Situ Cileunca Pangalengan – Tempat Wisata Alam Di Bandung dengan Sejuta Keindahan dan Wisata Didalamnya!

Situ Cileunca, Pangalengan, Bandung Selatan

Situ Cileunca, Pangalengan, Bandung Selatan | Foto : popnas2015(dot)com

Bukan rahasia lagi jika Bandung menyimpan berjuta tempat wisata alam yang tidak diragukan lagi keindahannya. Salah satu tempat wisata alam di Bandung yang banyak dikagumi dan dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai kalangan adalah Situ Cileunca Pangalengan.

Seperti yang sudah banyak diketahui, wilayah Kabupaten Bandung, khususnya wilayah Pangalengan menyimpan berjuta pesona alam yang sayang untuk dilewatkan. Banyak panorama alam di kawasan ini yang menarik perhatian, salah satunya adalah Situ Cileunca, Pangalengan. Disini, pengunjung bisa berwisata alam dengan suasana sejuk, penuh kedamaian, dan bisa menjadi tempat yang inspiratif.

Wisata Alam Di Situ Cileunca Pangalengan, Bandung

Wisata Alam Di Situ Cileunca Pangalengan, Bandung | Foto : www(dot)infofotografia(dot)com

Situ Cileunca saat ini memang tengah populer dikalangan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun asing. Hamoni alam yang sangat indah membuat tempat ini banyak dikunjungi oleh orang-orang yang membutuhkan suasana ketenangan, damai, dan juga suasana romantis.

Tidak hanya itu, hawa sejuk khas Bandung juga sangat terasa ketika berada di kawasan Situ Cileunca ini. Karena lokasinya yang dikelilingi oleh gunung-gunung, seperti Gunung Papandayan, Gunung Malabar, dan Gunung Sepuh, tidak heran jika udara sejuk, dingin khas pegunungan sangat terasa ketika berada di tempat ini.

Situ Cileunca Pangalengan

Situ Cileunca Pangalengan, Bandung

Situ Cileunca Pangalengan, Bandung | Foto : www(dot)flickr(dot)com

Situ Cileunca merupakan tempat wisata alam yang berada di kawasan Bandung Selatan. Tempat wisata yang satu ini berupa danau seluas 1.400 hektar dan berada di dataran tinggi atau pegunungan Pangalengan Bandung. Maka tidak heran jika suasana dan hawa yang ada disekitar tempat tersebut terasa sejuk dan nyaman.

Sebenarnya, danau yang dikenal sebagai Situ Cileunca ini merupakan danau yang berfungsi sebagai pembangkit listrik atau PLTA. PLTA yang berada di ketinggian 1100 DPL di atas permukaan laut ini mendapat suplai air dari aliran sungai utama Palayangan. Dengan kondisi alam yang masih asri serta dikelilingi oleh keindahan alam yang mempesona, tidak heran jika tempat ini sering dijadikan tempat berwisata bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

Jembatan Cinta Situ Cileunca

Jembatan Cinta Situ Cileunca | Foto : trakupu(dot)tumblr(dot)com

Ada beberapa spot menarik yang bisa dikunjungi di tempat wisata alam di Bandung ini. Selain danau dengan air yang jernih dan nampak berwarna biru kehijauan, di Situ Cileunca juga ada beberapa spot yang memiliki keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Jembatan Cinta misalnya, disini pengunjung bisa menyalurkan hobinya dalam berfoto ria atau berselfie. Dengan kualitas kamera yang mumpuni dan pencahayaan yang pas, pengunjung bisa menghasilkan foto layaknya berada di luar negeri.

Jembatan Cinta yang berada di Situ Cileunca sebenarnya merupakan sarana transportasi yang dimaksudkan untuk memudahkan warga setempat. Sebelum adanya jembatan ini, warga harus jalan memutar untuk bisa sampai ke desa lain. Kemudian, secara swakelola pemerintah setempat membangun jembatan unik berwarna merah yang kemudian banyak dijadikan destinasi wisata baru bagi wisatawan lokal maupun asing.

Fasilitas di Situ Cileunca

Wisata Di Situ Cileunca

Wisata Di Situ Cileunca | Foto : edoitam(dot)wordpress(dot)com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Situ Cileunca merupakan salah satu tempat wisata alam yang memiliki berjuta keindahan dan pesona alam yang mengagumkan. Disini, pengunjung tidak hanya disuguhkan dengan fenomena alam yang menakjubkan tetapi juga dengan berbagai macam fasilitas yang tersedia disana.

