Kebun Binatang Gembira Loka Yogya, Lokasi dan Klasifikasi Wilayahnya

51 Likes comments off
kebun binatang gembira loka yogya

Jogja, yang kerap dipanggil Yogyakarta, menonjol sebagai wilayah unik dan tujuan liburan yang populer di Indonesia setelah Bali. Salah satu wisata edukasi yakni kebun binatang gembira loka Yogya.

Karna Jogja merupakan destinasi wisata yang cukup terkenal dan favorit, tentunya Jogja juga memiliki kebun binatang dengan daya tariknya sendiri. Namun sebelum mengunjunginya, pastikan telah mengetahui terkait dengan lokasi dan juga HTM nya terlebih dulu.

Oleh karenanya, dalam uraian ini akan diberikan penjelasan singkat terkait dengan tempat wisata yang ada di Yogya ini. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut:

Lokasi dan HTM Gembira Loka

Gembira Loka Zoo, terletak di alamat Jalan Kebun Raya Nomor 2, yang ada di Kota Gede, Tepatnya di Yogyakarta. Tempat ini akan menyambut pengunjung setiap hari termasuk hari libur nasional. Berikut adalah jadwal operasional yang dapat ditempuh:

  • Senin hingga Jumat: 08.30 – 16.00 WIB
  • Hari libur akan dibuka pukul: 08.00 – 16.00 WIB

Tiket masuk mencakup akses ke wahana kereta dan kapal Katamara yang terdapat di dalam taman.

Lokasi Gembira Loka Zoo di Kota Yogyakarta, dekat dengan utara Kota Gede, dapat dicapai dalam waktu sekitar sepuluh menit dengan kendaraan pribadi. Alternatifnya, pengunjung dapat menggunakan transportasi umum seperti Trans Jogja, dengan memilih rute 1B dari pusat Kota Yogyakarta atau Malioboro.

Klasifikasi Tempat Binatang di Gembira Loka

Perlu diketahui bahwa, kebun binatang gembira loka ini memiliki beberapa klasifikasi untuk tiap hewannya. Adapun klasifikasi kebun binatang gembira loka yogya ini berdasarkan zona:

1. Zona Cakar

Habitat Cakar merupakan lingkungan tempat tinggal bagi sejumlah spesies karnivora, antara lain Harimau Sumatra, Macan Dahan Sunda, Singa Afrika, Beruang Madu, Kucing Bakau, Macan Tutul Jawa, Otter Sero Ambrang, serta Serval.

2. Zona Petting Zoo

Di Zona Petting Zoo, pengunjung memiliki kesempatan untuk memberi makan langsung kepada hewan-hewan yang berada di dalamnya. Waktu interaksi dengan hewan-hewan ini tersedia setiap hari Senin hingga Jumat mulai pukul sembilan pagi sampai pukul empat sore.

Namun untuk hari libur akan dibuka lebih pagi yakni pukul setengah sembilan. Adapun hewan yang dapat ditemui yakni kuda poni, kalkun, alpaka, keledai dan juga kambing ceko.

3. Zona Reptil

Di wilayah Reptilia terdapat beragam binatang bersifat ekotermik yang tergantung pada suhu lingkungan untuk mengatur suhu tubuh mereka.

Contohnya adalah Python Burma, Kura-Kura Aldabra, Viper Blue Insularis, Iguana, dan Buaya Muara, yang semuanya menghadapi tantangan bertahan hidup dalam kondisi suhu yang terbatas.

4. Zona Burung

Di Zona Burung, pengunjung dapat menjumpai beragam jenis burung endemik baik dari Indonesia maupun mancanegara. Antara lain, terdapat , Penguin Jackass, Nuri Abu-abu Afrika, Elang Bondol, Kakatua Amazon dan Beluk Ketupa.

Burung lainnya seperti Elang Ular Bido, Undan Kacamata, dan Kakatua Maluku juga dapat ditemukan di sana.

Selain itu, pengunjung dapat melihat Merak Hijau, Belibis Polos, dan Angsa Hitam. Juga terdapat spesies burung seperti Elang Brontok, Kakatua Raja, dan Mambruk Viktoria.

Tidak hanya itu, zona ini juga menjadi rumah bagi berbagai jenis burung lainnya seperti Kacamata Fisher, Mandar Besar, Nuri Kepala Hitam. Pengunjung dapat menikmati keindahan Trulek Topeng, Nuri Tanimbar, Parkit Matahari di sini.

Perlu diketahui bahwa, pengunjung juga bisa berinteraksi secara langsung dengan burung yang ada di kebun binatang ini. Adapun untuk dapat berinteraksi bisa dilakukan setiap hari. Untuk hari kerja pukul setengah sepuluh sampai dengan pukul empat sore. Sedangkan di hari libur akan dibuka lebih pagi yakni mulai dari pukul 7 pagi.

Itulah uraian terkait dengan kebun binatang gembira loka yogya yang bisa dikunjungi. Tentunya dengan mengetahui beberapa informasi penting ini pengunjung tidak akan kebingungan lagi ketika berlibur ke tempat ini.

You might like