Green Kenyot Cikahuripan, Ketahui Lokasi, HTM dan Daya Tariknya

40 Likes comments off
Green Kenyot Cikahuripan

Pengunjung tak perlu merantau jauh ke Amerika demi menikmati keelokan tebing menjulang tinggi dengan panorama eksotis. Mengunjungi Grand Canyon memerlukan biaya yang tidak sedikit, tetapi di Indonesia, Green Kenyot Cikahuripan menjadi alternatif yang sebanding secara keindahan dan keunikan alamnya.

Namun jika ingin mengunjungi tempat tersebut, harus mengetahui terlebih dulu terkait dengan lokasi, htm dan juga apa daya  tarik dari tempat wisata tersebut. Untuk itu, dalam uraian ini akan diberikan beberapa penjelasannya.

Lokasi dan HTM Green Kenyot

Objek wisata Green Kenyot Cikahuripan terletak di Desa/Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat. Jika Pengunjung belum mengetahui lokasinya, Pengunjung dapat memanfaatkan aplikasi Google Maps untuk memandu Pengunjung menuju destinasi tersebut.

Untuk mencapai lokasi, pengunjung dapat mengambil rute menuju Waduk Saguling, yang merupakan bagian dari kawasan Sungai Cikahuripan. Dari Bandung, Pengunjung dapat menggunakan jalan tol menuju Padalarang, kemudian keluar dari Tol Padalarang melalui gerbang Tol Cikalong Cianjur, dan melanjutkan perjalanan menuju Waduk Saguling di wilayah Cipatat.

Untuk masuk ke area wisata, pengunjung diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000 per orang. Biaya tersebut mencakup juga biaya parkir kendaraan yang digunakan pengunjung.

Di sekitar kawasan wisata, terdapat banyak penyewaan perlengkapan yang disediakan oleh masyarakat setempat. Untuk menyewa pelampung, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 per orang.

Daya Tarik yang Ada di Green Kenyot

Perlu diketahui bahwa, ketika berkunjung ke tempat wisata tentu harus mengetahui terlebih  dulu terkait dengan apa daya tarik dari tempat wisata tersebut. Berikut beberapa diantaranya:

1. Bisa Melakukan Berbaagi Kegiatan

Bersantai sambil menikmati pemPengunjungngan alam yang memukau dapat dilakukan di tepi Sungai Cikahuripan. Meskipun alirannya tidak terlalu deras, sungai ini memiliki kedalaman sekitar empat meter, memungkinkan pengunjung untuk berenang dengan aman. Dengan mengaplikasikan pelampung, petualangan menelusuri Sungai Cikahuripan yang diapit oleh tebing dan batu-batuan eksotis dapat dirasakan.

Tidak hanya untuk berenang, Sungai Cikahuripan juga menyuguhkan kesegaran air yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Meskipun alirannya terputus akibat adanya Waduk Saguling, masih terdapat spot-spot yang cocok untuk bermain air. Meski kedalaman sungainya mencapai empat meter, namun beberapa titik di sekitarnya cukup dangkal karena batuan besar yang terdapat di sekitar sungai.

Bagi yang berani, tantangan melompat dari atas batu dengan ketinggian dua hingga tiga meter ke dalam kolam air di bawahnya bisa menjadi pengalaman menegangkan dan menyegarkan. Alternatifnya, bagi yang tidak ingin berenang, pengunjung dapat menyewa rakit bambu yang akan membawa mereka ke tengah kolam dengan kedalaman yang cukup nyaman, sekitar leher orang dewasa.

2. Terdapat Berbagai Fasilitas

Pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas di tempat ini, seperti rakit untuk eksplorasi sungai, pelampung yang dapat disewa, pemandu wisata, area parkir, tempat makan, fasilitas toilet, ruang ibadah, serta jalur sepeda yang tersedia.

3. Sebagai  Sumber Mata Air yang Sakral

Sumber air Cikahuripan, menurut kepercayaan lokal, dianggap sebagai tempat yang suci. Banyak dari penduduk sekitar yang datang kesana untuk melakukan serangkaian ritual, membawa serta doa-doa agar keinginan dan harapan mereka segera terwujud.

Banyak masyarakat sekitar juga meyakini bahwa air yang terdapat di tempat wisata ini memiliki khasiat penyembuhan yang bermanfaat bagi berbagai jenis penyakit.

Itulah uraian terkait dengan tempat wisata Green Kenyot Cikahuripan. Dimana, dalam uraian ini telah diberikan penjelasan terkait dengan lokasi, HTM dan juga daya tarik dari tempat wisata ini.

You might like