Curug Ciharus Dano Leles, Kecantikan Alam yang Tersembunyi di Garut

35 Likes comments off
Curug Ciharus Dano Leles

Bagi para penggemar alam, pasti ada keinginan untuk menjelajahi tempat-tempat wisata yang baru demi merasakan kecantikan alam yang menakjubkan. Salah satu pilihan yang menarik adalah Curug Ciharus Dano Leles, sebuah air terjun yang menawarkan pemandangan alam yang mempesona dan udara yang segar.

Di dalam hutan yang teduh, terdapat sebuah air terjun yang tersimpan secara rahasia, jarang terjamah oleh pengunjung. Indahnya air terjun ini masih belum banyak diketahui.

Namun, jangan lewatkan untuk mempelajari informasi lengkap tentang tempat wisata alam yang menakjubkan ini, termasuk lokasinya yang terpencil dan rutenya yang menantang.

Lokasi dan Tiket Masuk Objek Wisata Curug Ciharus Dano Leles

Terletak di Kecamatan Leles, di wilayah Garut, terdapat sebuah air terjun indah yang dikenal sebagai Curug Dano. Tersembunyi di Desa Dano, di daerah hulu Sungai Cipancar, curug ini memiliki ketinggian sekitar seratus meter. Meskipun tinggi, keindahan curug kecil ini belum banyak diketahui karena lokasinya yang tersembunyi dari sorotan publik.

Desa Dano memiliki keindahan alam yang dihiasi oleh sebuah air terjun kecil yang dikenal dengan nama Curug Ciharus atau Curug Dano. Selain menjadi destinasi wisata, air terjun ini juga menjadi sumber air bagi warga sekitar yang digunakan untuk mengairi lahan perkebunan mereka.

Sumber Curug ini berada di kawasan puncak Sungai Cipancar yang bermuara di lereng Gunung Gede, berdekatan dengan Gunung Guntur. Meskipun memiliki ketinggian sekitar 100 meter, aliran airnya tidak terlalu deras, membuatnya menjadi lokasi yang aman untuk bersantai dan bermain air.

Bila berminat untuk mengunjungi curug ini, harga tiket untuk masuknya berkisar antara lima hingga sepuluh ribu rupiah, sementara biaya parkirnya adalah dua ribu rupiah. Di sekitar area air terjun, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas tambahan seperti warung makan, fasilitas ibadah, dan toilet.

Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Untuk mencapai Curug Ciharus Dano Leles, rute yang disarankan adalah melewati pasar Leles terlebih dahulu. Dari sana, pengunjung perlu berjalan kaki sekitar satu jam dari pertigaan Alun-alun Leles. Jika berangkat dari Bandung, arahkan kendaraan ke kiri di perempatan Alun-alun Leles.

Jika datang dari arah sebaliknya, pengunjung diharapkan untuk berbelok kanan dan mengikuti jalan hingga mencapai tujuan. Jika ada pertigaan di perjalanan, disarankan untuk meminta petunjuk kepada penduduk lokal atau memanfaatkan layanan Google Maps.

Aturan yang Diberlakukan di Curug Ciharus Dano Leles

Jika berminat untuk berkunjung ke curug ini, terdapat sejumlah yang harus diikuti untuk memastikan kelestarian alamnya tetap terjaga. Berikut adalah beberapa ketentuan atau norma adat yang wajib diperhatikan oleh semua pengunjung:

  • Peralatan mandi seperti pasta gigi, shampoo, sabun, dan plastik tidak diizinkan dibawa ke dalam area curug.
  • Kelompok yang berkunjung tidak boleh terdiri dari lebih dari 10 orang, dan waktu kunjungan dibatasi maksimal selama 1 jam. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan curug.
  • Merokok dilarang di area curug guna mempertahankan kualitas udara yang segar dan sejuk.
  • Semua barang bawaan pengunjung harus diserahkan di pos penitipan barang yang telah disediakan sebelum memasuki area curug.
  • Pengunjung diminta untuk menjaga perilaku dan ucapan mereka agar tetap sopan dan menghormati sesama pengunjung, demi menjaga kerukunan dan kebersamaan di lingkungan curug.
  • Warga sekitar diminta untuk tidak melakukan kegiatan berkebun di dekat area curug guna menghindari gangguan terhadap lingkungan tersebut.

Itulah sedikit informasi tentang Curug Ciharus Dano Leles, wisata alam di daerah Garut yang masih asri dan tentunya layak untuk dikunjungi.

Sudah dijelaskan juga beberapa aturan yang diberlakukan, sebaiknya pahami dulu sebelum berkunjung. Tidak ada hukuman khusus jika ada yang melanggar, pihak pengelola hanya akan menegur saja.

You might like