Tebing Citatah – Tempat Panjat Tebing di Bandung yang Memacu Adrenalin

Panjat Tebing di Bandung

Panjat Tebing di Bandung | Foto : plus(dot)google(dot)com/+NGIndonesia

Bandung terkenal sebagai kota yang menyediakan berbagai jenis wisata yang sangat menyenangkan. Mulai dari wisata kuliner, wisata belanja, hingga wisata alam tersedia di kota yang berjuluk Parisj Van Java ini. Untuk wisata alam sendiri, Bandung memiliki banyak tempat yang bisa dikunjungi wisatawan. Bahkan, Bandung seringkali menjadi tempat bagi mereka yang ingin memacu , salah satunya tempat panjat tebing di Bandung.

Salah satu tempat wisata yang bisa memacu adrenalin tersebut adalah Tebing Citatah. Tebing di kawasan Kabupaten Bandung Barat ini menjadi salah satu tempat favorit bagi pemanjat tebing. Tidak hanya memberikan pemandangan bukit yang menyenangkan, tebing ini juga menjadi tempat referensi berwisata.

Tebing Citatah

Tebing Citatah

Tebing Citatah | Foto : m(dot)inilah(dot)com

Tebing Citatah merupakan tebing yang banyak dikunjungi wisatawan. Bahkan, akhir-akhir ini Tebing Citatah seolah menjadi tempat wisata alam baru yang ada di Bandung. Banyak wisatawan yang berkunjung dan menikmati karunia alam yang hadir ditempat tersebut.

Tebing Citatah terletak di kawasan Citatah, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Bagi wisatawan yang datang dari arah Jakarta, Bogor, atau Cianjur yang melewati jalur Puncak atau Jonggol, kawasan panjat tebing di Bandung ini akan mudah dijangkau.

Tebing Kapur Citatah

Tebing Kapur Citatah | Foto : inisayadanhidupsaya(dot)wordpress(dot)com

Tebing Citatah merupakan kawasan berbukit dan terbentuk dari gunung-gunung kapur yang membuatnya terlihat berbeda dengan bukit-bukit yang ada ditempat lain.

Beberapa waktu lalu, Citatah pernah menjadi bahan perbincangan setelah adanya penemuan dari KRBC (Kelompok Riset Cekungan Bandung) yang menemukan situs purba di Gua Pawon pada tanggal 9 Desember 2000. Di kawasan ini ditemukan alat-alat dari batu dan tulang, sisa tulang, gigi binatang, dan gerabah yang disinyalir merupakan peninggalan manusia purba pada zaman dahulu.

Pertambangan Kapur Di Citatah Bandung

Pertambangan Kapur Di Citatah Bandung | Foto : skygers(dot)blogspot(dot)com

Hingga saat ini, Kawasan Citata merupakan kawasan pertambangan kapur yang cukup produktif. Pertambangan kapur yang dilakukan di kawasan ini sudah ada sejak pertengahan abad ke-19 dan terus berlanjut. Bahkan, pertambangan ini dinilai sudah sangat maju. Perkembangan penambangan terus mengalami peningkatan. Perkembangan ini terlihat dari penggunaan metode dalam penambangan, seperti penggunaan dinamit dan peralatan berat yang berdampak buruk bagi kawasan Citatah itu sendiri.

Tambang Kapur Citatah Saat Ini

Tambang Kapur Citatah Saat Ini | Foto : tindaktandukarsitek(dot)com

Penggunaan alat berat dan juga dinamit untuk meledakkan bagian bukit yang akan ditambang ini secara tidak langsung membuat kawasan gunung-gunung kapur tersebut terbagi ke dalam beberapa bagian. Kawasan Citata sendiri, saat ini terbagi ke dalam tiga tebing besar dan cukup terkenal, yaitu Tebing Citatah 48, Tebing Citatah 90, dan Tebing Citatah 125.

1. Tebing Citatah 48

Tebing Citatah 48 Bandung

Tebing Citatah 48 Bandung | Foto : astacala(dot)org

Salah satu dari bagian tebing di Kawasan Citatah adalah Citatah 48. Tebing ini berada di Jl. Pamucatan Raya, Bandung, Jawa Barat. Bagi pengunjung yang ingin memanjat tebing ini, terlebih dahulu harus melakukan izin pada Pusat Pendidikan Latihan Pasukan Khusus atau Pusdipassus. Karena keberadaan Tebing Citatah 48 ini dibawah pengawasan Kopassus.

Jalur Pendakian Tebing Citatah 48

Jalur Pendakian Tebing Citatah 48 | Foto : travelblog(dot)ticktab(dot)com

Tugu Pisau Belati Tebing Citatah 48

Tugu Pisau Belati Tebing Citatah 48 | Foto : ndongong(dot)blogspot(dot)com

Tebing Citatah ini memiliki ketinggian sekitar 40-50 meter. Hal inilah yang kemudian menjadi sebutan bagi tebing pemilik tugu pisau belati yang berada tepat dipuncaknya. Tugu pisau belati di puncak Tebing Citatah ini menjadi ciri tebing yang banyak dipanjat oleh pemanjat pemula. Meskipun begitu, bukan berarti tebing ini bisa begitu mudah diremehkan. Ada sekitar 25 jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Oleh karena itu, banyak pemanjat yang ingin memacu adrenalin tersebut.