Ya, sebagai tempat wisata alam yang mengundang banyak perhatian, Situ Cileunca menyediakan berbagai macam fasilitas wisata menarik yang memanjakan pengunjungnya. Beberapa fasilitas yang mampu mengundang banyak perhatian wisatawan di antaranya adalah;

1. Camping Ground

Camping Ground Di Situ Cileunca Pangalengan

Camping Ground Di Situ Cileunca Pangalengan | Foto : sky-adventure(dot)com

Sebagai tempat wisata alam dengan sejuta keindahan, tentu tempat tersebut sangat istimewa untuk dinikmati, baik saat pagi, siang, atau pun malam hari. Untuk itu, pihak pengelola kemudian membuat suatu area camping yang dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Ada Bumi Perkemahan yang bisa menampung wisatawan yang ingin bermalam atau menikmati keindahan alam Situ Cileunca. Area perkemahan yang berada persis di pinggir danau ini membuat siapa pun dapat merasakan nuansa camping yang berbeda.

2. Rafting

Rafting Di Situ Cileunca Pangalengan

Rafting Di Situ Cileunca Pangalengan | Foto : www(dot)mawaholiday(dot)com

Kegiatan wisata air, terutama rafting ternyata tersedia di Situ Cileunca. Kegiatan rafting di tempat wisata alam tersebut menggunakan air dari bendungan Cileunca (PLTA). Meskipun Situ Cileunca terlihat menenangkan dan membuat nyaman, namun nyatanya air keluaran bendungan yang satu ini cukup deras dan bisa dijadikan track rafting yang cukup menantang. Hal ini terlihat dari Sungai Palayangan yang menjadi muara raftin, yang memiliki tingkat kesulitan yang beragam.

3. Wisata Air

Wisata Air Di Situ Cileunca Pangalengan

Wisata Air Di Situ Cileunca Pangalengan | Foto : www(dot)gravity-adventure(dot)com

Situ yang juga merupakan PLTA ini juga menawarkan wisata air yang menarik untuk dicoba. Pihak pengelola menyediakan perahu yang bisa disewa pengunjung untuk bisa menikmati danau cantik dengan latar pegunungan dan pohon-pohon yang dapat membuat nyaman dan tentram. Pengunjung juga bisa memancing disekitar danau yang memiliki beberapa jenis ikan, seperti mujair, tawes, hingga sepat.

4. Mengunjungi Kebun Strawberry dan Arbei

Mengunjungi Kebun Strawberry dan Arbei

Mengunjungi Kebun Strawberry dan Arbei | Foto : twasitucileunca(dot)wordpress(dot)com

Strawberry merupakan jenis tanaman yang tumbuh subur di dataran tinggi, termasuk Pangalengan. Di kawasan Situ Cileunca, Pangalengan juga terdapat fasilitas kebun strawberry. Pengunjung bisa memetik dan menikmati buah strawberry langsung dari tempatnya. Untuk bisa menikmati sensasi tersebut, pengunjung harus menyebrang menggunakan perahu dengan tariff Rp 5.000 per orang.

Akses Menuju Situ Cileunca Pangalengan

Akses Menuju Situ Cileunca Pangalengan

Akses Menuju Situ Cileunca Pangalengan | Foto : www(dot)tumblr(dot)com

Untuk bisa mengunjungi tempat ini, pengunjung dari Bandung bisa menggunakan bis ukuran ¾ jurusan Kebon Kalapa – Pangalengan. Tariff ongkos bis Bandung – Pangalengan ini sekitar Rp 10.000 per orang dengan waktu tempuh sekitar 2 hingga 3 jam.

Pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, bisa melalui jalur Bandung – Katapang – Banjaran – Pangalengan. Dari pertigaan Pangalengan, pengunjung bisa ambil jalur kiri menuju Garut. Sekitar 5 kilometer dari pertigaan tersebut, Situ Cileunca bisa langsung terlihat keasriannya. Untuk bisa masuk ke kawasan tempat wisata alam di Bandung ini, pengunjung diharuskan membayar tiker masuk sekitar Rp 2.500 per orang.

Tunggu apalagi? Ayo segera jadwalkan hari liburan ke tempat wisata di Bandung yang satu ini.

Baca juga : 4 dari Puluhan Pantai Di Sukabumi Ini Mampu Mengalahkan Keseruan Wisata Di Luar Negeri!

Add Comment