Mengenal Kota Bandung Lewat Nama-nama Jalan

4 Likes Comment
Jalan Braga

Mengenal Kota Bandung bisa dilakukan dengan beragam cara, salah satunya adalah dengan memperhatikan nama jalan. Banyak kategori yang bisa digunakan untuk menentukan wilayah dan nama jalan.  Hal ini sangat beralasan, mengingat Bandung sebagai kota yang kompleks, pada awalnya memang dibagi berdasarkan zona-zona tertentu semisal zona pemukiman, perumahan, pekantoran dan seterusnya. Dari zona tersebut kemudian lahirlah nama-nama jalan yang bisa diurutkan berdasarkan kategori tertentu. beberapa kategori yang dimaksud adalah:

  • Kategori Pahlawan, semisal Jalan A. Yani, Jl. Wr Supratman, Jalan Ph.H. Mustofa dan seterusnya, pada dasarnya merupakan jalan arteri atau urat nadi kota Bandung. A. Yani misalnya, merupakan jalan tengah yang membelah kota Bandung dari mulai perempatan Cicaheum menuju Alun-alun. Atau Jalan Soekarno Hatta yang merupakan pintu gerbang Bandung dari arah timur ke arah Barat atau sebaliknya.
  • Kategori Binatang, nama jalan pada kategori ini semisal jalan Banteng, Jalan Badak, jalan kancra, jalan mujaier, jalan nilem dan seterusnya, pada dasarnya merujuk pada satu wilayah, yaitu buah batu. Karenanya, jika seseorang menanyakan jalan berkategori binatang di kota Bandung biasanya akan ditunjukkan ke wilayah Buah Batu.
  • Kategori Bunga dan pohon-pohon kecil untuk mengenal Kota Bandung, semisal jalan mawar, jalan anggrek, jalan nanas dan seterusnya, berada di antara jalan Riau, Jalan A. Yani dan Jalan Supratman.
  • Kategori Sungai, semisal jalan Ciliwung, Jalan Citarum, Jalan Bengawan, Jalan Ciujung dan seterusnya, berada di antara jalan Riau dan Jalan Supratman.
  • Kategori Pewayangan, semisal jalan Arjuna, Jalan Bima, Jalan Semar, Jalan Jatayu dan seterusnya  berada di antara Jalan Padjadjaran dan Pasir Kaliki. Wilayah pewayangan ini dekat dengan Bandara husein Sastranegara.
  • Kategori Kota dan Pulau semisal Jalan Aceh, Jalan Banda, Jalan Flores dan seterusnya, berada di antara Jalan Riau dan Jalan Veteran. Wilayah yang masuk dalam kategori ini, mayoritas berada dalam lingkup kompleks ABRI.

Kategori di atas, sebenarnya hanya sebagian kategori yang bisa dirangkum, artinya masih banyak kategori lain yang bisa digunakan untuk menentukan jalan dan wilayah. Namun, karena kategori yang disebutkan di atas merupakan wilayah yang banyak dikunjungi wisatawan di Kota bandung, maka penting kiranya untuk memperhatikan kategori di atas sebagai salah satu cara mengenal kota Bandung.

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *