Pesona Hutan Bongkor yang Menggiurkan

Pesona pohon pinus Hutan Bongkor

Barisan pohon pinus Hutan Bongkor

Pohon Pinus menjadi salah satu ikon wana wisata di Bandung. Ia tumbuh melengkapi indahnya dataran tinggi Bandung, seperti Kawasan Lembang, Gunung Puntang, Maribaya, Gunung Masigit, Gunung Burangrang, Gunung Manglayang, dan Taman Hutan Raya Bandung. Bak primadona yang menyejukkan hati, Pohon Pinus menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi wana wisata di Bandung. Salah satu tujuan tersebut adalah Hutan Bongkor.

Hutan Bongkor resmi dibuka pada 25 Juli 2014. Pengelolaannya dilaksanakan sepenuhnya oleh Perhutani. Mulai dari penyediaan anggaran, hingga pembangunan fasilitasnya. Semuanya sama sekali tidak melibatkan pihak swasta.

Hutan Bongkor atau dikenal juga sebagai Bukit Bintang berada di kawasan pegunungan Bandung Utara, Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Akses yang mudah untuk sampai ke sana bisa melalui jalur Padasuka, Cicaheum. Dari sana terus melaju ke atas, sampai Anda bisa melihat rimbunan pohon pinus, patung bintang, dan spanduk bertuliskan “Perhutani”. Jika sudah terlihat, Anda tinggal mengikuti jalur yang mengarah ke sana.

Pemandangan Kawasan Hutan Bongkor dari Jalan.

Pemandangan Kawasan Hutan Bongkor dari jalan.

Udara yang sejuk serta pohon pinus yang berderet di sepanjang Kawasan Hutan Bongkor menciptakan suasana nyaman dan tentram. Sangat cocok untuk melepas penat. Terutama bagi Anda yang sehari-harinya disibukkan dengan urusan pekerjaan. Tempat ini sangat cocok juga untuk liburan keluarga dan mengenalkan anak-anak pada alam.

Jalur Pejalan Kaki hutan Bongkor

Jalur pejalan kaki Hutan Bongkor

Area Hutan Bongkor cukup bersih. Hal ini tak lepas dari kelengkapan fasilitas kebersihan yang disiapkan oleh pihak pengelola, seperti tempat sampah dan toilet. Kesadaran pengunjung akan pentingnya menjaga kebersihan hutan, juga cukup berperan.

Tempat sampah dipersiapkan Perhutani untuk menjaga kebersihan Hutan Bongkor

Tempat sampah dipersiapkan Perhutani untuk menjaga kebersihan Hutan Bongkor

Di sekeliling hutan pinus terdapat perkebunan sayuran, mulai dari kol, ubi, cabai, hingga tomat. Jika dilihat dari jauh, perkebunan itu membentuk tekstur yang unik seperti batik. Mata Anda akan lebih segar ketika langsung melihat pemandangan tersebut.

Kebun sayuran di sekeliling hutan bongkor

Kebun sayuran di sekeliling Hutan Bongkor

Selain deretan pohon pinus dan perkebunan sayuran, Hutan Bongkor juga menawarkan keindahan pemandangan Kota Bandung dari ketinggian. Untuk bisa melihat pemandangan tersebut, Anda bisa berjalan sekitar 100 meter dari gerbang masuk menuju Bukit Bintang. Dari sana terlihat hamparan Kota Bandung yang sangat luas. Dibandingkan dengan wana wisata serupa lainnya, seperti Punclut, lanskap Kota Bandung dari Bukit Bintang jauh terlihat lebih luas.

Pemandangan Kota Bandung yang diselimuti Awan

Pemandangan Kota Bandung yang diselimuti awan

Di Bukit Bintang, Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan memotret pemandangan atau bahkan selfie. Tak sedikit juga pengunjung yang datang berburu sunset. Sebagian dari mereka datang pagi-pagi sekali, bahkan ada juga yang berkemah.

Untuk area kemah sendiri sudah disediakan oleh pihak pengelola. Pengunjung bisa berkemah di sana. Area Bukit Bintang pun sebenarnya bisa dijadikan tempat kemah. Namun, nantinya akan bercampur dengan pengunjung lain yang datang pagi hari.

Wisatawan sedang asyik berfoto

Pengunjung sedang memotret pemandangan Kota Bandung

Jika Anda lapar atau haus, tidak usah khawatir. Ada café yang siap menampung. Di sana terdapat beberapa sajian yang cocok disantap sambil menikmati pemandangan Kota Bandung.

Café Moko menghadap lanskap Kota Bandung yang Membentang.

Café Moko menghadap lanskap Kota Bandung yang Membentang.

Beberapa tanjakan menuju Hutan Bongkor sangat tajam dan berliku. Karenanya, pastikan kalau kendaraan yang akan dipakai ke sana berada dalam kondisi prima. Jika sudah sampai, Anda bisa parkir di area yang sudah disediakan oleh pengelola. Namun, jalur menuju ke sana sangat curam. Kalau kendaraan Anda tidak memungkinkan untuk naik ke sana, Anda masih bisa parkir di area bawah. Di sana ada warga setempat dan beberapa penjaga warung yang bisa menjaga kendaraan Anda.

Petunjuk tempat parkir menuju Hutan Bongkor (Bukit Bintang)

Petunjuk tempat parkir menuju Hutan Bongkor (Bukit Bintang)

Untuk melihat keindahan di sekitar Hutan Bongkor, silakan klik video berikut:

 

Leave a Reply