Ragam Tempat Wisata Di Sukabumi yang Legit Seperti Moci

Tempat Wisata Di Sukabumi

Tempat Wisata Di Sukabumi | Foto : id(dot)wikipedia(dot)org

Sukabumi merupakan sebuah kota yang saat ini bisa dikatakan cukup berkembang. Kota yang terkenal dengan penganan mocinya ini mampu menarik perhatian wisatawan yang berkunjung kesana. Tidak hanya kulinernya, tempat wisata di Sukabumi pun memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing. Berikut ini, beberapa tempat wisata yang ada di Sukabumi yang sayang untuk dilewatkan;

Wisata Pantai Di Sukabumi

Wisata Pantai Di Sukabumi

Wisata Pantai Di Sukabumi | Foto : kmk312dewi(dot)wordpress(dot)com

Sebagai kota yang berada di pesisir Jawa Barat, Sukabumi memiliki beberapa pantai yang bisa menjadi referensi tempat wisata yang mengasyikan. Beberapa pantai yang terkenal di kota ini di antaranya adalah sebagai berikut;

•    Pantai Cibangban

Pantai Cibangban

Pantai Cibangban | Foto : siliwangitrans(dot)com

Pantai Cibangban erupakan salah satu pantai di Sukabumi yang banyak dikunjungi wisatawan. Karakteristik ombaknya yang cukup tenang membuat pantai ini sering dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Pengunjung bisa berenang di pinggir pantai tanpa khawatir akan terjangan ombak.

Senja Di Pantai Cibangban Sukabumi

Senja Di Pantai Cibangban Sukabumi | Foto : panduanwisata(dot)id

Letaknya sekitar 1 kilometer dari Pelabuhan Ratu membuat pantai ini sering menjadi tempat wisata alternatif di Sukabumi. Disekitar pantai ini, terdapat banyak hotel dan cottage yang bisa melayani pengunjung yang ingin berlama-lama di Pantai Cibangban.

•    Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng | Foto : disewain(dot)com

Bagi wisatawan yang hobi berselancar, Pantai Ujung Genteng memberikan sarana yang cukup baik. Ombak pantai ini cukup besar, sehingga dapat menjadi tempat orang untuk menyalurkan hobinya dalam hal berselancar.

Pada umumnya, Pantai Ujung Genteng ini sudah memiliki kepopuleran dikalangan wisatawan. Selain ombaknya yang memang cocok untuk dijadikan lahan berselancar, pesisir pantai putihnya pun sangat menyenangkan untuk dikunjungi. