Kebun Binatang Bandung, Arena Wisata Alam Tertua di Tengah Kota

16 Likes Comment
Kebun Binatang Bandung

Siapa yang tak tahu Kebun Binatang Bandung? Tempat wisata berisi flora dan fauna ini, bisa dikatakan sebagai salah satu saksi sejarah yang masih bertahan. Sejak didirikan tahun 1930, di masa pemerintahan Hindia Belanda, tempat ini memang sengaja dirancang sebagai wahana rekreasi alam di dalam kota.

Lokasi dan aksesibilitas

Berlokasi tepat di samping Jalan Tamansari Bandung, kebun binatang ini bisa dikatakan berada di tengah kota. Akses menuju tempat ini pun sangat mudah dan bisa dicapai dengan banyak moda transportasi, baik kendaraan pribadi hingga kendaraan umum.

Jika masuk dari pintu tol Pasteur, pengunjung bisa melalui jalan layang Pasopati lalu keluar di pintu Balubur. Dari pintu keluar Balubur tersebut, pengunjung tinggal belok ke kiri. Lokasinya hanya beberapa ratus meter dari pintu tersebut.

Jika datang melalui arah timur (Cicaheum), pengunjung bisa menelusuri jalan Suci atau Surapati menuju Jalan Layang Pasopati yang tak jauh dari Gasibu (lapangan depan Gedung Sate). Tak perlu menaiki jalan layang tersebut. Ambil jalur bawah jembatan, di perempatan kedua kita akan bertemu dengan akses yang sama seperti cara pertama di atas.

Jika melalui arah selatan (Terminal Leuwi Panjang), cari Jalan menuju Dago atau ITB. Lokasi Kebun Binatang Bandung memang berhadapan langsung dengan ITB yang berada hampir di sekitaran Dago.

Koleksi Dan Pengunjung

Hampir semua binatang bisa kita temui di sini, kecuali pingwin dan hewan laut. Singa dan kucing besar lainnya termasuk dalam hewan favorit yang kerap dijadikan buruan wisata. Hal ini wajar mengingat kucing-kucing besar ini dianggap sebagai hewan buas dan langka. Selain itu, gajah yang disebut-sebut sebagai hewan terbesar di dunia, termasuk juga dalam kategori binatang favorit. Uniknya, gajah yang ada di tempat ini adalah gajah jinak yang bisa didekati oleh pengunjung. Bukan hanya didekati, namun tempat ini pun menggunakan gajah sebagai salah satu atraksi wisatanya. Pengunjung bisa merasakan seperti apa sensasi menunggangi gajah.

Di tengah-tengah kebun binatang, kita akan terpesona dengan taman ular. Beragam jenis ular ditampilkan di tempat ini. mulai dari ular berbisa hingga ular besar sekelas sanca.

Lokasi wisata alam tengah kota ini, pada akhir pekan dan hari libur, bisa menyerap pengunjung hingga ratusan kali lipat di banding hari biasa. Terutama saat libur hari raya, maka Kebun Binatang Bandung jalan Taman Sari pun akan disulap menjadi lautan manusia. Hal itu wajar, mengingat pengunjung yang datang ke tempat ini, tak hanya berasal dari dalam kota melainkan juga dari kota-kota di sekitarnya.

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *