Wisata Gunung Papandayan Garut, Destinasi yang Cocok Untuk Liburan Keluarga

47 Likes comments off
Wisata Gunung Papandayan Garut

Garut adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat yang menjadi lokasi wisata Gunung Papandayan Garut, sebuah destinasi wisata yang menarik untuk liburan. Kabupaten ini dikelilingi oleh banyak gunung dan perbukitan. Beberapa gunung di wilayah ini telah dijadikan tempat wisata dan pendakian.

Daerah sekitar Kabupaten Garut telah diresmikan sebagai taman wisata alam. Wilayah ini dijadikan sebagai tempat wisata yang juga berfungsi sebagai kawasan pelestarian alam. Apakah wisatawan berencana untuk mengunjungi Gunung Papandayan? Jika ya, berikut adalah informasi yang mungkin berguna untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke sana.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Sebelumnya telah disebutkan bahwa kawasan Garut adalah Taman Wisata Alam yang populer, salah satunya adalah Gunung Papandayan. Untuk mengunjunginya, penting untuk mengetahui lokasinya, rute akses, dan harga tiketnya.

Gunung Papandayan berada di antara Papandayan Camping Ground dan Bukit Ngaklak di Garut. Lokasinya juga berada di antara desa Kramat Wangi dan Sirnajaya, di Kecamatan Cisuripan, Garut, Jawa Barat.

Di Gunung Papandayan, tarif tiketnya beragam dan bisa lebih tinggi pada akhir pekan dan hari libur. Pada hari biasa, tiket masuknya sekitar Rp. 20.000 untuk wisatawan domestik dan Rp. 200.000 untuk wisatawan asing.

Namun, saat libur, tarifnya naik sebesar Rp. 10.000 untuk pengunjung lokal dan Rp. 100.000 untuk turis internasional. Selain itu, Gunung Papandayan juga menyediakan area camping dengan harga tiket Rp. 35.000 per hari. Tarifnya memang cukup terjangkau, bukan?

Rute Menuju Lokasi

Jalur menuju Gunung Papandayan, destinasi wisata yang indah, sangat disarankan bagi pengunjung untuk menggunakan kendaraan pribadi. Tidak ada opsi transportasi umum yang tersedia menuju lokasi ini, sehingga penggunaan kendaraan pribadi akan menjadi pilihan yang lebih praktis. Wisatawan biasanya berangkat dari Garut Kota menuju ke Garut Selatan.

Perjalanan ke Gunung Papandayan melalui rute yang sama dengan Pantai Santolo. Dari Cisuripan, pengunjung hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit untuk mencapai tujuan. Namun, setelah mencapai Cisuripan, opsi transportasi umum menjadi terbatas, sehingga disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.

Setelah tiba di Cisuripan, pengunjung hanya perlu mengikuti jalan yang sudah tersedia hingga mencapai Gunung Papandayan. Meskipun akses jalan ke Gunung Papandayan sudah cukup baik, beberapa bagian mungkin sedikit curam. Oleh karena itu, penting untuk memastikan kondisi ban kendaraan dalam keadaan optimal sebelum memulai perjalanan.

Tempat yang Menarik dari Wisata Gunung Papandayan Garut

Bukan sekadar berkemah, melihat pemandangan, atau melakukan pendakian, pengunjung memiliki banyak pilihan aktivitas di Wisata Gunung Papandayan Garut. Destinasi ini menawarkan beragam tempat menarik yang membuatnya menjadi pilihan yang sempurna untuk liburan. Mari kita jelajahi beberapa tempat yang patut dikunjungi di sana!

1. Taman Edelweiss

Di Gunung Papandayan, bunga Edelweiss dikenal luas karena keindahannya yang memukau. Para pendaki disuguhkan pemandangan yang memikat oleh hamparan bunga Edelweiss di sekitar gunung tersebut.

Pengunjung juga memiliki kesempatan untuk menjelajahi taman bunga Edelweiss yang tersedia. Fasilitas yang tersedia di sana juga sangat memadai, termasuk akomodasi tempat menginap.

2. Kawah Papandayan

Banyak pengunjung memilih menuju Kawah Papandayan untuk berkemah. Meski melelahkan mendaki ke kawah, keindahan sepanjang jalur pendakian dan pemandangan di kawah memberikan imbalan yang sepadan.

3. Kawasan Hutan Mati

Lahan hutan ini dulunya terkena dampak langsung dari letusan Gunung Papandayan. Sekarang, hutan tersebut telah berubah menjadi kawasan yang tidak subur, namun telah diubah menjadi objek wisata alam yang menarik.

Bagi pengunjung yang ingin menjelajahinya, mereka harus mempersiapkan diri untuk mendaki kembali dari Kawah Papandayan dengan mengikuti jalur yang cukup menantang.

4. Kolam Renang Air Panas Gunung Papandayan

Gunung Papandayan menawarkan pengalaman wisata yang menarik dengan fasilitas kolam renang yang unik. Sumber air kolam berasal langsung dari Gunung Papandayan, memberikan pengunjung kesempatan untuk menikmati air segar dan alami.

Kolam renang di sini terbagi menjadi area untuk anak-anak dan dewasa, dengan ukuran yang cukup luas untuk menampung pengunjung. Kehadiran kandungan belerang dalam air kolam memberikan manfaat tambahan, diyakini dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Itulah sedikit informasi tentang Wisata Gunung Papandayan Garut. Tentunya tempat ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga.

You might like