Lokasi Wisata Kampung Sabin Cirebon dan Daya Tariknya

15 Likes comments off
Kampung Sabin Cirebon

Kampung Sabin Cirebon, sebuah permukiman tradisional yang terletak di Cirebon, Indonesia, menyimpan kekayaan budaya dan sejarah yang tak ternilai. Tersembunyi di balik jalan-jalan sempit dan bangunan kuno, kampung ini adalah jendela ke masa lalu yang masih hidup.

Kampung sabin ini selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung. Karena sejarah dan budayanya. Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut, maka bisa simak selengkapnya dibawah ini:

Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Kampung Sabin Cirebon

Kampung Sabin terletak di Kota Baru Keandra, tepat di Jalan Nyi Ageng Serang, Sindangjawa, Dukupuntang, Cirebon, Jawa Barat. Akses ke tempat ini dapat ditempuh baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum dari pusat kota Cirebon.

Objek wisata Kampung Sabin beroperasi dengan jadwal yang teratur: pada hari biasa, mulai dari pukul 12.00 hingga 20.00 WIB, sedangkan pada Sabtu, jam operasionalnya diperpanjang dari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB, dan pada hari Minggu, buka mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk.

Namun, bagi mereka yang ingin menikmati hidangan lezat di restoran yang tersedia, tentu saja ada tarif tambahan yang harus dibayarkan. Tiket masuk untuk hari biasa dihargai sebesar Rp20.000, sedangkan pada akhir pekan, harganya naik menjadi Rp30.000.

Sementara itu, untuk memesan hidangan, pengunjung perlu memperhatikan bahwa ada batasan minimum pemesanan dengan biaya sebesar Rp350.000 untuk empat orang dan Rp750.000 untuk delapan orang.

Daya Tarik Kampung Sabin

Kampung Sabin adalah sebuah destinasi wisata yang memikat dengan berbagai daya tarik yang ditawarkannya. Bagi yang penasaran mengenai daya tariknya adalah sebagai berikut:

1. Konsep Kampung Nuansa Bali

Konsep Kampung Sabin yang menghadirkan nuansa Bali adalah salah satu faktor utama yang membuatnya istimewa.

Dengan arsitektur yang mengingatkan pada rumah tradisional Bali, hiasan-hiasan khas Bali, dan taman-taman yang indah, pengunjung akan merasa seolah-olah mereka berada di pulau dewata.

Konsep ini memberikan pengalaman unik bagi para wisatawan yang ingin merasakan atmosfer Bali tanpa harus bepergian jauh. Dengan demikian, Kampung Sabin menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin menjelajahi keindahan budaya Indonesia tanpa harus meninggalkan Cirebon.

2. Banyak Aktivitas Menarik

Selain konsepnya yang unik, Kampung Sabin juga menawarkan berbagai aktivitas yang menarik bagi pengunjung dari segala usia. Mulai dari kegiatan edukatif seperti kunjungan ke museum mini yang mengenalkan budaya lokal dan sejarah Kampung Sabin, hingga kegiatan rekreasi seperti bermain di taman bermain atau bersepeda mengelilingi kampung.

Pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar Kampung Sabin dengan berjalan-jalan di sepanjang sungai yang mengalir di sekitar kampung.

Dengan begitu, pengunjung tidak akan kehabisan hal yang bisa dilakukan di Kampung Sabin, baik untuk bersenang-senang maupun untuk memperluas pengetahuan mereka tentang budaya dan sejarah setempat.

3. Kuliner Khas Cirebon

Salah satu keistimewaan Kampung Sabin adalah keberadaan beragam kuliner khas Cirebon yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Di sini, mereka dapat menemukan hidangan-hidangan lezat seperti tahu gejrot, empal gentong, nasi jamblang, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya menikmati makanan tersebut, pengunjung juga dapat mempelajari cara memasaknya melalui kelas memasak yang diselenggarakan di kampung ini.

Melalui pengalaman ini, wisatawan tidak hanya memuaskan lidah mereka dengan cita rasa khas Cirebon, tetapi juga dapat membawa pulang keterampilan baru dalam memasak hidangan-hidangan tersebut di rumah mereka.

Dengan begitu, Kampung Sabin tidak hanya menjadi destinasi kuliner yang menggugah selera, tetapi juga tempat untuk belajar dan mengapresiasi kekayaan kuliner Indonesia.

Itulah penjelasan mengenai wisata Kampung Sabin Cirebon. Pada pembahasan di atas tadi, terdapat lokasi hingga jam buka yang sudah dijelaskan secara lengkap. Selain itu pembahasan di atas juga membahas daya tarik yang dapat dinikmati di wisata kampung sabin cirebon ini.

You might like