Pemanjat Tebing Harus Tahu Tempat Keren di Bandung Ini!

Saat akhir pekan tiba, mengunjungi objek wisata dengan pemandangan yang indah, udara segar, dan suasana yang asri tentu menjadi tujuan utama yang harus segera direalisasikan sebelum Senin kembali datang. Biasanya, masyarakat yang tinggal di Jakarta dan Kota Bandung akan mengisi waktu mereka untuk berlibur dan berwisata, baik itu wisata kuliner, wisata belanja, wisata alam, maupun wisata lainnya. Tak terkecuali Anda yang senang berolahraga, tentu akan memimpikan berlibur dan menghabiskan akhir pekan di tempat yang memang sesuai dengan hobi olahraga yang Anda miliki.

Sumber: travel.kompas.com

Sumber: travel.kompas.com

Nah, salah satu tempat yang bisa dikunjungi oleh Anda yang senang dengan olahraga panjat tebing adalah Tebing Citatah. Meskipun Bandung disebut-sebut sebagai kota yang digandrungi karena kuliner dan fashion-nya, namun Bandung juga punya spot menarik bagi para pecinta panjat tebing.

Wisata wajib lainnya di Bandung: “Ini Dia 5 Tempat Wisata Alam Di Bandung yang Tidak Boleh Terlewatkan!

Tebing Citatah ini terletak di Kecamatan Padalarang Desa Citatah, Bandung Barat arah Bandung menuju Cianjur. Kawasan yang satu ini memang merupakan tempat para pecinta panjat tebing di seluruh kota Bandung untuk melakukan aktivitas dan hobi panjat tebing mereka. Letaknya yang tidak jauh dari kota Bandung membuat banyak pecinta panjat tebing tidak perlu ragu untuk datang dan berkumpul merealisasikan hobinya di tempat ini.

Sumber: astacala.org

Sumber: astacala.org

Kawasan panjat tebing ini dikelilingi oleh industri batu kapur dengat tiga tebing utama yang terdapat di dalamnya. Tiga tebing tersebut meliputi Tebing Citatah 48, Tebing Citatah 90, dan Tebing Citatah 125. Tebing Citatah 125 merupakan tebing yang terbentuk dari batuan Andesit dan batuan Marmer dan menjadi tebing paling tinggi di kawasan ini. Tebing tersebut memiliki ketinggian 125 meter terletak di Gunung Singgalang sehingga disebut sebagai Tebing 125. Tebing 125 ini juga merupakan tebing yang sering digunakan sebagai tempat pelatihan dan pendidikan bagi murid sekolah panjat tebing yang ada di Bandung dan Jabotabek. Tidak hanya itu, Tebing 125 ini juga sering dijadikan tempat berkegiatan bagi pelatihan militer KOPASUS.

Wisata alam yang ekstrem: “Pacu Adrenalin dan Rasakan Sensasi Ketegangan di Tempat Wisata Ekstrim di Bandung

Sumber: kompasiana.com

Sumber: kompasiana.com

Anda tidak perlu khawatir soal jalur pemanjatan karena Tebing 125 memiliki banyak jalur yang bisa digunakan, yakni dari mulai jalur yang tersulit sampai termudah. Jalur-jalur tersebut meliputi Jalur Tokek, Jalur Market, Jalur Hendro, Jalur Elang, Jalur Hanoman, Jalur Rokstra, dan Jalur Chok 8. Banyaknya jalur di tebing 125 ini menjadikan tebing ini disebut juga sebagai tebing pengenalan bagi para pemanjat yang baru memulai hobinya.

Perlengkapan yang Diperlukan

Sumber: fairyandfunny.wordpress.com

Sumber: fairyandfunny.wordpress.com

Saat melakukan kegiatan panjat tebing, tentu ada beberapa perlengkapan yang perlu Anda perisapkan terlebih dahulu demi menjaga agar situasi pemanjatan tetap dalam keadaan aman dan terkendali. Berikut ini adalah beberapa perlengkapan yang diperlukan saat melakukan pemanjatan:

  1. Tali Karamantel statis dan dinamis
  2. Helmet
  3. Webbing
  4. Karabiner snap
  5. Karabiner screw
  6. Sepatu manjat
  7. Figure eight
  8. Cop back
  9. Magnesium
  10. Harness

Teknik Pemanjatan

Sumber: gilasport.com

Sumber: gilasport.com

Pemanjatan dilakukan oleh dua orang, yakni satu orang yang melakukan kegiatan memanjat dan satu orang lagi yang bertugas sebagai balayer. Balayer sendiri merupakan orang yang memegang kendali tali pemanjat saat kegiatan memanjat dilakukan sehingga komunikasi kedua orang tersebut harus dilakukan dengan baik agar kegiatan memanjat tetap aman dan terkendali. Beberapa jenis komunikasi yang harus Anda ketahui saat melakukan kegiatan memanjat adalah sebagai berikut.

  • Clim adalah sandi yang digunakan oleh pemanjat sebelum melakukan pemanjatan sebagai tanda pemberitahuan kepada balayer bahwa kegiatan memanjat akan dimulai.
  • Clim on adalah kata sandi yang dipergunakan oleh balayer kepada pemanjat sebagai tanda kesiapan dirinya dan pemberitahuan bahwa keselamatan pemanjatan telah dipersiapkan.
  • Loss adalah kata sandi yang dipergunakan oleh pemanjat kepada balayer agar ia sedikit mengendurkan tali.
  • Full adalah kata sandi yang digunakan oleh pemanjat kepada balayer untuk memberi tahu bahwa kegiatan memanjat akan segera diakhiri.

Tentang Citatah lainnya: “Tebing Citatah – Tempat Panjat Tebing di Bandung yang Memacu Adrenalin

Untuk melakukan kegiatan memanjat ini, balayer juga harus bekerja sebagai penunjuk jalur karena poisinya yang berada di bawah dapat lebih memudahkan pemanjat untuk mengetahui jalur yang baik saat memanjat. Nah, untuk Anda yang senang dengan kegiatan panjat tebing tinggal mampir saja ke Tebing Citatah ini. Selamat menikmati akhir pekan!