Curug Jagapati Garut Selatan, Air Terjun Bertingkat 4 yang Menyimpan Mitos

49 Likes comments off
Curug Jagapati Garut Selatan

Curug Jagapati adalah sebuah keajaiban alam berupa air terjun yang terletak di bagian selatan Garut. Keindahan Curug Jagapati Garut Selatan ini menjadikannya salah satu destinasi tersembunyi yang memukau dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Curug Jagapati adalah destinasi wisata terbaru yang menarik di Garut Selatan, cocok untuk bersantai atau merasakan ketenangan di sekitar air terjun. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai Curug Jagapati sebagai pilihan wisata menarik di Garut untuk liburan akhir pekan atau masa liburan mendatang.

Lokasi Objek Wisata Curug Jagapati

Curug Jagapati terletak di Garut Selatan, tepatnya berada di Kampung Padarame, Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasi ini dapat dijangkau dengan mudah untuk menikmati keindahan alamnya yang menakjubkan.

Saat melewati jalanan menuju Curug Jagapati, wisatawan akan menemui pemandangan yang menenangkan, dengan sawah yang luas menghampar di kedua sisi jalan. Tanda dan petunjuk menuju air terjun tersedia dengan jelas, memudahkan perjalanan ke destinasi yang mempesona ini.

Tiket Masuk dan Jam Buka

Biaya masuk ke Curug Jagapati adalah Rp. 5.000,- per orang, sementara tarif parkir untuk motor adalah Rp. 5.000,- dan untuk mobil adalah Rp. 10.000,-. Curug Jagapati buka setiap hari mulai dari pagi hingga malam.

Hal yang Menarik dari Objek Wisata Curug Jagapati Garut Selatan

Tentunya air terjun Jagapati di Garut Selatan ini memiliki hal-hal yang menarik di dalamnya. Berikut beberapa daya tarik wisata curug Jagapati:

1. Air Terjun 4 Tingkat

Curug Jagapati adalah air terjun bertingkat yang terdiri dari 4 tingkat, dimana aliran airnya berasal dari Gunung Cilimbung. Dengan ketinggian sekitar 20 meter, air terjun ini memiliki kolam kecil di bawah alirannya sebelum mencapai curug atau air terjun utama di bagian bawahnya.

Keindahan Curug Jagapati sangat menarik perhatian para wisatawan, terutama bagi mereka yang mengagumi keindahan alam yang masih alami seperti ini. Air terjun ini sering menjadi sorotan di media sosial karena pesonanya yang cantik dan cocok untuk dijadikan latar belakang foto yang instagrammable.

Pengunjung yang mengunjungi Curug Jagapati dapat merasakan kesegaran air dengan bermain di aliran air terbawah. Namun, perlu berhati-hati saat berenang di kolam Curug Jagapati karena kedalamannya yang cukup signifikan.

2. Mitos Penamaan Jagapati

Curug Jagapati mengambil nama yang unik, berasal dari dua kata, yaitu “jaga” yang artinya menjaga dan “pati” yang berarti nyawa. Menurut cerita dari zaman dahulu, dikisahkan bahwa Abah Butak memiliki seorang putri cantik bernama Illang Kencana, yang selalu mengenakan pakaian berwarna merah.

Putri Illang Kencana diberi amanat untuk menjaga tumpukan harta yang disimpan di Curug Jagapati. Ada mitos yang berkembang bahwa pengunjung sebaiknya tidak mengenakan pakaian berwarna merah agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

Selain itu, ada larangan untuk mengunjungi Curug Jagapati pada hari Selasa dan Jumat, karena pada hari-hari itu dikatakan Putri Illang Kencana selalu mengenakan pakaian merah. Meskipun kebenarannya belum terbukti secara pasti, menghormati dan mengikuti aturan yang berlaku dianggap sebagai sikap yang bijak dalam mengunjungi tempat ini.

3. Jalur Trekking yang Mudah

Untuk mencapai spot utama Curug Jagapati, pengunjung harus melakukan trekking dari tempat parkir kendaraan terlebih dahulu. Trekking dimulai dengan menuruni jalan setapak yang masih sangat alami. Ada dua jalur trekking yang tersedia menuju Curug Jagapati, masing-masing dengan daya tariknya sendiri.

Meskipun jaraknya hanya sekitar 300 meter, perlu hati-hati saat melangkah karena jalur bisa licin terutama setelah hujan. Di sepanjang jalur trekking menuju Curug Jagapati, terdapat area camping yang menawarkan pemandangan air terjun bertingkat dari ketinggian.

Itulah sedikit review Curug Jagapati Garut Selatan. Tentunya tempat ini bisa dijadikan alternatif untuk dimasukkan ke dalam list itinerary liburan ke Garut.

You might like