Pantai Tanjung Lesung Banten, Nikmati Keindahan Pantai dengan Biota yang Masih Asri

18 Likes comments off
pantai tanjung lesung banten

Di sekitar ibukota, ternyata masih ada beberapa pantai yang bisa dikunjungi. Salah satunya yakni Pantai Tanjung Lesung Banten. Perlu diketahui bahwa pantai ini merupakan tempat wisata yang mempunyai status sebagai KEK (Kawasan Ekonomi Khusus).

Pantai ini diberi nama Tanjung lesung, karena mempunyai bentuk yang mirip dengan lesung. Dikarenakan lokasinya yang cukup strategis yakni di daerah Ibu kota, pantai ini telah dikenal sebagai salah satu resor pantai terbesar.

Jika ingin berkunjung ke pantai Tanjung Lesung ini, pastikan telah mengetahui hal pentingnya terlebih dahulu. Oleh karenanya, berikut ini akan diberikan informasi lengkap terkait dengan tempat wisata Tanjung Lesung.

Rute dan HTM Pantai Tanjung Lesung

Hal pertama yang perlu diketahui jika ingin berkunjung ke pantai Tanjung lesung ini yakni terkait dengan lokasi dan juga rute yang perlu ditempuh. Adapun lokasi dari pantai ini berada di desa Tanjung Jawa, Panimbung yang ada di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Untuk waktu yang diperlukan jika ingin berkunjung ke tempat ini kurang lebih 3 jam dari pusat ibukota. Hal ini dikarenakan, Pantai ini terletak sekitar 170 KM dari Jakarta dan 95 KM dari kota Serang.

Sedangkan untuk jam operasional dari pantai Tanjung Lesung Banten ini yakni akan dibuka selama 24 jam. Sehingga pengunjung dapat mengunjungi pantai ini dalam jam berapapun.

Namun untuk bisa masuk ke pantai Tanjung Lesung, maka akan dikenakan tiket masuk sebesar 25 ribu pada hari Senin sampai Jumat. Sedangkan pada hari libur biaya masuk sebesar 40 ribu.

Hal yang Bisa Dilakukan di Pantai Tanjung Lesung

Perlu diketahui bahwa, ternyata ada beberapa hal yang tentunya bisa dilakukan ketika berkunjung ke Pantai Tanjung Lesung ini. Sehingga pengunjung tidak hanya sebatas melihat pantai saja, namun bisa menikmati hal lainnya. Berikut diantaranya:

1. Joy Flight Untuk Melihat Krakatau

Hal pertama yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan penerbangan menggunakan joy flight. Dengan melakukan penerbangan ini, pengunjung akan bisa menikmati keindahan panorama dari gunung Krakatau.

Untuk penerbangan ini, akan menggunakan sebuah pesawat yang bernama Cessna 152 dan juga 172. Adapun joy flight ini merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh pengelola wisata untuk memajukan pantai Tanjung Lesung ini.

2. Snorkeling and Diving

Selain menikmati joy flight, pengunjung juga bisa melakukan snorkeling serta diving. Di pantai ini, telah terkenal dengan adanya berbagai jenis terumbu karang yang masih alami. Selain itu, pantai ini juga masih jauh dari pencemaran.

Oleh karenanya, pantai ini cocok untuk snorkeling dan juga diving. Dengan melakukan aktivitas ini, pengunjung juga bisa menyelam dan melihat sebuah kapal tua milik Belanda yang telah karam di sekitar pantai ini.

3. Nonton Atraksi Kebudayaan

Jika berkunjung ke tempat ini, pasti akan disuguhkan dengan sebuah atraksi kebudayaan yang tentu bisa dijadikan sebagai sarana edukasi. Dimana atraksi ini biasanya dilakukan di pinggiran pantai.

Oleh karenanya, pengunjung bisa menikmati berbagai atraksi tersebut sambil bersantai di pinggir pantai. Untuk kebudayaan yang biasanya dilakukan yakni berupa tarian api, kemudian debus, dan juga adanya nyanyian tradisional.

4. Bersepeda di Tepian Pantai

Tak banyak yang tahu bahwa pantai ini telah menjadi salah satu tuan rumah dari kejuaraan mountain bike cross country marathon International. Hal ini pernah diselenggarakan pada bulan September 2018 yang lalu.

Sehingga pengunjung juga bisa menikmati keindahan pantai menggunakan pantai. Oleh karenanya, hal ini cocok untuk para pesepeda.

Itulah uraian terkait dengan pantai Tanjung Lesung Banten yang bisa dijadikan referensi sebelum mengunjunginya. Perlu digaris bawahi bahwa, pantai ini akan sangat ramai pada waktu tertentu seperti liburan sekolah.

You might like