Rafting Sungai Elo Magelang, Nikmati Keseruan Wisata di Alam

7 Likes comments off
rafting sungai elo magelang

Ketika berada di daerah Magelang, tak akan lengkap jika  tidak mencoba beberapa wisata yang ada disana. Adapun salah satu tempat wisata yang ada yakni rafting sungai Elo Magelang yang kini banyak jadi incaran para wisatawan.

Seperti yang telah diketahui bahwa, rafting merupakan salah satu kegiatan yang biasanya dilakukan dalam sebuah sungai. Tentunya, kegiatan ini cukup memacu adrenalin para pengunjungnya.

Namun sebelum mengunjungi tempat wisata ini, sebaiknya ketahui beberapa hal  penting yang bisa jadi bahan pertimbangan ketika ingin berkunjung  ke tempat ini. Untuk itu, berikut akan diberikan beberapa hal penting tersebut, diantaranya:

Lokasi dan HTM Tempat Wisata Rafting Sungai Elo

Sesuai dengan namanya, wisata rafting sungai Elo Magelang ini berada di daerah Magelang. Tepatnya ada di Dusun Pare, Blondo, Mungkid, Kabupaten Magelang. Sehingga bagi para wisatawan yang sedang berada di daerah ini bisa langsung mengunjungi tempat wisata populer ini.

Jika ingin mengunjungi tempat ini, bisa dilalui lewat dua arah. Adapun arah tersebut yakni jika memulai dari Arah Wonosobo, maka bisa melewati Jalan Alternatif Secang Kopeng, Tegalrejo Pucang, Jalan Kyai Abda, Jalan Tegalrejo Candimulyo Jalan Magelang Yogyakarta, dan juga Jalan Raya Borobudur.

Selain itu, jika melewati dari arah Yogyakarta, bisa melewati Jalan Magelang Yogyakarta, Salam, Jalan Semarang Jogja, Kota Muntilan, Jalan M Yusuf, dan Jalan Sendangsono. Perlu digaris bawahi bahwa, jika  ingin mengunjungi tempat ini, jarak tempuh area wisata dari Magelang kota akan menempuh jarak kurang lebih 21,6 KM dengan waktu sekitar 38 menit.

Jika ingin mendapatkan momen  yang cukup baik ketika melakukan rafting ini, sebaiknya datang di pukul 08.00. Waktu terbaik untuk melakukan rafting adalah di pagi hari. Hal ini dikarenakan, kegiatan wisata ini akan  cukup menantang jika debit air dalam kondisi yang cukup besar.

Sedangkan harga tiket yang ditetapkan dalam wisata ini mulai dari 200 ribuan saja. Tarif ini biasanya dihitung per perahu dengan kapasitas 5 sampai dengan 10 orang. Dengan biaya tersebut, para wisatawan sudah bisa mendapatkan berbagai fasilitas.

Adapun fasilitas tersebut mencakup peralatan arung jeram, snack, makan besar, kelapa muda, dan bahkan akan disediakan kelapa muda. Selain itu, akan disediakan pula alat transportasi yang akan mengangkut dari basecamp menuju start permainan, dan sebaliknya.

Tips Melakukan Rafting Sungai Elo Magelang

Setelah mengetahui terkait dengan lokasi dan juga harga tiket masuk, maka perlu mengetahui pula terkait dengan tips yang harus dilakukan ketika ingin melakukan rafting. Berikut diantaranya:

1. Lakukan Peregangan Otot Sebelum Memulai

Untuk bisa mengurangi resiko cedera otot ketika melakukan kegiatan arung jeram, ini, maka perlu dilakukan sebuah pemanasan. Adapun yang perlu dilakukan yakni terkait dengan pelemasan otot tangan dan juga kaki.

2. Gunakan Tabir Surya

Tips yang selanjutnya yakni para wisatawan sebaiknya menggunakan tabir surya. Hal ini dikarenakan, sinar matahari semakin siang akan semakin panas dan juga terik.

Sehingga, bisa saja akan membakar kulit. Oleh karenanya, penggunaan tabir surya ini merupakan salah satu persiapan yang wajib dilakukan.

3. Dayung Bersama dan Jaga Kekompakan

Tips yang selanjutnya yakni terkait dengan kekompakan. Seperti yang telah diuraikan sebelumnya bahwa, rafting ini akan dilakukan menggunakan perahu yang terdiri dari 5 sampai dengan 10 orang.

Sehingga, dengan banyaknya orang ini harus ada sebuah kekompakan yang dilakukan ketika menggerakkan perahu tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan agar perahu tidak oleng.

Itulah uraian singkat terkait dengan tempat wisata rafting sungai Elo Magelang yang wajib untuk diketahui. Ketika melakukan rafting, sebaiknya perhatikan beberapa tips yang telah diuraikan tersebut.

You might like