Pantai Pamayangsari Tasikmalaya, Pesona Spot Menara Kembar dan Pemecah Ombak

36 Likes comments off
Pantai Pamayangsari Tasikmalaya

Tasikmalaya di Jawa Barat menawarkan berbagai destinasi wisata alam yang memukau, terutama pantai-pantainya yang mempesona. Salah satu pantai yang menjadi favorit adalah Pantai Pamayangsari Tasikmalaya. Banyak orang mengunjungi pantai Pamayangsari ini untuk mencari ketenangan dan menghilangkan stres.

Di Pantai Pamayangsari, pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan panorama pantai, tetapi juga menyaksikan aktivitas nelayan dan transaksi penjualan ikan yang ramai. Pemandangan deretan perahu nelayan yang berlabuh di dermaga menambah daya tarik khas pesisir yang unik.

Lokasi Objek Wisata Pantai Pamayangsari

Lokasi Pantai Pamayangsari terletak di SindangKerta, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Untuk mencapai Pantai Pamayangsari dari Kota Tasikmalaya, yang berjarak sekitar 70,9 kilometer, diperlukan waktu perjalanan sekitar 2,5 jam dengan kendaraan pribadi.

Rute yang disarankan adalah melalui Jalan Raya Karangnunggal, kemudian lanjut ke Jalan Raya Cipatujah hingga tiba di Pantai Pamayangsari. Pantai Pamayangsari juga dekat dengan beberapa pantai lain, seperti Pantai Sindangkerta yang berjarak sekitar 5 kilometer, dan Pantai Cipatujah yang berjarak sekitar 8 kilometer.

HTM dan Jam Buka

Untuk masuk ke lokasi Pantai Pamayangsari, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk, sehingga pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan.

Pantai ini beroperasi setiap hari dari pukul 07.00 hingga 19.00 WIB. Bagi yang ingin berkemah di area pantai, dapat melapor ke petugas setempat untuk mendapatkan izin.

Keunikan Pantai Pamayangsari Tasikmalaya

Pantai ini tentu memiliki keunikan yang menjadi daya tariknya tersendiri. Bahkan mungkin hal-hal tersebut hanya ada di Pantai Pamayangsari ini saja. Berikut penjelasan untuk beberapa keunikan yang ada di Pantai Pamayangsari:

1. Terdapat Menara Kembar

Salah satu daya tarik utama Pantai Pamayangsari adalah adanya menara kembar yang berupa menara pandang dan mercusuar. Menara tersebut berada di ujung pemecah ombak dan tampak seperti pintu gerbang menuju lautan lepas.

Menara pandang ini dilengkapi dengan tangga spiral yang dapat dinaiki oleh mereka yang tidak takut ketinggian. Di puncaknya, pengunjung akan terpesona oleh pemandangan luasnya lautan selatan yang membentang, dengan angin kencang yang menambah sensasi.

Pemandangan ini sering diburu oleh para fotografer, dan tempat ini juga ideal untuk selfie. Latar belakang laut yang luas dan indah membuat foto-foto yang diambil di sini sangat estetik dan cocok untuk diunggah di Instagram.

2. Terdapat Spot Batuan Pemecah Ombak

Spot batuan pemecah ombak menjadi keunikan lain yang terdapat di Pantai Pamayangsari. Mengingat Pantai Pamayangsari adalah bagian dari Pantai Selatan yang terkenal dengan ombak besar, tempat ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

Disarankan untuk mengunjungi Pantai Pamayangsari saat cuaca cerah, serta selalu memprioritaskan keselamatan. Selain itu, penting juga untuk menjaga kebersihan lingkungan, terutama dengan tidak membuang sampah plastik sembarangan.

3. Terdapat Wisata Edukatif Tempat Konservasi Penyu

Pantai Pamayangsari di Tasikmalaya juga menawarkan pengalaman wisata edukatif bagi para pengunjung. Di kawasan ini terdapat lokasi penangkaran penyu yang dapat dikunjungi.

4. Bisa Langsung Membeli Ikan Segar

Pantai Pamayangsari dipenuhi oleh banyak perahu nelayan yang bersandar setelah melaut untuk menangkap ikan. Nama Pamayang sendiri berasal dari kata yang berarti penangkap ikan.

Pengunjung bisa membeli ikan segar langsung dari para nelayan di pantai ini, dengan kondisi ikan yang masih sangat fresh. Waktu terbaik untuk berbelanja adalah sekitar pukul 10.00 pagi, saat nelayan biasanya kembali dari laut, dan harga ikan pun sangat terjangkau.

Bagi yang ingin langsung menikmati hasil tangkapan laut, pengunjung bisa meminta ikan tersebut untuk dimasak di warung-warung sekitar kawasan Pantai Pamayangsari.

Demikianlah review singkat dari objek wisata Pantai Pamayangsari Tasikmalaya. Jadi tentunya Pantai ini menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata yang direkomendasikan untuk masuk list itinerary liburan di Tasikmalaya.

You might like