Keunikan Umbul Sidomukti Semarang di Lereng Gunung Ungaran

Sebandung.com – Semarang memiliki destinasi wisata yang sangat banyak dan menyenangkan untuk berlibur. Wilayah Kota Semarang terdiri dari dua daerah yang unik yaitu Semarang bawah dan Semarang atas. Semarang bawah merupakan daerah kota yang berhubungan dengan laut. Sedangkan Semarang atas merupakan daerah pegunungan. Kontur wilayah yang berbeda tersebut menyebabkan Semarang memiliki banyak pilihan tempat wisata.

Screenshot
Tangkapan layar Youtube @SikidangAdventure

Di Semarang atas ada destinasi wisata alam yang asyik banget. Letaknya di lereng Gunung Ungaran yang menjadi gunung paling ramah bagi pendaki pemula dan gunung tertinggi di Kabupaten Semarang. Pemandangan alam yang disuguhkan mampu memanjakan mata. Ditambah kesejukan udaranya yang menyegarkan dapat menjadi tujuan wisata ketika berkunjung ke Semarang. Salah satu tujuan wisata yang unik itu adalah Umbul Sidomukti.

Nah, ada fakta yang harus diketahui oleh wisatawan tentang destinasi wisata Umbul Sidomukti Semarang. Yuk, kita telusuri keunikannya!

  1. Kolam renang dengan 3 formasi.

Kolam renang di Umbul Sidomukti terdiri dari 3 buah yang bertingkat dengan kedalaman berbeda. Kolam paling atas memiliki kedalaman 1,5 meter. Sedangkan kolam paling bawah sangat dangkal dan disediakan untuk bermain air anak-anak. Bentuk tingkatan kolamnya sangat unik. Pemandangan lembah yang hijau dapat terlihat ketika berenang di kolam. Biasanya digunakan sebagai sudut terbaik saat berfoto. 

  1. Desain kolam terkesan alami.

Dinding dan dasar kolam renang didesain alami memakai batu-batuan agar terkesan natural. Air kolam renang yang digunakan diperoleh dari mata air Gunung Ungaran sehingga terasa segar dan airnya terus berganti sehingga terjaga kebersihannya.   

  1. Air kolam terasa sangat dingin.

Air yang ada di kolam Umbul Sidomukti sangat dingin dan segar. Tentu saja airnya sangat dingin karena destinasi wisata ini berada di ketinggian 1.200 Mdpl. 

  1. Pemandangan Kota Semarang terlihat indah.

Dari Umbul Sidomukti yang berada di ketinggian Gunung Ungaran, dapat terlihat keindahan pemandangan Kota Semarang dari atas. Bukit-bukit yang hijau yang menyegarkan mata juga dapat dinikmati dengan leluasa.

  1. Mempunyai wahana seru pemacu adrenalin.

Bagi yang senang dengan permainan pemacu adrenalin, tidak perlu khawatir. Di destinasi wisata ini tidak hanya menyediakan kolam renang saja tetapi ada beberapa wahana permainan yang seru pemacu adrenalin. Cukup banyak wahana permainan yang dapat dipilih seperti flying fox, ATV, marine bridge, highest triangle dan sepeda awang dengan harga sangat terjangkau.

  1. Merupakan Wahana Flying Fox tertinggi di Jawa Tengah.

Wahana flying fox yang ada di Umbul Sidomukti mempunyai ketinggian mencapai 70 meter dan panjang lintasan 110 meter. Flying fox ini menjadi yang tertinggi di Jawa Tengah. Sangat memacu adrenalin dan pastinya memberi kesan yang berbeda saat melewati ketinggian yang cukup ekstrem. Tidak perlu khawatir akan keamanannya karena dirawat dan diawasi oleh profesional dengan baik. 

  1. Terdapat Cafe Pondok Kopi dan Goa Tirta Mulya.

Naik sedikit dari Umbul Sidomukti, wisatawan dapat menikmati kopi dengan berbagai jenis di Cafe Pondok Kopi. Disini juga terdapat Goa Tirta Mulya yang eksotis. Saat masuk ke dalam goa dan tiba di ujung, wisatawan akan bertemu dengan balkon yang menyuguhkan keindahan bukit dan jurang.

Berwisata ke destinasi alam memang sangat menyenangkan. Pemandangan alam yang mengasyikkan dan segarnya air di Umbul Sido Mukti sayang sekali jika dilewatkan. Sempatkan untuk menikmati keindahan dan keunikan Umbul Sidomukti saat berkunjung ke Semarang, ya!  

Penulis: Irmawati