Curug Panetean, Pesona Wisata Air dengan Udara Sejuk dan Pemandangan Indah

43 Likes comments off
curug panetean

Jalan-jalan ke tempat wisata air bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengembalikan kesegaran dan menghibur diri serta merilekskan pikiran yang lelah. Salah satu destinasi alam yang menawarkan kesegaran adalah Curug Panetean.

Keindahan alam di sekitar Curug Panetean membuatnya layak untuk dikunjungi. Pengunjung dapat menikmati segarnya air sambil menyaksikan kecantikan alam yang masih hijau dan menyegarkan mata. Untuk informasi lebih lanjut, ada beberapa ulasan menarik tentang curug tersebut yang patut diperhatikan.

Lokasi Objek Wisata

Curug Panatean merupakan sebuah destinasi alam yang memukau, terletak di Pancatengah, Tasikmalaya. Letaknya cukup jauh dari pusat kota, sekitar 68 kilometer atau dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam 30 menit perjalanan. Namun, jarak yang terbilang cukup jauh ini tidak menghalangi daya tariknya bagi para pengunjung yang menyukai petualangan di alam terbuka.

Saat menuju ke Curug Panatean, penting untuk memperhatikan kondisi akses jalannya. Jalan yang menuju ke curug ini masih terbuat dari tanah, yang berarti kurang ideal jika berkunjung saat musim hujan.

Selama musim hujan, akses jalannya cenderung berubah menjadi becek karena tergenang air, membuat perjalanan menjadi lebih sulit dilalui. Oleh karena itu, sebaiknya perencanaan kunjungan dilakukan dengan memperhatikan cuaca dan musim yang sedang berlangsung untuk menghindari kendala yang mungkin timbul.

Harga Tiket Masuk

Pemandangan indah Curug Panetean memberikan pengalaman yang memikat bagi para pengunjung, dan yang menarik adalah tidak dikenakannya biaya tiket masuk.

Meskipun begitu, ada catatan penting untuk diperhatikan, bagi yang datang dengan kendaraan, ada biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah. Hal ini tentu menarik perhatian, mengingat sebagian besar tempat wisata mengenakan biaya masuk yang tidak murah.

Namun, kebijakan ini tidak bisa dianggap sebagai sesuatu yang pasti ke depannya. Seiring dengan upaya pemerintah dalam memperbaiki dan mengelola area wisata Curug Panetean dengan lebih baik, tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada perubahan kebijakan terkait biaya masuk.

Mungkin saja suatu saat nanti, wisatawan akan dikenai biaya tiket masuk untuk dapat menikmati keindahan alam yang disajikan. Namun, untuk saat ini, pengunjung masih bisa menikmati Curug Panetean tanpa biaya masuk.

Daya Tarik Objek Wisata

Jika belum ada rencana untuk liburan,mungkin objek wisata air yang satu ini bisa menjadi pilihan. Berikut alasan mengapa Curug Panetean menarik bagi pengunjung yang ingin datang.

1. Air Terjun yang Tidak Terlalu Tinggi

Curug Panetean menunjukkan keunikan dengan air terjunnya yang tidak terlalu tinggi tinggi. Hal tersebut menjadikan air terjun itu unik dan terkesan berbeda daripada air terjun yang biasanya.

Pesonanya terletak pada keasrian alam yang masih utuh serta kejernihan sungainya yang memikat, menjadikan tempat ini magnet bagi pengunjung yang haus akan kedamaian alam.

2. Kolam Renang dari Air Alami

Menurut buku ICESC yang dikembangkan oleh Tim EAI (European Alliance for Innovation), Curug Panatean sering kali disebut juga dengan sebutan leuwi karena keistimewaannya.

Label leuwi menggambarkan formasi alami berbentuk cekungan mirip kolam renang pribadi yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan renang. Fenomena ini seringkali menjadi latar belakang favorit bagi pengunjung yang ingin ber-selfie ketika sedang berendam di sana.

Fasilitas yang Tersedia

Di kawasan objek wisata ini, meskipun tidak ada biaya masuk, tersedia beberapa fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung. Antara lain adalah toilet, area parkir, spot untuk berfoto, musholla, serta fasilitas yang menunjang protokol kesehatan.

Itulah informasi tentang salah satu objek wisata air di Tasikmalaya yang bernama Curug Panetean. Jadi disini pengunjung akan bisa merasakan suasana tenang alami yang dibalut dengan pemandangan indah.

You might like