinasi wisata di Cianjur yang menyuguhkan kombinasi wisata alam dan edukasi dalam satu lokasi.

Dikenal juga sebagai wisata Warung Kondang, Kampung Padi Pandan Wangi merupakan objek wisata di Cianjur yang didominasi oleh pemandangan area sawah sebagai daya tarik utamanya.

Dengan luas sekitar 12 hektar, Kampung Budaya Padi Pandan Wangi menawarkan lebih dari sekadar wisata alam terbuka. Wisata budaya juga menjadi bagian integral dari kawasan ini, menjadikannya tempat yang kaya akan pengalaman.

Pesona wisata alam terlihat dari hamparan sawah yang luas, sementara nuansa budaya dan edukasi terlihat dari keberadaan bangunan kayu khas rumah adat Sunda dan museum Pandan Wangi.

Selain itu, pada waktu-waktu tertentu, sering diadakan pagelaran seni dan budaya seperti Jaipongan serta kesenian musik Cianjuran di sanggar yang ada di kawasan tersebut.

2. Wisata Keluarga

Daya tarik lain dari objek wisata Kampung Padi Pandan Wangi Cianjur adalah kemampuannya menyediakan destinasi wisata yang cocok untuk keluarga.

Ini terlihat dari konsep wisata Kampung Padi Pandan Wangi yang ramah anak, serta adanya penginapan atau pondok yang terbuat dari kayu.

Di pondok ini, pengunjung dapat menginap bersama keluarga dengan biaya yang terjangkau. Ada baiknya sesekali melarikan diri dari hiruk pikuk kota yang penuh polusi dan gedung-gedung tinggi.

Nikmati sehari saja kehidupan di lingkungan yang asri dengan menginap di pondok yang tersedia di Kampung Padi Pandan Wangi.

Suasana yang hijau, pondok tradisional Sunda, pemandangan alam yang indah, serta udara pagi yang segar menjadi daya tarik utama di Kampung Padi Pandan Wangi.

Terdapat juga spot yang instagramable di Kampung Padi Pandan Wangi, seperti jembatan kayu dan bambu yang panjang, dengan ujung yang membentuk lingkaran besar.

Demikianlah informasi tentang Kampung Budaya Padi Pandan Wangi, salah satu objek wisata di Cianjur yang layak untuk dikunjungi. Menyajikan pemandangan hamparan persawahan disertai dengan langit biru tentu akan sangat memanjakan mata.

You might like