6 Wisata di Cepu, Salah Satunya Cocok Untuk Wisata Edukasi

51 Likes comments off
Wisata di Cepu

Bagi yang ingin liburan di kota cepu, maka harus mencari tahu dulu wisata apa saja yang ada di sana. Banyak orang diluaran sana yang belum memahami di cepu terdapat wisata apa saja. Berikut akan dibahas wisata di cepu yang harus di pahami.

Seperti yang diketahui bahwa berlibur adalah kegiatan yang menyenangkan. Karena selain merefresh otak juga dapat mengunjungi tempat yang belum pernah didatangi. Berikut ini beberapa wisata yang ada di cepu.

1. Museum Minyak Bumi Cepu

Wisata di cepu yang menarik untuk dikunjungi adalah museum minyak bumi. Sebagai sebuah institusi, museum ini menjadi wisata bagi pengetahuan akan keberadaan minyak bumi, sumber daya bagi negeri Indonesia.

Di dalamnya, pengunjung diajak untuk menggali sejarah eksplorasi minyak bumi di Cepu sambil menyaksikan beragam artefak yang bersangkutan dengan industri tersebut.

Selain itu, museum ini turut dilengkapi dengan kebun yang mempesona di sekitarnya, tempat yang cocok untuk bersantai sambil menikmati hembusan angin segar di bawah rindangnya pepohonan. Pengalaman mendalam tentang peran penting Cepu dalam industri minyak bumi Indonesia akan menghampiri setelah menjelajahi museum ini.

2. Taman Seribu Lampu Cepu

Di sebuah sudut Desa Cepu, tersembunyi sebuah destinasi pariwisata yang begitu memesona. Wisata ini berada di Kabupaten Blora pusat kota kecamatan cepu Jawa Tengah. Taman ini memperoleh julukan yang menggoda, yakni Taman Seribu Lampu.

Seperti namanya, taman ini diliputi oleh ribuan sinar lampu yang menghiasi setiap sudutnya, menawarkan panorama yang mengagumkan pada waktu malam.

Tidak hanya sekedar menikmati keindahan lampu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana seru seperti flying fox, sepeda air, dan perahu dayung yang tersedia di danau buatan yang menghiasi taman ini.

Untuk memasuki Taman Seribu Lampu Cepu,hanya perlu membayar sebesar RP lima belas ribu tiap orangnya. Tarif yang sangat terjangkau ini sepadan dengan pesona yang ditawarkan oleh taman ini. Untuk detail lokasinya berada di kecamatan cepu, sidomulyo, blora Jawa tengah.

3. Heritage Trainz Loco Tour

Wisata di cepu selanjutnya adalah Heritage Trainz Loco Tour. Kereta-kerta ini, peninggalan dari masa pemerintahan Belanda, masih terawat dengan prima serta dilengkapi fasilitas yang memadai.

Selama perjalanan, akan disuguhi panorama alam yang memesona, mulai dari hamparan sawah hijau, perbukitan yang menawan, hingga aliran sungai yang menyejukkan.

Tiket masuk untuk menikmati pengalaman unik di Destinasi Wisata Kereta Warisan Cepu hanya seharga Rp 55.000,- per orang. Harga yang sangat terjangkau ini sebanding dengan kepuasan yang akan Anda dapatkan selama menikmati perjalanan dengan kereta api kuno ini.

Jika berniat untuk mengunjungi Destinasi Wisata Kereta Warisan Cepu, maka dapat menemukannya di Jalan Sorogo, Ngaleng Perhutani, Ngelo, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

4. Goa Terawang

Goa Terawang Cepu menggoda para pelancong dengan pengalaman yang memikat. Terletak di Desa Terawang, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, goa ini menonjolkan keunikan dengan formasi stalaktit dan stalakmit yang memukau. Pesona alam sekitar yang masih perawan turut mengundang decak kagum.

Tiket masuknya cukup terjangkau, hanya Rp 15.000,- per individu, sebanding dengan keajaiban alam yang siap di jelajahi.

Alamatnya jelas, terletak di Desa Terawang, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

5. Grojogan Bengawan Solo

Grojogan Bengawan Solo, sebuah curug yang tersembunyi di Desa Jatimulyo, Girimarto, sebuah peradaban kecil terpencil di Kabupaten Wonogiri, di hati Jawa Tengah. Di sana, sungai ini menghamparkan keajaiban alamnya dengan airnya yang mengalir jernih serta panorama sekitarnya yang masih hijau dan alami.

Wisatawan dapat merasakan keelokan alam di sekitar curug ini dan menikmati kesegaran yang terpancar dari aliran derasnya. Untuk menikmati pesona Grojogan Bengawan Solo, hanya dibutuhkan biaya masuk sebesar Rp 10.000,- per kepala.

Tarif yang amat terjangkau, sebanding dengan pengalaman yang akan diusung selagi menikmati keteduhan curug yang memukau ini. Bagi yang ingin liburan di sini, Grojogan Bengawan Solo tempatnya berada di Ngloram kabupaten blora, Cepu, Jawa Tengah.

6. Kilometer 0 Cepu

Titik Nol Cepu merupakan sebuah lambang yang menjadi sumber patokan dalam mengukur jarak di tanah air. Berdiri megah di tengah kota Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, monumen ini menyimpan makna sejarah yang amat berharga bagi Indonesia, lantaran menjadi pusat perhitungan jarak dari ujung Sabang hingga Merauke.

Bagi mereka yang berkeinginan menyaksikan kehadiran Titik Nol Cepu, tak perlu merogoh kocek sepeser pun, sebab masuk ke dalam kompleks monumen ini benar-benar gratis. Meski begitu, pengunjung diharapkan turut serta dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar.

Jika berniat untuk mengunjungi Titik Nol Cepu, letaknya tak sulit ditemukan, berlokasi di Jalan Pemuda, Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Akses menuju tempat ini pun amatlah mudah, baik dengan kendaraan pribadi maupun menggunakan angkutan umum. Selain menikmati kehadiran monumen yang menawan, pengunjung juga dapat merasakan kehangatan serta keramahan kota Cepu yang memikat.

Demikianlah pembahasan mengenai wisata di cepu. Terdapat enam tempat wisata yang ada di cepu ini. Jangan lupa masukkan daftar list tempat wisata diatas tadi jika ingin liburan di kota Cepu.

You might like