Taman Alam Lumbini Berastagi, Ketahui Lokasi, HTM dan Daya Tariknya

9 Likes comments off
Taman Alam Lumbini Berastagi

Ketika sedang berkunjung ke daerah Berastagi, tak lengkap jika tidak mengunjungi berbagai tempat wisatanya. Taman Alam Lumbini Berastagi merupakan salah satu tempat wisata yang banyak peminatnya. Hal ini lantaran, ada daya tarik tersendiri dari tempat wisata tersebut.

Perlu diketahui bahwa, Lumbini ini merupakan salah satu tempat replika dari Pagoda Shwedagon yang sebenarnya ada di negara Myanmar. Oleh karenanya, banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi Pagoda Shwedagon namun belum kesampaian lebih memilih untuk mengunjungi taman alam ini.

Namun sebelum berkunjung ke taman alam tersebut, pengunjung perlu mengetahui terkait dengan lokasi, tiket masuk, serta daya tarik yang ada. Oleh karenanya, pada uraian kali ini akan diberikan sebuah penjelasan terkait dengan tempat wisata Taman Alam Lumbini.

HTM dan Lokasi Taman Alam Lumbini Berastagi

Sebelum mengunjungi sebuah destinasi wisata, tentu pengunjung harus mengetahui terkait dengan lokasinya. Perlu diketahui bahwa, Taman Alam Lumbini ini ada di jalan Barus Jahe, Dolat Rayat, Kecamatan Dolat Rakyat, Kota Berastagi, Karo, Sumut.

Oleh karenanya, jika sedang berada di sekitaran kota Berastagi, jangan sampai melewatkan taman alam ini untuk dikunjungi. Hal ini dikarenakan, tempat wisata ini ada di daerah kaki gunung Sibayak.

Sedangkan rute yang perlu dilakukan untuk bisa menuju ke tempat wisata ini yakni bisa dilakukan melalui jalan Jamin Ginting. Untuk waktu yang ditempuh kurang lebih sekitar dua jam dengan jarak sekitar 50,5 km.

Selain itu, tidak ada harga yang ditetapkan untuk tiket masuk. Sehingga jika ingin berkunjung ke tempat ini, bisa membayar dengan cara sukarela. Oleh karenanya, tak heran jika banyak yang ingin berkunjung ke tempat ini.

Untuk jam buka Taman Alam Lumbini Berastagi ini bisa dibuka setiap hari mulai dari pukul 9 pagi hingga jam 5 sore. Namun perlu digaris bawahi bahwa, ketika hari besar keagamaan, biasanya tempat ini akan lebih ramai dari biasanya.

Daya Tarik Taman Wisata Alam Lumbini Berastagi

Setelah mengetahui terkait dengan lokasi dan juga biaya tiket masuk dari tempat wisata ini, saatnya perlu mengetahui terkait dengan daya tarik yang ada. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa daya tarik yang bisa dinikmati, diantaranya:

1. Terdapat Pagoda Emas

Salah satu daya tarik yang ada dari tempat wisata ini yakni terdapat sebuah pagoda yang bernuansa emas. Adapun pagoda yang ada di Taman Lumbini ini merupakan sebuah replika dari pagoda yang ada di Shwedagon Myanmar.

Sehingga, Pagoda ini memiliki bangunan yang cukup tinggi, indah dan juga besar. Selain itu, telah dilengkapi dengan berbagai dekorasi yang cukup menarik perhatian pengunjung.

2. Terdapat Pohon Permohonan

Dalam tempat wisata ini, diyakini ada sebuah pohon yang bisa digunakan untuk menuliskan harapan. Pohon ini biasa disebut sebagai “Wishing tree”.

Selain disebut sebagai pohon harapan. pohon tersebut juga dijadikan sebagai lambang kebaikan dan juga harapan untuk dunia yang jauh lebih baik.

3. Terdapat Sebuah Jembatan Titi Lumbini

Taman Alam ini, merupakan sebuah wisata alam yang memiliki pemandangan yang cukup indah. Perlu diketahui bahwa, sebelum menuju ke Pagoda, pengunjung bisa melewati sebuah jembatan yang cukup megah.

Adapun jembatan ini biasanya digunakan sebagai sarana penyeberangan. Selain itu, di sisi kanan dan kiri dari jembatan ini terdapat sebuah taman dengan beraneka ragam bunga.

Itulah uraian terkait dengan review dari tempat wisata Taman Alam Lumbini Berastagi. Sebelum mengunjungi tempat ini, sebaiknya pengunjung mengetahui informasi penting seperti pada uraian ini.

You might like