Banyu Panas Palimanan, Tempat Terapi yang Berawal dari Ketidaksengajaan

24 Likes comments off
Banyu Panas Palimanan

Kolam renang Banyu Panas Palimanan di Cirebon terkenal dengan keunikan sebagai fasilitas terapi air panas alami. Tempat ini selalu menjadi tujuan favorit, terutama saat akhir pekan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Kolam air panas Palimanan di Banyu Panas terkenal karena keunikan pembentukannya, menjadikannya salah satu destinasi yang cukup unik untuk dikunjungi.

Lokasi dan Asal Mula Terbentuknya

Banyu Panas Palimanan, sebuah obyek wisata di Cirebon, Jawa Barat, berlokasi di Desa Gempol Palimanan, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Asal mula terbentuknya objek wisata ini, dimulai ketika pada tahun 2008 PT. Indocement memulai pengeboran untuk air bersih. Secara tidak sengaja, mereka menemukan semburan air panas berwarna kebiruan yang tidak cocok untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Setelah dilakukan kajian mendalam dan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, kawasan tersebut kemudian diubah menjadi objek wisata kolam air panas. Pengelolaan tempat ini tidak hanya fokus pada aspek hiburan semata, tetapi juga sangat memperhatikan aspek keamanan.

Ada aturan yang melarang pengunjung untuk berendam lebih dari 10-15 menit karena hal ini dapat membahayakan keselamatan mereka. Objek wisata ini juga dikenal dengan nama Banyu Panas Palimanan Gempol.

HTM dan Jam Buka

Tiket masuk ke Banyu Panas Gempol adalah Rp. 15.000,- pada hari kerja dan Rp. 20.000,- pada akhir pekan. Biaya parkir untuk motor adalah Rp. 3.000,-. Tempat ini buka setiap hari, dari Senin hingga Minggu, dengan jam operasional dari pukul 07.30 hingga 17.30.

Daya Tarik Wisata

Walaupun tadinya merupakan ketidaksengajaan, namun pengelola berhasil mengembangkannya menjadi objek wisata yang memiliki daya tarik tersendiri. Simak berikut beberapa daya tarik dari objek wisata Banyu Panas Palimanan:

1. Terdapat Kolam Terapi

Salah satu daya tarik utama dari objek wisata Banyu Panas Palimanan Gempol adalah kolam terapi yang bermanfaat bagi mereka yang menderita penyakit kulit. Pengunjung tidak hanya berasal dari kota Cirebon, tetapi juga dari luar kabupaten seperti Indramayu, Kuningan, dan Majalengka.

Meskipun kolam terapi ini memberikan manfaat kesehatan, pengunjung harus mematuhi aturan untuk tidak berendam terlalu lama karena dapat menyebabkan pusing atau lemas. Oleh karena itu, waktu maksimal berendam hanya dibatasi hingga 15 menit. Area ini dilengkapi dengan papan pengumuman yang menjelaskan aturan tersebut untuk kepatuhan pengunjung.

2. Kawasan Wisata yang Tertata dengan Baik

Banyu Panas Gempol menawarkan daya tarik berupa kawasan wisata yang tertata dengan baik, nyaman, dan menyediakan banyak sudut yang ideal untuk berfoto selfie.

Di samping kolam air panas berukuran 10×15 meter, ada aliran air panas yang mengalir dari satu undakan ke undakan lain, menciptakan panorama yang menarik. Tempat ini menjadi favorit pengunjung untuk berendam dan menikmati keindahan alamnya.

3. Terdapat Taman Besar dengan Berbagai Macam Fasilitas

Banyu Panas Gempol menawarkan lebih dari sekadar kolam air panas. Di sana, pengunjung dapat menemukan sebuah taman luas yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Ada jogging track yang memungkinkan pengunjung untuk berolahraga sekaligus menikmati udara segar dan pemandangan alam sekitarnya.

Gazebo-gazebo tersebar di sepanjang taman, memberikan tempat istirahat yang nyaman untuk bersantai sambil menikmati suasana tenang di sekitar kolam.

Selain itu, tersedia juga arena bermain anak-anak yang dirancang khusus untuk menyediakan hiburan dan kesenangan bagi keluarga yang mengunjungi tempat ini.

Dengan berbagai fasilitas ini, Banyu Panas Palimanan tidak hanya menjadi tempat untuk menikmati air panas alami, tetapi juga destinasi rekreasi yang ideal untuk seluruh keluarga.

Demikianlah review singkat Banyu Panas Palimanan, dimana ketidaksengajaan yang justru dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata. Tentunya objek wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

You might like