Berpetualang Menjelajah Hutan Puntang Menuju Curug Siliwangi

12 Likes Comment
Hutan Puntang

Curug Siliwangi merupakan salah satu curug yang masuk ke kawasan Bandung Selatan. Secara lokasi, curug ini masuk dalam pengelolaan taman wisata dan bumi perkemahan Gunung Puntang. Letaknya sendiri bisa dikatakan masih jauh dari bumi perkemahan. Pengunjung harus menjelajahi jalan setapak yang melintasi hutan untuk menuju curug ini.

Petualangan seperti ini, tentunya akan sangat menyenangkan bagi para penikmat alam. Bersusah payah menelusuri setapak terjal, berbasah-basahan karena melintasi sungai kecil atau basah karena embun yang menempel di dedaunan adalah harga yang harus dibayar.

Berbeda dengan mereka yang tidak menggemari atau kurang senang dengan petualangan di alam terbuka. Medan yang cukup berat bahkan dikatakan sangat berat seperti ini, tentunya akan dianggap sebagai momok yang menakutkan. Bisa dikatakan, jangankan untuk menjelajahi medan hingga tujuan, untuk memasuki hutan pun kiranya harus berpikir dua kali. Apa pun kesan yang didapat atau dipikirkan. Justru di sinilah letak tantangan dan keunikannya.

Keindahan Curug

Curug Siliwangi yang berada di ketinggian lebih dari 1200 mdpl ini, memiliki panorama yang sangat indah. Letaknya berada di lereng bertebing dengan bebatuan andesit. Ketinggian curug diperkirakan mencapai puluhan meter dengan dasar yang dangkal. Banyak pengunjung yang tak sungkan untuk bermain air di bawah curug ini. Meski pun suhu air sangatlah dingin dan mampu membuat peredaran darah membeku.

Di samping itu, cara untuk mencapai dasar curug bisa dikatakan cukup ekstrim. Sebab pengunjung harus melalui setapak licin berbatu selebar tak lebih dari 0,5 m. Setapak itu pada dasarnya merupakan setapak alami dari tebing andesit di sebelah kanan dan jurang di sebelah kiri.

Karena kondisinya yang ekstrim, pengunjung sebenarnya sangat tidak disarankan untuk mendekati curug. Itulah sebabnya mengapa di lokasi ini didirikan shelter, semata-mata untuk memfasilitasi pengunjung agar melihat keadaan curug dari posisi yang lebih aman.

Di shelter yang hanya berjarak beberapa meter ini, pengunjung sebenarnya masih bisa merasakan dinginnya air curug. Meski hanya bulir-bulir kecil yang terbawa angin. Lebih dari itu, pengunjung yang senang pada kegiatan fotografi, kiranya akan lebih leluasa dan memiliki sudut pandang yang lebih luas dengan posisi yang tentunya lebih aman.

Tertarik untuk menjajal keindahan Curug Siliwangi? Datang saja angsung ke Gunung Puntang, Bandung Selatan. Tepatnya di Desa Cimaung, Kecamatan banjaran, Kabupaten Bandung. Lokasi bisa ditemukan sebelum Pangalengan.

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *