Curug Cigamea Bogor, Meskipun Dibilang Angker Tapi Pemandangannya Sangat Indah

20 Likes comments off
Curug Cigamea Bogor

Curug Cigamea adalah salah satu air terjun yang terletak di Bogor, yang dikenal dengan julukan kota hujan. Bogor sendiri memang terkenal memiliki banyak air terjun atau curug. Salah satunya yang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi adalah Curug Cigamea Bogor.

Sangat cocok bagi yang ingin menikmati waktu di tengah alam yang masih alami dan indah. Meskipun banyak yang menganggap Curug Cigamea memiliki aura mistis, keindahan alamnya tetap patut untuk dikunjungi. Penting untuk menjaga kelestariannya dan menghindari tindakan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Lokasi Curug Cigamea Bogor

Curug Cigamea terletak di dalam wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Air terjun ini beralamat di Jl. Curug Cigamea, Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tempat ini dikelilingi oleh keindahan alam yang memukau dan menawarkan pengalaman yang menenangkan bagi para pengunjung yang mencari kedamaian di tengah alam.

Harga Tiket dan Jam Buka

Ketika berkunjung ke Curug Cigamea, terdapat beberapa biaya yang perlu dipersiapkan. Pertama, untuk memasuki kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, setiap orang dikenakan biaya sebesar Rp. 12.500.

Selanjutnya, tiket masuk khusus ke Curug Cigamea adalah Rp. 10.000 per orang. Jika membawa kendaraan, terdapat biaya parkir yang harus dibayarkan, yaitu Rp. 10.000 untuk mobil dan Rp. 5.000 untuk motor.

Curug Cigamea dan Taman Nasional Gunung Halimun Salak buka setiap hari selama 24 jam tanpa henti.

Meski demikian, waktu yang paling ideal untuk mengunjungi Curug Cigamea adalah pada pagi hari, ketika udara masih segar dan sejuk untuk menikmati pemandangan yang lebih baik dan memungkinkan untuk mengeksplorasi air terjun lain di sekitarnya.

Disarankan untuk menghindari kunjungan pada sore atau malam hari karena kurangnya penerangan di sekitar area air terjun, yang dapat menyulitkan perjalanan dan mengurangi pengalaman menikmati keindahan alam secara maksimal.

Daya Tarik

Dalam bahasa Indonesia, curug berarti air terjun, sedangkan cigamea berarti bergemuruh. Jadi, Curug Cigamea dapat diartikan sebagai air terjun yang bergemuruh. Nama ini memang sesuai dengan kenyataannya, karena aliran air di Curug Cigamea sangat deras dan menghasilkan suara gemuruh yang kuat. Berikut ini beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Curug Cigamea Bogor.

1. Terdapat 2 Air Terjun Dengan Karakter yang Berbeda

Saat tiba di area Curug Cigamea, pengunjung akan mendapati dua air terjun dengan karakteristik yang berbeda. Meskipun lokasinya tidak bersebelahan, keduanya cukup dekat satu sama lain.

Air terjun pertama memiliki ketinggian yang cukup signifikan, dengan air yang mengalir perlahan melalui batuan hitam yang dikelilingi tumbuhan. Aliran air di sini tidak terlalu deras, dan kolam di bawahnya juga relatif kecil.

Sebaliknya, air terjun kedua memiliki aliran air yang deras, menciptakan suara gemuruh yang keras. Di sekitar air terjun ini terdapat kolam alami yang luas, sering digunakan pengunjung untuk bermain air.

Namun, disarankan untuk tidak berenang di area dekat jatuhnya air karena alirannya yang kuat. Air yang mengalir sangat jernih, bersih, dan menyegarkan, menjadikan pengalaman di Curug Cigamea semakin memikat.

2. Suasana Alam Sekitar yang Masih Asri

Curug Cigamea memiliki lingkungan yang masih alami, ditandai dengan banyaknya pepohonan di sekitar air terjun dan kejernihan airnya. Tempat ini menawarkan suasana yang menyegarkan, sangat cocok untuk menghilangkan lelah dan penat dari rutinitas sehari-hari.

Menurut cerita, Curug Cigamea dianggap sebagai kerajaan kera yang telah ada sejak zaman dahulu. Tempat ini sering dikunjungi oleh orang-orang yang mencari pesugihan. Konon, jika beruntung, peziarah bisa bertemu dengan monyet putih yang dianggap sebagai pertanda baik.

Keberadaan monyet di sekitar Curug Cigamea memang cukup banyak. Mereka dapat dijumpai mulai dari pintu masuk hingga area air terjun. Hewan-hewan ini adalah penghuni hutan di sekitar Gunung Salak. Selama tidak diganggu, monyet-monyet ini juga tidak akan mengganggu pengunjung.

Demikianlah review Curug Cigamea Bogor yang bisa dijadikan referensi untuk menentukan list itinerary wisata di Bogor. Tentunya curug ini salah satu objek wisata recommended untuk dikunjungi.

You might like