Pantai Parai Tenggiri, Ketahui Lokasi Serta Daya Tariknya!

31 Likes comments off
Pantai Parai Tenggiri

Dikenal dengan sebutan Pantai Parai atau Pantai Parai Tenggiri karena pada masa lampau banyak nelayan yang menghasilkan ikan tenggiri dari wilayah pantai ini. Namun, Pantai ini telah mengalami perubahan signifikan.

Kini, tidak ada lagi nelayan yang terlihat di sepanjang bibir pantai. Sejumlah penginapan berjejer di sekitar pantai ini, memberikan opsi menginap bagi para pengunjung.

Pantai ini menjadi destinasi wisata yang populer dikunjungi karena keindahan pemandangan lautnya yang menakjubkan. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut:

Lokasi dan HTM Parai Tengiri

Pantai Parai Tenggiri, yang berdekatan dengan Pantai Matras, terletak di Sungailiat, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Perjalanan dari Bandara Udara Depati Amir ke pantai ini  mencakup jarak sekitar 50,1 kilometer dan tentunya bisa memakan waktu sekitar satu jam enam menit.

Untuk mencapai Pantai Parai Indah, rute yang dapat diambil meliputi Jalan Pulau Pelepas, kemudian Jalan Pulau Bangka, dan juga Jalan Lintas Timur Bangka. Dari Kota Pangkal Pinang, jarak untuk bisa mencapai tempat tersebut yakni sekitar 43,1 kilometer dan membutuhkan waktu sekitar satu jam lima menit.

Jalan lain yang bisa ditempuh dari Pangkal Pinang, pengunjung dapat menggunakan rute melalui Jalan Sungai Liat Pangkal Pinang, kemudian dilanjutkan dengan Jalan Jenderal Sudirman, hingga mencapai Pantai Parai Tenggiri melalui Jalan Hotel Parai Indah.

Tidak hanya kendaraan pribadi atau sewaan, perjalanan dari Pangkal Pinang ke Parai Tenggiri juga bisa dilakukan dengan angkutan umum ke arah Pinan-Sungai Liat, dan dilanjutkan dengan becak motor ke pantai.

Meskipun akses ke pantai di Bangka Belitung umumnya gratis, untuk menikmati keindahan tempat wisata ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 50.000 per orang.

Apa Daya Tarik dari Pantai Ini?

Pantai Parai Tenggiri, terletak dalam jarak 40 kilometer dari pusat administrasi Provinsi Bangka Belitung, menawarkan sejumlah pesona yang memikat bagi para pengunjung. Berikut adalah beberapa daya tarik yang membuat pantai ini istimewa:

1. Terdapat Jembatan Mungil

Salah satu ciri khas Pantai Parai Tenggiri adalah keberadaan jembatan kecil yang menghubungkan Rock Island dengan resornya. Meskipun ukurannya tidak besar, jembatan ini menambah kesan eksotis di pantai ini, terutama di malam hari ketika lampu-lampu di sepanjang jalur jembatan menyala, menciptakan suasana yang memikat.

2. Memiliki Pulau Batu yang Indah

Panorama indah dan memukau adalah daya tarik utama dari tempat wisata ini, salah satunya karena keberadaan pulau kecil yang mana dapat terbentuk dari susunan batu karang di tepi pantai. Keindahan alam yang tercipta dari bebatuan dengan beragam ukuran ini menjadikan pemandangan di sekitarnya sangat menarik.

3. Berenang di Bawah Sinar Matahari

Tidak lengkap rasanya menjelajahi pantai tanpa merasakan kesegaran air laut. Di Parai Tenggiri, pengunjung dapat menikmati kegiatan renang di bawah sinar matahari dengan ombak yang cukup tenang. Kesempatan untuk menemukan berbagai jenis fauna laut seperti kepiting, kerang, atau bintang laut di sepanjang tepi pantai juga menjadi pengalaman menarik bagi para pengunjung.

4. Terdapat Aneka Wahana Air

Selain menikmati keindahan alam, pantai ini menawarkan berbagai aktivitas seru untuk pengunjungnya. Mulai dari naik banana boat, parasailing, perahu, jet ski, dan masih banyak lagi. Ragam wahana air ini memberikan pengalaman liburan yang menarik ketika berkunjung.

Demikian mengenai tempat wisata Pantai Parai Tenggiri yang memiliki pesona alam yang sayang untuk dilewatkan. Sebaiknya ketahui beberapa informasi tersebut sebelum mengunjunginya.

You might like