Mesjid-Mesjid Terkenal di Kota Bandung Sebagai Destinasi Wisata Religi

35 Likes Comment
Mesjid-Mesjid Terkenal di Kota Bandung

Mesjid-mesjid terkenal di kota Bandung, bisa saja hanya dianggap sebagai tempat peribadatan teramai. Namun demikian, tak bisa dipungkiri juga jika keberadaan mesjid terkenal di mana pun biasa digunakan sebagai destinasi wisata religi.

Wisata religi dengan menggunakan mesjid sebgai objek wisatanya, memang terkesan tak lazim. Ketidaklazimannya tentu saja berkaitan dengan pemaknaan antara wisata dan fungsi mesjid sebagai tempat ibadat yang memang kontradiktif. Di satu sisi, wisata lebih berkaitan pada kegiatan refreshing atau kegiatan yang menyenangkan. Sementara ibadah lebih pada kegiatan individu yang biasanya  dilakukan dengan cara khusuk.

Wisata di Mesjid Bandung
Wisata di Mesjid Bandung | Foto : www.islamedia. (co)

Namun, kenyataan yang berkembang di lapangan menunjukkan hal yang berbeda. Banyak di antara pengunjung mesjid yang tertarik untuk mengetahui sejarah dan kegiatan yang ada di mesjid yang bersangkutan. Contoh sederhana adalah, memanfaatkan mesjid sebagai latar belakang foto selfie. Atau memanfaatkan area atau fasilitas mesjid sebagai sarana bermain. Lalu, seperti apa mesjid-mesjid terkenal di kota Bandung yang biasa digunakan sebagai destinasi wisata.

1. Mesjid Raya Bandung yang dikenal juga sebagai Mesjid Agung Bandung. Mesjid yang berada di pusat kota atau alun-alun Bandung ini, memang merupakan mesjid teramai di kota Bandung. Pengunjung yang beribadah di mesjid ini lebih banyak dilakukan oleh para wisatawan atau warga Bandung yang sedang berada di kawasan alun-alun.

Masjid Raya Bandung
Masjid Raya Bandung | Foto : www.bandungtourism.(com)

Namun demikian, mesjid ini pun kerap digunakan sebagai objek wisata. Terutama setelah terbukanya menara kembar mesjid ini untuk umum. Tak bisa dipungkiri jika terbukanya menara mesjid ini, telah mengundang kunjungan wisata baik wisatawan domestik mau pun wisatawan mancanegara untuk melihat situasi Bandung dari ketinggian. Selain itu, lapangan alun-alun yang kembali dialihfungsikan sebagai area terbuka hijau, secara langsung telah menambah kunjungan wisata ke mesjid ini.

Masjid Salman Bandung
Masjid Salman Bandung | Foto : www.tempo. (co)

2. Mesjid Salman Bandung yang seringkali dikatakan sebagai mesjid ITB. Mesjid ini memang berada di kawasan ITB, tepatnya di Jalan Ganesa Bandung. Yang menarik dari mesjid ini adalah kegiatan-kegiatan berupa pendidikan agama Islam yang bisa diikuti oleh masyarakat umum. Selain kegiatan pendidikan, arsitekturnya yang unik kerap menjadi daya tarik pengunjung sebagai latar belakang untuk berpose.

Di samping dua mesjid di atas, masih banyak lagi mesjid-mesjid terkenal di kota Bandung yang kerap digunakan sebagai destinasi wisata religi. Semisal mesjid Daaru Tauhid yang terkenal juga dengan mesjid AA Gym.

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *