Museum Puri Lukisan, Objek Wisata yang Sangat Cocok Bagi yang Berjiwa Seni

43 Likes comments off
museum puri lukisan

Terletak di Jalan Raya Ubud, yang masih termasuk wilayah administrasi Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Museum Puri Lukisan merupakan salah satu tujuan wisata yang menarik.

Lokasinya dari Puri Saren terpaut sekitar 200 meter. Lokasinya juga terpisahkan oleh lembah kecil dan dikelilingi oleh pemandangan alam yang memukau.

Di dalam museum ini, pengunjung dapat menemukan berbagai karya seni dari seniman-seniman Bali terkemuka serta koleksi seni dari seniman Eropa yang tak kalah menarik.

Tentang Museum Puri Lukisan

Salah satu alasan yang menjadikan Bali mendunia adalah bakat seniman-senimannya yang luar biasa, termasuk dalam seni lukis, baik yang bersifat modern maupun tradisional. Sebagai hasilnya, museum-museum lukis tersebar di berbagai penjuru pulau ini.

Museum Puri Lukisan adalah salah satunya. Museum ini ialah Museum yang paling tua di Bali. Lokasinya ada di Jalan Raya Ubud, Gianyar. Jika melakukan perjalanan dengan mobil, dapat ditempuh dalam waktu 40 menit.

Museum Puri didirikan sebagai respons terhadap kekhawatiran tentang potensi kehilangan warisan budaya Bali. Karya-karya seniman Bali telah dikenal secara internasional sejak awal abad ke-20.

Namun, karakteristik unik seni lukis Bali ini menjadi perhatian akan potensi hilangnya dan kesulitan dalam penemuannya di masa mendatang. Oleh karena itu, pendirian museum ini menjadi langkah penting untuk mempertahankan dan mempromosikan kebudayaan Bali yang kaya.

Konstruksi museum ini dimulai dengan upacara penempatan batu pertama yang dilakukan pada tanggal 31 Januari 1954. Adapun yang melakukan penempatan batu pertama tersebut adalah Perdana Menteri Ali Sastroamidjojo.

Barang-barang koleksi di museum ini sebagian besar disumbangkan oleh para seniman, sementara ada juga barang-barang yang dibeli menggunakan dana dari donasi.

HTM dan Jam Buka

Agar bisa menikmati lukisan-lukisan para maestro, pengunjung diminta untuk membeli tiket masuk Rp 85.000 untuk orang dewasa. Dengan harga tiket tersebut, pengunjung akan mendapatkan minuman dan kue sebagai bonus tambahan. Anak-anak yang berusia di bawah 15 tahun dapat masuk secara gratis jika didampingi oleh orang tua mereka.

Jam operasional Museum Puri Lukisan adalah dari pukul 09.00 hingga 18.00 WITA setiap hari. Museum akan tutup untuk umum pada saat Nyepi.

Koleksi Lukisan yang Ada di Museum Puri

Dalam Museum Puri, kekayaan seni Bali tersaji dalam berbagai kategori yang menakjubkan. Di antaranya adalah lukisan-lukisan modern era Bali, ukiran kayu, karya-karya unggulan I Gusti Nyoman Lempad, dan karya-karya dari anggota Pitamaha. Penyajian koleksi tersebut dibagi menjadi empat galeri yang memukau:

1. Galeri Pitamaha

Menyuguhkan karya-karya Bali antara tahun 1930-1945 dan karya-karya ikonik I Gusti Nyoman Lempad.

2. Galeri Ida Bagus Made

Menghadirkan lukisan-lukisan Bali sejak 1945 hingga kini, serta kumpulan karya istimewa dari Ida Bagus Made sendiri.

3. Galeri Wayang

Yang ditampilkan disini ialah lukisan-lukisan Bali dari tahun 1945 hingga masa kini, bersama dengan lukisan wayang kamasan yang mempesona.

4. Galeri Keempat

Merupakan tempat di mana pengunjung dapat menemukan informasi sejarah dan cerita di balik pendirian Museum Puri Lukisan.

Dengan membagi koleksi dan informasi sejarahnya ke dalam empat galeri yang berbeda, Museum Puri Lukisan memberikan pengalaman yang mendalam bagi para pengunjung untuk mengeksplorasi keindahan seni dan sejarah Bali.

Itulah pembahasan mengenai Museum Puri yang berada di Bali yang memiliki koleksi lukisan. Jadi bagi wisatawan yang mencari objek wisata seni khususnya lukisan bisa masukkan Museum Puri ke itinerary perjalanan wisata.

You might like