Danau Biru Situ Cilembang, Pesona Air Jenih yang Menjadi Cermin Alami

38 Likes comments off
Danau Biru Situ Cilembang

Danau Biru Situ Cilembang, sebuah tujuan rekreasi alam, menawarkan suasana yang segar dan pemandangan yang menakjubkan dengan Danau Biru sebagai daya tarik utamanya. Dengan kedalaman sekitar 3 meter, danau ini mempesona pengunjungnya. Meskipun demikian, pengunjung tidak diperbolehkan berenang di sana karena danau tersebut merupakan sumber air bagi penduduk lokal.

Namun, fasilitas yang disediakan di tempat tersebut memastikan bahwa pengunjung tetap dapat menikmati liburan mereka dengan sepenuhnya. Terdapat kolam renang khusus yang tersedia baik untuk orang dewasa maupun anak-anak sehingga semua orang dapat menikmati wisata dengan aman dan nyaman.

Air yang jernih di Danau ini menciptakan sebuah cermin alami yang menakjubkan. Keindahan ini telah menjadikan destinasi wisata ini sangat populer di berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

Meskipun disebut Situ Biru, air di danau tersebut sebenarnya tidak berwarna biru secara alami. Warna biru yang terlihat adalah hasil pantulan langit di permukaan air yang begitu jernih, menciptakan efek cermin yang memesona.

Lokasi, Jam Buka dan Harga Tiket

Di Desa Curug, Dusun Hariang, Kec. Buahdua, Sumedang, Jawa Barat, terdapat sebuah destinasi wisata yang menarik bernama Danau Biru Situ Cilembang. Untuk memudahkan akses lokasi, pengunjung dapat memanfaatkan Google Map.

Rute perjalanan menuju wisata ini dimulai dari jalur Bandung-Cirebon, di mana pengunjung akan berlanjut melalui Jalan Cimalaka, kemudian melalui Jalan Tanjungkerta dan Cigaruk, hingga mencapai Desa Hariang. Alternatif lainnya, pengunjung juga dapat memilih jalur kendaraan yang mengarah ke Gunung Puyuh Nangorak.

Setiap hari, mulai dari Senin hingga Minggu, Situ Biru Cilembang buka pintu pukul 7 pagi hingga jam 4 sore. Untuk menikmati pesonanya, pengunjung diharuskan membayar tiket masuk seharga 10.000 rupiah per orang.

Selain itu, ada juga biaya parkir sebesar 2.000 rupiah untuk setiap kendaraan yang dibawa. Dengan biaya tersebut, pengunjung berkesempatan untuk menikmati keindahan dan ketenangan suasana yang disajikan oleh Situ Cilembang.

Daya Tarik Danau Biru Situ Cilembang

Danau yang dikenal dengan beragam nama seperti Situ Biru Cilembang, Situ Biru Hariang Cilembang, Danau Biru Hariang, dan Labuan Cermin Cilembang Sumedang memikat perhatian dengan keunikan tersendiri. Keberadaannya dilengkapi dengan pemandangan menarik dan berbagai objek menarik yang membuat pengunjung bisa menikmati keindahannya.

1. Situ Biru Cilembang

Dikenal sebagai primadona utama, destinasi ini merupakan contoh sempurna dari “Hidden Gem” yang tidak boleh dilewatkan dalam daftar tempat wisata yang patut dikunjungi. Meskipun akses ke lokasi ini terbilang sulit, namun keindahan yang tersembunyi di dalamnya akan memberikan pengalaman yang memuaskan.

Sejak tahun 2016, danau ini telah dibuka sebagai destinasi wisata yang menarik perhatian, bahkan menjadi tren di berbagai platform media sosial. Airnya yang begitu jernih dan berkilauan, serta warna birunya yang mencerminkan langit, mampu memikat siapa pun yang melihatnya.

2. Area Berenang

Di sekitar danau tersebut, pelarangan untuk berenang telah ditegaskan karena airnya dimanfaatkan oleh penduduk setempat. Namun, bagi para wisatawan yang ingin menikmati renang atau bermain air, tersedia fasilitas kolam yang dapat digunakan. Kolam ini terletak di depan danau, sebelum mencapai Situ Biru Cilembang, dan biasanya dimanfaatkan oleh warga lokal atau pengunjung untuk berbagai aktivitas air.

Nah itulah tadi sedikit review tentang salah satu objek wisata yang letaknya di daerah Sumedang yaitu Danau Biru Situ Cilembang. Dari namanya saja tempat wisata ini sudah menarik, jadi tak perlu ragu untuk bisa membuktikan sendiri keindahan objek wisata alam yang satu ini.

You might like