5 Kuliner Sukabumi Ini Mampu Menggoyang Lidah Anda Siang Hingga Malam!

Kota Sukabumi

Kota Sukabumi | Foto : www(dot)flickr(dot)com

Sukabumi merupakan sebuah kota di Tanah Pasundan yang berada di Provinsi Jawa Barat. Kota ini menyimpan begitu banyak keindahan alam dan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya itu, kuliner Sukabumi pun sering menjadi alasan wisatawan untuk kembali ke kota yang di memiliki semboyan Reugreug Pegeuh Repeh Rapih ini.

Banyak kuliner khas Kota Sukabumi yang banyak diminati oleh para wisatawan, baik lokal maupun asing. Kuliner-kuliner khas Sukabumi ini dinilai memiliki citarasa yang khas dan juga tidak dapat ditemukan di kota-kota lain. Berikut ini beberapa makanan atau kuliner khas asal Kota Sukabumi yang sayang dilewatkan;

1. Bubut Ayam Bunut

Bubut Ayam Bunut

Bubut Ayam Bunut | Foto : id(dot)openrice(dot)com

Bubur ayam Bunut merupakan salah satu kuliner legendaries khas Sukabumi. Kuliner yang satu ini tidak hanya menyajikan bubur ayam seperti pada umumnya. Bubur ayam Bunut ini dilengkapi dengan tulang ayam dan kroket yang diracik dengan proses pengolahan makanan yang sudah ada sejak 30 tahun yang lalu.

Bubut Ayam Bunut Khas Sukabumi

Bubut Ayam Bunut Khas Sukabumi | Foto : www(dot)youtube(dot)com

Sebagai kuliner legendaries Sukabumi, bubur ayam bunut ini banyak disajikan di tempat makan yang ada di kota mochi tersebut. Banyak juga kedai-kedai dipinggir jalan yang menyajikan bubur ayam bunut khas Sukabumi. Bubur ayam bunut ini biasanya dijual dari pagi hingga sore hari. Dengan harga berkisar Rp 10.000 hingga Rp. 15.000, Anda bisa menikmati kelezatan bubur ayam bunut yang tidak bisa ditemukan di kota-kota lain.

Ada banyak tempat yang menyediakan bubur ayam bunut khas Sukabumi ini. Salah satunya di depan lapangan Merdeka Sukabumi, Jl. Selabintana. Ada dua tempat yang bisa dicoba bubur ayam bunut, di depan lapangan berupa gerobak biasa dan sebuah resto lengkap dengan akses WiFinya.

2. Mochi Kaswari

Mochi Kaswari

Mochi Kaswari | Foto : www(dot)republika(dot)co(dot)id

Kuliner Sukabumi lainnya yang juga menjadi ikon kota ini adalah mochi. Mochi memang banyak beredar dimana-mana, namun hanya mochi Sukabumi yang terkenal hingga luar daerah. Di Sukabumi sendiri, banyak sekali penjual mochi dan jenis-jenis mochi yang tersebar seantero kota ini. Namun, di antara banyaknya mochi-mochi yang ada, mochi merk Lampion lah yang banyak disukai.

Teksturnya yang lembut serta rasanya yang lezat, membuat mochi Lampion ini banyak dipilih oleh wisatawan, baik lokal maupun asing. Memang, jika dibandingkan dengan merk mochi lain, mochi Lampion ini terbilang cukup mahal. Namun, dengan kualitas, rasa, dan ukurannya yang istimewa, harga yang dibanderol untuk mochi ini pun tidak mengurangi keistimewaan mochi khas Sukabumi tersebut.

Mochi Khas Sukabumi

Mochi Khas Sukabumi | Foto : www(dot)harnas(dot)co

Bagi pengunjung yang ingin menikmati mochi khas Sukabumi ini, bisa langsung ke tempatnya di Jl. Bhayangkara Gg. Kaswari II No. 19, Sukabumi. Karena keistimewaannya, mochi Lampion ini tidak membuka cabang dimana pun. Jadi, untuk mendapatkannya cukup mendatangi alamat tersebut.

3. Bandros Ata

Bandros Ata

Bandros Ata | Foto : www(dot)tempo(dot)co

Bandros Mang Ata atau Bandros Ata merupakan salah satu kuliner malam yang ada di Sukabumi. Kuliner yang satu ini memang tidak asing lagi dikalangan pecinta kuliner Nusantara, terutama Jawa Barat. Namun, bandros Ata yang ada di Sukabumi ini mampu memberikan sensasi lebih dibanding bandros-bandros yang ada di kota lainnya.

Bandros Khas Sukabumi

Bandros Khas Sukabumi | Foto : tempatmakanmana(dot)blogspot(dot)com

Bandros Ata biasanya buka pada malam hari, mulai dari pukul 8 malam hingga pukul 6 pagi. Dengan harga Rp 5.000, pengunjung bisa menikmati suasana malam Kota Sukabumi sambil menyantap lezat bandros khas yang tiada duanya. Disini juga disediakan teh khas bandros Mang Ata yang memiliki ciri khas tersendiri. Dengan warna yang kehijauan dan tidak terlalu kental, teh Mang Ata ini sangat menyatu dengan bandros yang disediakan.

Bagi Anda yang penasaran dengan rasa dan suasana di kedai Bandros Mang Ata ini, langsung saja datang ke Jl. Gudang No. 4 Sukabumi, Jawa Barat. Meskipun buka dari malam hari hingga pagi buta, kedai milik Mang Ata ini tidak pernah sepi lho.

4. Geco (Toge Tauco)

Geco (Toge Tauco)

Geco (Toge Tauco) | Foto : liburmulu(dot)com

Sama dengan namanya, geco merupakan kuliner Sukabumi yang berbahan dasar toge dan tauco. Biasanya geco ini sering disantap sebagai penganan sarapan pagi. Banyak penjual geco yang setiap pagi melayani pelanggan yang ingin memulai harinya dengan sarapan geco.

Ada banyak bahan dasar yang melengkapi menu geco yang kini menjadi favorit banyak orang. Selain toge dan tauco, bahan lain yang juga memberikan rasa lebih pada makanan khas Sukabumi ini di antaranya adalah kupat atau ketupat, kecap sebagai bumbu pelengkap, kentang rebus, hingga mie yang mampu membuat perut kenyang.

Geco Khas Sukabumi

Geco Khas Sukabumi | Foto : www(dot)yukpegi(dot)com

Untuk bisa menikmati hidangan yang satu ini, pengunjung cukup merogoh kocek sebesar Rp 7.000 hingga Rp 10.000. Salah satu kedai geco yang banyak dikunjungi oleh pecinta kuliner adalah kedai geco yang berada di Jl. Jendral Sudirman, tepatnya di depan RS. Assyifa, Sukabumi.

5. Piscok Cakra (Pisang Coklat)

Piscok Cakra Sukabumi

Piscok Cakra Sukabumi | Foto : jelajahsukabumi(dot)com

Piscok atau pisang coklat Cakra Sukabumi memang tidak pernah sepi pengunjung. Sebuah kedai yang menawarkan makanan berbahan dasar pisang ini banyak diminati oleh semua kalangan. Bahkan, tidak sedikit wisatawan asing yang jauh-jauh datang ke Sukabumi untuk mencicipi pisang coklat Cakra ini.

Piscok Cakra berada di halaman Toserba Tiara di Jl. AR. Hakim, tepatnya di seberang Bank Mandiri, Sukabumi Jawa Barat. Keistimewaan kuliner khas Sukabumi ini adalah coklatnya yang meleleh dan mengundang penasaran. Seperti taglinenya, Piscok Cakra Beda, Coklatnya Meledak Dimulut, pisang coklat disini memang tidak perlu diragukan lagi. Rasa pisang yang khas, tingkat kematangan pisang yang juga cukup, ditambah coklat yang manis dan banyak membuat siapapun tidak akan mampu menolak penganan yang satu ini.

Piscok Cakra

Piscok Cakra | Foto : jelajahsukabumi(dot)com

Pisang Coklat Cakra dibandrol dengan harga berkisar Rp 7.000 hingga Rp 24.000. Setiap harga dibedakan dengan besar kecilnya porsi, ada porsi besar maupun porsi kecil. Namun, keduanya tetap memiliki rasa yang istimewa. Untuk menu minuman di Piscok Cakra, semua minuman dibanderol dengan harga berkisar antara Rp 5.000 ke atas.

Itulah beberapa kuliner Sukabumi yang bisa Anda coba. Ayo segera, buktikan kelezatan dan kenikmatannya.

Baca juga : Tempat Wisata di Bandung Barat yang Punya Keunikan

Add Comment