Hutan Pinus Mangunan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta, Udara Segarnya Bikin Betah

23 Likes comments off
hutan pinus mangunan bantul daerah istimewa yogyakarta

Jika ingin berkunjung ke wisata alam yang memiliki suasana tenang serta menyegarkan, mungkin hutan pinus mangunan bantul daerah istimewa yogyakarta dapat dipertimbangkan.

Hutan Pinus Mangunan, yang ada di Kabupaten Bantul Provinsi DI Yogyakarta, merupakan salah satu destinasi wisata alam yang paling menarik. Pengunjung akan terpesona oleh pesonanya yang memukau begitu mereka menginjakkan kaki di sana.

Dengan keberadaan pohon-pohon pinus yang memukau, Hutan Pinus ini memang layak untuk dinikmati. Selain keindahan alamnya yang terjaga dengan baik, Hutan Pinus Mangunan juga menawarkan udara yang sejuk dan menyegarkan, yang dapat membantu pikiran untuk menjadi lebih tenang.

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dinikmati di sana, membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk liburan bagi mereka yang merasa jenuh dengan kehidupan perkotaan.

Lokasi dan HTM

Hutan Pinus Mangunan terletak di kawasan Dlingo, Mangunan, yang termasuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Bantul. Agar lebih simpel dalam menjangkau destinasi wisata ini, aplikasi Google Maps dapat menjadi penunjuk arah.

Jika berniat untuk pergi secara mandiri dengan menyewa mobil dari Yogyakarta menuju lokasi ini, maka dari pusat kota, arahkan perjalanan ke Jalan Imogiri Timur. Ketika sudah sampai di wilayah Imogiri dan menemukan persimpangan, pilih belok kiri menuju arah Makam Raja-raja Imogiri.

Lanjutkan perjalanan dan ketika menemui persimpangan berikutnya, ambil jalan ke kanan yang mengarah ke Mangunan. Setelah itu, pada persimpangan Mangunan, cukup belok kiri mengarah ke Hutan Pinus.

Di destinasi wisata Hutan Pinus Mangunan, tiket masuknya bisa dibilang ramah di kantong. Cukup keluarkan uang 3.000 wisatawan sudah bisa menikmati keindahan alamnya. Bagi yang tertarik mengikuti sekolah hutan, cukup keluarkan Rp. 2.500 saja.

Tak hanya itu, jika ingin berfoto di spot-spot keren yang sudah disediakan, pengunjung akan dikenai biaya tambahan mulai dari Rp. 2.000. Untuk foto pre-wedding, biayanya Rp. 50.000. Untuk pengalaman bersantai dengan hammock, wisatawan bisa menyewanya dengan tarif Rp. 20.000.

Untuk kendaraan pribadi, biaya parkirnya adalah 20.000 untuk bus, 3.000 untuk motor, dan mobil 10.000. Ada baiknya kalau sebelum berkunjung mencari info dahulu karena bisa saja ada perubahan harga tanpa pemberitahuan.

Daya Tarik Hutan Pinus Mangunan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta

Hutan Pinus Mangunan sempat viral berkat daya tarik unik yang dimilikinya. Pengalaman liburan di destinasi ini sungguh menggembirakan. Berikut adalah sejumlah faktor yang membuat hutan pinus ini begitu menarik:

1. Udara Khas Hutan yang Segar

Para pengunjung datang dan menghabiskan waktu di tempat ini salah satunya karena ketagihan dengan udara segarnya. Lokasi Hutan Pinus Mangunan, yang terletak sekitar 220 meter di atas permukaan laut, memberikan jaminan udara yang segar dan nyaman. Merasakan kesejukan udara di tempat wisata ini akan membuat betah menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh hutan ini.

Pengunjung dapat menikmati kecantikan hutan pinus sambil duduk santai di kursi kayu yang tersedia. Selain itu, di area wisata ini juga sudah ada warung yang menyediakan minuman atau makanan. Oleh karena itu, sambil menikmati pesona hutan pinus, wisatawan juga dapat menikmati ragam hidangan yang ditawarkan oleh warung tersebut.

2. Area Camping yang Bagus

Di Hutan Pinus Mangunan, para pecinta alam dapat merasakan pengalaman berkemah yang tak terlupakan. Area camping yang luas telah disediakan oleh pengelola untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung yang ingin menikmati udara segar di tengah alam. Fasilitas dasar seperti toilet dan lampu tersedia untuk kenyamanan para pengunjung.

Bagi yang ingin berkemah di hutan ini, diperlukan persiapan membawa perlengkapan sendiri seperti tenda, matras, dan perlengkapan lainnya. Pengelola hutan hanya menyediakan area untuk berkemah, sementara perlengkapan lainnya harus disiapkan sendiri. Salah satu alternatif nyaman adalah menggantung hammock di antara pepohonan pinus yang tersedia.

Selain menikmati keindahan hutan yang tenang, para pengunjung juga dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam dan terbit. Pemandangan matahari terbenam di Hutan Pinus Mangunan terkenal akan keindahannya, demikian juga dengan panorama matahari terbit yang memukau. Hal ini menjadikan pengalaman berkemah di sini menjadi momen yang akan selalu teringat bagi para pengunjung.

Nah itulah tadi ulasan objek wisata hutan pinus mangunan bantul daerah istimewa yogyakarta. Jadi jika ada rencana untuk berwisata ke Yogyakarta, objek wisata ini sangat direkomendasikan bagi yang ingin menikmati suasana hutan dengan udara yang fresh serta suasana yang menenangkan hati.

You might like