Tirta Gangga Bali, Tempat Wisata Kolam Ikonik di Bali

34 Likes comments off
tirta gangga bali

Di Kabupaten Karangasem, Bali Timur, terdapat destinasi wisata yang terkenal dengan nama Kolam Tirta Gangga Bali. Tempat ini menjadi favorit bagi para pengunjung karena menawarkan panorama menakjubkan, terdiri dari kolam-kolam yang jernih dan struktur bangunan yang memikat.

Tak hanya pesona alamnya, Kolam Tirta Gangga juga menjadi saksi bisu dari berbagai peristiwa bersejarah yang memiliki makna mendalam bagi penduduk setempat dan komunitas Hindu di Bali. Untuk lebih jelasnya, berikut ini uraian terkait dengan tempat wisata Tirta Gangga ini:

Lokasi Kolam Tirta Gangga Bali

Tirta Gangga, berlokasi di Jalan Raya Abang, Desa Ababi, yang ada di Kecamatan Abang, Tentunya alamat ini ada di sebuah Kabupaten Karangasem, Bali Timur, menjanjikan pengalaman wisata yang menarik, meskipun terletak agak jauh dari pusat kota Denpasar, sekitar 70 km. Perjalanan tersebut dapat ditempuh dengan mobil dalam rentang waktu sekitar 2 hingga 2,5 jam.

Bagi mereka yang lebih suka menggunakan transportasi umum, Bali menyediakan layanan seperti bus Trans Sarbagita yang dapat membawa Anda ke destinasi ini. Anda bisa menaiki bus tersebut menuju Batubulan, dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan mini bus menuju Karangasem.

Perjalanan dimulai dari Denpasar dengan menelusuri Jalan Raya Bugbug. Saat mencapai simpang Puskesmas Karangasem, arahkan kendaraan ke kiri mengikuti Jalan Raya Bungaya. Selanjutnya, setelah melewati Pura Dadie Sri Karangbuncing Asak, belok ke arah kanan mengikuti Jalan Salak.

Langkah berikutnya adalah mengambil jalur ke kanan secara bertahap menuju Jalan KH Samanhudi, kemudian berbelok ke kiri mengikuti Jalan Nenas. Setelah menempuh sekitar 1,6 kilometer, ambil belokan ke kanan mengikuti Jalan Veteran.

Setelah menjelajahi sejauh 1,3 kilometer di Jalan Veteran, berbelok ke arah kiri kemudian mengikuti Jalan Padang Kerta. Teruskan perjalanan hingga mencapai Jalan Abang-Amlapura. Lanjutkan mengikuti jalur tersebut sekitar 3,5 kilometer, dan tujuan akan berada di sisi kiri jalan.

HTM dan Jam Operasional Tirta Gangga

Objek rekreasi Tirta Gangga menghadirkan jam operasional yang luas, mulai dari jam 8 pagi sd jam 6 sore WITA, yang tersedia sepanjang minggu, dari Senin hingga Minggu. Tarif masuknya sangat terjangkau, hanya sebesar Rp10.000 per individu. Bagi yang ingin merasakan kesegaran di kolam renangnya, cukup menambahkan biaya sebesar Rp6.000 per orang.

Keunikan dari Kolam Tirta Gangga 

Tirta Gangga Bali, dengan pesonanya yang menawan dan kedamaian yang tersirat, menjadi pilihan tepat bagi pencinta destinasi wisata yang memikat hati. Berikut adalah beberapa ciri khas yang membedakan tempat wisata kolam ini:

1. Menara Air

Di daerah Tirta Gangga, ada sebuah struktur menara air yang menyerupai atap pura dengan tinggi mencapai 10 meter. Air mengalir dari bangunan tersebut sering digunakan oleh masyarakat setempat untuk merayakan ritual adat mereka.

Terletak di Karangasem, Bali, Tirta Gangga dibangun dengan tiga elemen pokok: taman, kolam, dan patung. Kombinasi yang unik dari ketiga unsur ini menarik minat pengunjung yang mencari destinasi wisata yang kaya akan nilai-nilai agama dan sejarah.

Sumber air utama Tirta Gangga adalah mata air Rejasa, yang terkenal akan kejernihan dan kebersihannya. Sebagian dari air ini dialirkan ke rumah-rumah di sekitar kawasan Amlapura, sementara sisanya digunakan untuk mengisi kolam-kolam di kompleks Tirta Gangga.

2. Mata Air Alami

Tempat pariwisata ini menawarkan keunggulan utama berupa keberadaan mata air alami. Sumber air di Tirta Gangga berasal dari mata air Rejasa yang dianggap memiliki keberkahan spiritual.

Dari perspektif linguistik, istilah “tirta” mengacu pada air, sementara “Gangga” merujuk pada sungai suci Gangga di India yang memiliki makna penting dalam kepercayaan Hindu. Dengan demikian, Tirta Gangga dapat diartikan sebagai mata air yang bersumber dari keberkahan Sungai Gangga.

Nama ini mencerminkan penghormatan yang dalam terhadap nilai-nilai spiritual Hindu yang tercermin dalam kitab suci dan kehidupan sehari-hari.

3. Ikan Hias di Kolam

Kolam ini juga telah dijadikan sebagai tempat tinggal bagi banyak ikan koi. Saat Anda melangkah di atas jalur berbatu, tak mengherankan jika Anda dikelilingi oleh sekumpulan ikan koi yang berenang di sekeliling Anda. Di Tirta Gangga, terdapat dua tipe kolam: kolam ikan dan kolam renang untuk pengunjung. 

Itulah uraian terkait dengan review dari tempat wisata tirta gangga Bali. Sebelum berkunjung, tentu harus mengetahui berbagai informasi tersebut.

You might like