Mengenal Lebih Dekat Taman Makam Pahlawan Cikutra, Bandung

6 Likes 2 Comments
Taman Makam Pahlawan Cikutra

Taman makam pahlawan Cikutra merupakan satu-satunya kompleks pemakaman bagi para pahlawan di kota Bandung. Dengan kata lain, semua yang dimakamkan di tempat ini jenazah dari orang-orang yang memiliki jasa besar terhadap bangsa dan negara. Bisa dikatakan juga, kompleks pemakaman ini merupakan penghargaan tertinggi dari negara terhadap jasa pahlawannya.

Sebagai tempat pemakaman pahlawan, tak sembarangan orang bisa dimakamkan di tempat ini. mereka yang dimakamkan, umumnya memiliki tanda jasa yang ditandatangani langsung oleh kepala negara. Kebanyakan dari mereka adalah para pejuang kemerdekaan. Dan salah satu penghargaan yang terkenal di tempat ini adalah bintang gerilya. Karenanya, wajar jika taman makam pahlawan Cikutra ini, banyak ditemukan pahlawan-pahlawan di era perang kemerdekaan.

Dengan kata lain, taman makam pahlawan lebih banyak diisi oleh kalangan militer dan kepolisian yang memang memiliki bintang jasa. Hal ini berarti juga bahwa, pangkat tinggi di kemiliteran atau kepolisian tidak secara otomatis menentukan seseorang untuk bisa dimakamkan di tempat ini.

Untuk orang-orang dengan pangkat tertentu, pengelola kompleks pemakaman ini menyediakan lahan tersendiri. Tepatnya di taman pemakaman khusus yang disebut taman bahagia. Letaknya memang bersebelahan, namun berada di luar area taman makam pahlawan.

Ikon Bandung

Sebagai taman pemakaman, tempat ini sangat layak disebut sebagai ikon Bandung. Selain dua pilar tinggi di pintu gerbang yang sekaligus menjadi monumen, tempat ini selalu menjadi lokasi utama dalam peringatan hari Pahlawan.

Peringatan hari Pahlawan biasanya dimulai pada malam hari di tanggal 9 November yang ditandai dengan mengheningkan cipta dan tembakan salvo dengan suasana remang dari lilin-lilin kecil. Upacaranya sendiri biasanya dilakukan pagi hari tanggal 10 november yang diteruskan dengan acara tabur bunga.

Seperti halnya taman pemakaman lain, taman makam pahlawan ini bisa dikunjungi kapan pun dan oleh siapa pun. Namun demikian pengunjung tak bisa bebas masuk dan keluar begitu saja. Untuk memasuki area pemakaman, pengunjung diharuskan melakukan registrasi dengan mengisi buku tamu di pintu samping.

Memasuki area, pengunjung akan melihat jejeran nisan yang tersusun rapi dan bersih. Tak seperti pemakaman umum yang terlihat tak beraturan. Di area utama, pengunjung pun bisa melihat dinding pualam yang bertuliskan nama-nama pahlawan yang dimakaman di tempat ini. Bukan hanya itu, suasana sunyi dengan kesan indah dan megah akan didapat tatkala melihat kolam besar sebagai hiasan makam. Juga deretan relief yang menggambarkan perjuangan merebut kemerdekaan.

Tertarik untuk mengetahui seperti apa keadaan di tempat ini? Atau ingin mengetahui seberapa banyak pahlawan pembela tanah air yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cikutra ini? Kunjungi saja langsung kompleks pemakaman ini sebab akan banyak kesan dan pesan yang bisa didapat di tempat ini.

You might like

2 Comments

  1. katanya taman makam pahlawan ini bisa dikunjungi oleh siapapun dan kapanpun. Tetapi pada sabtu tanggal 15 agustus 2015 saya ingin berkunjung tetapi dilarang oleh orang-orang yang ada disekitar TMP

  2. katanya taman makam pahlawan ini bisa dikunjungi oleh siapapun dan kapanpun. Tetapi pada sabtu tanggal 15 agustus 2015 saya ingin berkunjung tetapi dilarang oleh orang-orang yang ada disekitar TMP entah sebagai petugas atau siapa yang kurang begitu ramah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *