BALITSA Lembang – Tempat Wisata Alam di Bandung Barat yang Menyenangkan dan Menambah Wawasan

Wisata BALITSA Lembang

Wisata BALITSA Lembang | Foto : balitsa.litbang.pertanian(dot)go(dot)id

Sebagai kota yang memiliki kontur alam yang mengagumkan, Bandung memang memiliki banyak tempat wisata alam yang mempesona. Dari mulai danau, air terjun, perbukitan, hutan, hingga pegunungan memiliki daya tarik tersendiri untuk kalangan pecinta alam. Salah satu objek wisata alam yang juga menawarkan keindahan lebih dari tempat lainnya adalah BALITSA Lembang.

BALITSA Lembang merupakan sebuah kawasan yang dijadikan tempat untuk meneliti berbagai sayuran yang ada di Bandung, bahkan Indonesia. Sama seperti namanya, BALITSA merupakan Blaia Penelitian Tanaman dan Sayuran yang ada di Lembang Bandung, Jawa Barat.

BALITSA Lembang

BALITSA Lembang | Foto : sundari075210.student.ipb(dot)ac(dot)id

Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran sendiri termasuk ke dalam salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang berada di bawah Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura. Selain berkoordinasi, BALITSA ini juga bertanggungjawab dalam pengembangan pertanian di Indonesia.

Wisata di BALITSA Lembang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, BALITSA merupakan sebuah balai penelitian yang focus pada penelitian tanaman dan sayuran yang ada di Indonesia. Dengan kata lain bahwa BALITSA merupakan unti pelaksanaan teknis yang berada di bawah koordinasi dari Pusat Pengembangan Hortikultura.

Pusat Pengembangan Hortikultura

Pusat Pengembangan Hortikultura | Foto : gjb311rahkasiwi(dot)wordpress(dot)com

Disamping itu, BALITSA juga ternyata menjadi tempat idaman bagi sebagian orang yang ingin berwisata alam yang berbeda dengan yang lainnya. Ya, kini BALITSA sering dikunjungi oleh wisatawan, terutama anak muda yang ingin hits dibanding kawan-kawannya. Suasana asri, sejuk, serta pemandangan alam yang nampak di kawasan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan muda yang ingin ngehits di antara teman-temannya.

BALITSA yang merupakan balai penelitian tanaman dan sayuran dipenuhi dengan tanaman, pepohonan, serta suasana sejuk dan asri disekitar lingkungannya. Itulah yang membuat anak muda banyak berkunjung ke tempat ini untuk berfoto dan mempostingnya di media social pribadinya. Tentu, tempat wisata alam yang indah dan memiliki pemandangan yang luar biasa saat ini menjadi tujuan banyak anak muda. Hal ini dikarenakan eksistensi di media social dapat menjadi ajang anak muda untuk lebih hits dibanding teman-temannya. Termasuk berfoto di tempat indah seperti BALITSA yang mengagumkan dan terlihat menakjubkan dijepretan kamera.

Wisata Di Balitsa Lembang

Wisata Di Balitsa Lembang | Foto : www(dot)tumblr(dot)com

Banyak spot ditempat ini yang bisa menjadi latar pengunjung untuk berfoto, salah satunya di antara jajaran pohon pinus yang seakan menampilkan bahwa pengunjung sedang berada di luar negeri. Jajaran pohon pinus yang berada di sisi kanan kiri jalan membuat seolah-olah pemandangan berada di Amerika Serikat.

BALITSA yang terletak di kaki Gunung Tangkuban Parahu ini juga memiliki pemandangan sekitar yang indah. Ditengah-tengah tempat penelitian tanaman dan sayuran tersebut, banyak spot-spot menarik yang bisa dijadikan latar foto pengunjung. Hamparan tanaman sayuran yang berada di kawasan BALITSA bisa mnejadi latar foto paling menakjubkan di antara yang lain.

Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran Lembang

Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran Lembang | Foto : balitsa.litbang.pertanian(dot)go(dot)id

Kawasan pertanian yang terletak di dataran tinggi Bandung ini semakin dipercantik dengan suasana dan udara yang sejuk yang secara alami datang dari pegunungan sekitar. Tidak hanya itu, berbagai jenis sayuran yang ditanam dikawasan ini juga memberikan pemandangan untuk berfoto yang tidak kalah menariknya. Tanaman seperti cabai, bawang, bayam, dan sayuran lainnya yang berwarna-warni menambah semarak keindahan di kawasan penelitian tanaman dan sayuramn tersebut.

Rumah kaca atau green house yang menjadi tempat untuk meneliti suatu tumbuhan pun bisa dijadikan spot berfoto menarik untuk pengunjung yang memang ingin memuaskan hasrat dalam bidang fotografinya. Ada juga wisata ilmiah sayuran dan buah-buahan yang bisa menjadi objek wisata altrnatif bagi Anda yang bosan dengan tempat wisata yang begitu-begitu saja. Maka tidak heran jika tempat ini menjadi tempat wisata alam menarik dan berbeda di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung tersebut.

Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran

Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran | Foto : julianhaynes(dot)deviantart(dot)com

Bagaimana? Menarik bukan? Tidak hanya bisa dijadikan sebagai tempat penelitian tanaman dan sayuran, BALITSA juga bisa menjadi tempat wisata yang menyediakan tempat berfoto yang ciamik serta wisata ilmiah yang bisa menambah wawasan pengunjungnya. Lokasinya yang terletak tidak jauh dari Tangkuban Perahu, tepatnya di Jl. Tangkuban Perahu No. 517, Lembang Bandung Barat, membuat siapa saja dapat dengan mudah menemukannya.

Baca juga : 4 dari Puluhan Pantai Di Sukabumi Ini Mampu Mengalahkan Keseruan Wisata Di Luar Negeri!

Add Comment