Pulau Kanawa Labuan Bajo, Nikmati Wisata Alam yang Masih Asri

16 Likes comments off
pulau kanawa labuan bajo

Ketika waktu liburan tiba, salah satu hal yang penting yakni merencanakan tempat liburan yang seru. Adapun salah satunya yakni berlibur ke Pulau Kanawa Labuan Bajo yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Seperti yang telah diketahui bahwa, Labuan Bajo merupakan salah satu rekomendasi tempat liburan yang cukup eksotis dan alamnya masih terjaga. Oleh karenanya, jika ingin menikmati indahnya destinasi wisata alam yang ada di Indonesia, Pulau ini jadi salah satu rekomendasinya.

Namun sebelum berkunjung, pastikan telah mengetahui dengan jelas terkait dengan lokasi dan juga HTM nya. Untuk itu, berikut ini beberapa uraian penting yang wajib diperhatikan sebelum berkunjung ke pulau Kanawa ini.

Lokasi dan Rute Pulau Kanawa

Perlu diketahui bahwa, pulau Kanawa ini ada di daerah Labuan Bajo. Namun jika ingin menuju pulau ini, harus menempuh jarak sejauh 15 KM dari pusat kota Labuan Bajo. Namun pulau ini ternyata masih dalam kawasan Taman Nasional Komodo.

Jika ingin berkunjung ke tempat ini, maka akan memerlukan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Pulau ini bisa dikunjungi menggunakan speed boat. Adapun tarif yang yang akan dibebankan yakni 400 ribu sampai dengan 500 ribuan saja tiap kapalnya.

Sedangkan untuk HTM dari Pulau Kanawa Labuan Bajo ini yakni kurang lebih 100 ribu di tiap rombongannya. Perlu digaris bawahi bahwa untuk tiket masuk ini biasanya akan dihitung per rombongan. Dari tiap rombongan tersebut bisa termuat kurang lebih 10 orang.

Sehingga tiap orang hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 10 ribu saja untuk masuk ke pulau Kanawa ini. Cukup murah bukan?

Hal yang Wajib Dilakukan Ketika Berkunjung ke Pulau Kanawa

Sebagai salah satu tempat wisata yang termasuk ke dalam sebuah kawasan Taman Nasional Komodo, tentu pemandangan yang ada di tempat ini cukup menakjubkan. Sehingga ada beberapa hal menarik yang wajib dilakukan ketika berkunjung.

Penasaran apa saja hal yang wajib dilakukan ketika mengunjungi tempat ini? Untuk itu, berikut diantaranya:

1. Menyelam / Snorkeling

Hal pertama yang wajib dilakukan ketika berkunjung ke pulau Kanawa ini yakni menyelam. Dengan adanya keindahan biota laut yang ada, tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Sehingga tempat ini tentu cocok bagi para wisatawan yang senang dengan wisata air. Salah satunya yakni snorkeling. Perlu diketahui bahwa, indahnya biota air di sekitar pulau ini masih asri dan terjaga. Sehingga tak heran jika banyak yang ingin mengunjungi tempat ini.

2. Mendaki Bukit

Selain menawarkan keindahan wisata airnya, di pulau Kanawa ini juga ada sebuah bukit yang dapat digunakan untuk mendaki. Hal ini tentu sangatlah cocok bagi traveller yang suka berwisata alam.

Dengan mendaki bukit ini, para wisatawan bisa menikmati indahnya alam dari atas bukit. Perlu diketahui bahwa, di bukit ini tidak ada pohon yang besar sehingga bisa dengan leluasa melihat indahnya laut.

3. Tinggal di Bale Bale

Pada umumnya jika berkunjung ke tempat wisata pasti para pengunjung akan tinggal di sebuah resort maupun hotel. Hal ini tentu berbeda ketika mengunjungi Pulau Kanawa ini.

Hal ini lantaran, jika berkunjung ke pulau ini tidak akan ada sebuah resort di sekitar tempat tersebut. Yang ada yakni bale bale. Bale bale merupakan sebuah gazebo yang terbuat dari bambu dan juga kayu.

Itulah uraian terkait dengan tempat wisata Pulau Kanawa Labuan Bajo yang perlu diperhatikan sebelum berkunjung. Para wisatawan juga perlu memperhatikan terkait dengan apa saja yang bisa dilakukan pengunjung ketika ke Pulau Kanawa ini.

You might like