Curug Cihurang Bogor, Destinasi Wisata Alam Ramah Anak, Akses Sangat Mudah

30 Likes comments off
Curug Cihurang Bogor

Curug Cihurang Bogor merupakan destinasi rekreasi air yang ideal untuk keluarga dengan anak-anak. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam tanpa harus melewati perjalanan berat.

Pesona alam di sekitar Curug Cihurang selalu menarik perhatian para wisatawan yang mencari ketenangan dari rutinitas sehari-hari.

Lokasi Objek Wisata

Curug Cihurang merupakan sebuah tempat wisata alami yang menawan, tersembunyi di dalam keindahan Kawasan Taman Nasional Halimun Salak, berlokasi di kaki Gunung Picung, yang terletak di Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat.

Mengunjungi tempat ini tidak menjadi kendala karena aksesnya yang sangat mudah dijangkau, baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun opsi transportasi umum yang tersedia.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Pengunjung akan diminta membayar tiket masuk sebesar Rp. 25.000,- per motor, berlaku untuk 2 orang di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Selanjutnya, untuk memasuki kawasan Curug Cihurang, biaya tiket masuknya adalah Rp. 15.000,- per orang. Bagi mereka yang tertarik untuk berkemah di sini, tiket camping tersedia dengan harga Rp. 20.000,- per orang.

Curug Cihurang buka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 pagi hingga 04.00 sore. Namun, untuk para pengunjung yang ingin berkemah, mereka diperbolehkan datang kapan saja sesuai keinginan mereka.

Daya Tarik Wisata Curug Cihurang Bogor

Tempat wisata alam ini memiliki daya tariknya tersendiri. Berikut beberapa daya tarik yang bisa diketahui dari Curug Cihurang:

1. Tak Perlu Trekking yang Melelahkan

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan Curug Cihurang, tidak perlu khawatir tentang trekking yang jauh atau sulit. Lokasinya sangatlah mudah diakses dari area parkir, dengan jalur yang relatif datar.

Ini merupakan pilihan ideal bagi mereka yang ingin menikmati keindahan air terjun tanpa harus melalui perjalanan yang melelahkan, sehingga cocok untuk perjalanan bersama keluarga, termasuk anak-anak.

Udara di sekitar Curug Cihurang sangatlah sejuk dan menyegarkan, bahkan di siang hari pun demikian.

Pada pagi hari, suhu udara bisa turun hingga 15 derajat Celsius, memberikan pengalaman yang menyegarkan bagi para pengunjung. Dengan suasana yang demikian, Curug Cihurang menjadi tempat yang ideal untuk penyembuhan dan pelarian sementara dari kesibukan dunia.

2. Kolam Air yang Aman

Curug Cihurang menampilkan keindahan dengan ketinggian yang tidak mencolok, serta aliran air yang tidak terlalu deras, tetapi tetap menawarkan kejernihan dan kebersihan yang memukau.

Terdapat dua kolam alami di sekitar curug ini, mengikuti dua aliran air yang berbeda. Kolam-kolam tersebut tidak terlalu besar dan dalam, memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk berenang dengan aman.

Selain itu, di sebelah kolam yang berukuran cukup panjang, terdapat perosotan kecil yang menjadi daya tarik tambahan bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi menyenangkan meluncur di air.

Bagi mereka yang tidak tertarik untuk berenang, tetapi ingin tetap menikmati segarnya air, terdapat kolam yang lebih dangkal di sisi lain, tempat mereka bisa bermain-main dengan air.

3. Area Camping yang Luas

Curug Cihurang dikenal sebagai destinasi camping yang populer, terutama di akhir pekan ketika banyak pengunjung berbondong-bondong datang untuk berkemah. Area campingnya terbagi menjadi dua bagian, yakni yang berada di bawah dan yang berada di atas.

Bagi mereka yang memilih camping di area bawah, akan menemukan fasilitas yang mudah dijangkau, dekat dengan tempat parkir dan lokasi Curug Cihurang, serta lapangan yang luas yang cocok untuk keluarga yang membawa anak-anak.

Sementara itu, untuk area camping yang terletak di atas, pengunjung akan dihadapkan pada tantangan menaiki bukit. Namun, di sini pengunjung akan disambut oleh deretan pohon pinus yang memberikan naungan yang nyaman.

Lokasi ini menjadi favorit terutama bagi kalangan muda yang ingin menikmati suasana alam yang tenang dan indah.

Itulah review tentang Curug Cihurang Bogor. Dikelilingi oleh hutan pinus yang menyejukkan, area Curug Cihurang menawarkan pengalaman yang tenang dan memikat, diiringi oleh suara serangga dan nyanyian burung yang melengkapi keseluruhan pengalaman alam.

You might like