Candi Ratu Boko Jogja, Tempat yang Menawarkan Kedamaian dan Keindahan Matahari Terbenam

13 Likes comments off
candi ratu boko jogja

Kota Jogja merupakan salah satu destinasi tujuan wisata yang sudah sangat favorit. Bahkan setiap momen liburan, kota yang dijuluki Kota Pelajar ini pasti selalu penuh dengan wisatawan. Candi Ratu Boko Jogja adalah tempat wisata yang sangat pas bagi yang ingin merasakan kedamaian serta udara segar.

Candi Ratu Boko Jogja ini menawarkan kedamaian dan pemandangan yang sangat indah, apalagi pada waktu terbenamnya matahari. Disini wisatawan pasti akan terpesona dengan pemandangan sunset yang sangat indah.

Lokasi dan Tiket Masuk

Untuk menuju ke Candi Ratu Boko ini sangat mudah. Hal itu dikarenakan tempat ini sangat dekat dengan objek wisata lain yang sudah sangat terkenal yakni Candi Prambanan. Hanya 3 meter jaraknya dari Candi Prambanan ke arah selatan.

Sebenarnya situs ini bukanlah Candi, melainkan reruntuhan kerajaan. Oleh karenanya situs ini juga biasa disebut dengan Istana Ratu Boko atau Kraton Boko. Ratu Boko adalah nama ayah Roro Jonggrang yang merupakan tokoh utama dalam cerita legenda Candi Prambanan.

Untuk harga tiket masuknya sendiri yani 40 ribu untuk dewasa dan 20 ribu untuk anak-anak. Para wisatawan bisa mengunjungi tempat ini mulai dari jam 6 pagi setiap harinya. Jam tutupnya adalah jam 5 sore.

Ada pula pilihan tiket paket yang bisa digunakan untuk masuk ke Prambanan sekaligus Ratu Boko. Untuk tiket paket ini tarifnya adalah 75 ribu untuk dewasa. Sedangkan untuk anak-anak dikenai tarif  sebesar 35 ribu.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Candi Ratu Boko Jogja

Berkunjung ke Ratu Boko tentu banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Berikut beberapa diantaranya:

1. Melihat Kota Yogyakarta dari Ketinggian

Candi Ratu Boko ini memang terletak di puncak bukit dengan ketinggian sekitar 200 m. Jadi dari sini pengunjung akan bisa melihat kota Yogyakarta dari ketinggian.

Tentu Candi Prambanan juga terlihat jelas dari sini dan menyuguhkan pemandangan luar biasa bak lukisan.

2. Berfoto dengan Background Candi yang Eksotis

Jangan sampai lupa untuk berfoto di tempat ini karena banyak background yang eksotis. Bahkan ketika sampai di tempat ini, para wisatawan sudah disuguhkan dengan bangunan gapura yang sangat cocok sebagai background berfoto.

3. Menjelajahi Sumur Tempat Air Suci

Di tempat ini ada sebuah sumur yang dipercaya sebagai tempat air suci. Nama dari sumur itu konon katanya adalah Amerta Mantana.

Dimana arti dari Amerta Mantana sendiri adalah air yang diberikan mantra. Konon katanya yang menggunakan air ini akan mendapat keberuntungan.

4. Piknik di Gazebo atau Di Rerumputan

Piknik di Ratu Boko juga merupakan kegiatan seru yang bisa dilakukan. Disini ada gazebo yang bisa digunakan untuk tempat piknik.

Atau piknik di rerumputan dengan beralaskan tikar juga diperbolehkan di Candi Ratu Boko ini. Rerumputan disini sangat hijau sehingga memanjakan sangat memanjakan mata.

Disini juga ada tempat bersantai yang terletak di bawah pohon munggur. Tersedia kursi yang bisa digunakan untuk duduk-duduk santai sambil menikmati udara segar serta pemandangan indah.

5. Melihat Pemandangan Sunset yang Sangat Menakjubkan

Ini mungkin yang paling dicari oleh para wisatawan yang datang ke Candi Ratu Boko, yakni pemandangan matahari terbenam atau sunset yang sangat luar biasa indah.

Candi ini sangat cocok untuk menikmati keindahan sunset karena menghadap ke arah Barat. Pemandangan sunset inilah yang akan menjadi kenangan tak terlupakan dari objek wisata Candi Ratu Boko Yogyakarta.

Jadi itulah sedikit cerita mengenai Candi Ratu Boko Jogja yang menawarkan kedamaian serta udara sejuk. Berada di tempat ini pengunjung akan merasa lebih fresh, disegarkan baik rohani maupun jasmaninya.

Jadi jika berkesempatan ke Jogja, ada baiknya untuk tidak melewatkan tempat wisata sejarah yang eksotis dan menakjubkan ini.

You might like