2. Tebing 90

Tebing Citatah 90 Bandung

Tebing Citatah 90 Bandung | Foto : www(dot)infobdg(dot)com

Tebing yang masih di kawasan Citatah ini berada di daerah Padalarang, Bandung. Tebing ini terbentuk dari jeni batuan karst yang memiliki ketinggian sekitar 90 meter. Untuk itulah tebing ini diberi nama Tebing Citatah 90. Seperti halnya Tebing Citatah 48, tebing ini terletak di kawasan penambangan batu kapur. Dengan adanya sekitar jalur pemanjatan yang cukup, Tebing Citatah 90 ini sangat menarik perhatian wisatawan.

Sebenarnya, tebing yang memiliki tingkat kesulitan yang cukup rumit ini memiliki nama resmi, yaitu Gunung Pabeasa. Namun, karena ketinggiannya yang mencapai 90 meter dan berada di kawasan Citatah maka tebing tersebut lebih dikenal sebagai Tebing Citatah 90.

Jalur Pendakian Tebing Citatah 90

Jalur Pendakian Tebing Citatah 90 | Foto : travel(dot)kompas(dot)com

Sedikitnya ada 4 sampai 5 jalur pendakian yang biasa digunakan oleh pemanjat di tebing kapur yang satu ini. Meskipun jalur pendakiannya terbilang sedikit, namun kondisi permukaan tebing yang cenderung rapuh membuat para pemanjat diharuskan untuk selalau waspada dan teliti ketika melakukan pemanjatan.

3. Tebing Citatah 125

Tebing Citatah 125 Bandung

Tebing Citatah 125 Bandung | Foto : fairyandfunny(dot)wordpress(dot)com

Tebing Citatah 125 merupakan tebing yang terdiri atas batuan andesit, kapur, dan batuan marmer. Tebing Citatah 125 ini merupakan tebing tertinggi yang terletak di Gunung Singgalang. Tebing ini sering digunakan sebagai tempat pelatihan dan pendidikan bagi sekolah panjat di Bandung dan Jabotabek. Selain itu, tebing ini juga merupakan tempat dilakukannya pelatihan bagi lembaga militer KOPASSUS. Lokasi tebing sendiri tidak jauh dari jalan raya Bandung – Cianjur. Lokasi tepat Tebing Citatah 125 ini di Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Jalur Pendakian Tebing Citatah 125

Jalur Pendakian Tebing Citatah 125 | Foto : travel(dot)kompas(dot)com

Untuk jalur pemanjatan, tebing ini memiliki banyak jalur yang bisa digunakan. Hal ini memungkinkan pemanjat untuk memilih jalur mana yang akan digunakan. Ada beberapa jalur yang sering digunakan oleh pamanjat, yaitu Jalur Hendro, Jalur Market, Jalur Tokek, Jalur Rokstra, Jalur Chok 8, Jalur Hanoman Dan Jalur Elang. Semua jalur ini memiliki tingkat kesulitan dan karakteristik tersendiri.

Akses Menuju Lokasi Tebing Citatah

Lokasi Tebing Citatah Bandung

Lokasi Tebing Citatah Bandung | Foto : www(dot)ilovebandung(dot)net

Tempat panjat tebing di Bandung memang menjadi salah satu yang banyak dikunjungi, salah satunya adalah Tebing Citatah. Tebing ini menjadi salah satu tempat yang kini menjadi serbuan para pemanjat tebing, baik dari dalam maupun luar kota. Selain karena medan pemanjatan yang menarik, lokasi tebingnya pun tidak jauh dari Kota Bandung.

Lokasi Tebing Citatah ini berada di Padalarang Bandung, letaknya tepat berada di belakang Pabrik Multi Marmer Alam. Waktu tempuh dari jalan raya menuju lokasi tebing ini sekitar 6 menit. Di lokasi tebing ini berdiri, banyak kebun pertanian warga setempat yang menambah asri lokasi panjat tebing di Bandung ini.

Tebing Citatah Padalarang Bandung

Tebing Citatah Padalarang Bandung | Foto : travel(dot)detik(dot)com

Bagi Anda yang berasal dari luar kota, khususnya Jakarta, akses menuju lokasi ini sangatlah mudah. Anda hanya tinggal menggunakan bus menuju Bandung, baik itu melalui Tol Ciawi maupun Tol Cipularang, mintalah supir untuk berhenti di depan Pabrik Multi Marmer Alam.

Tol Padalarang Bandung

Tol Padalarang Bandung | Foto : lifestyle(dot)kompasiana(dot)com

Anda juga bisa melalui akses pintu keluar Tol Padalarang yang bisa dilanjutkan dengan menggunakan angkutan kota menuju Raja Mandala, kemudian turun di depan Pabrik Marmer Alam. Selain murah, wisata ke tempat ini juga dapat menyegarkan mata dengan keindahan alam yang ada disekitarnya.

Tunggu apalagi, ayo segera kunjungi tempat wisata ini.

Add Comment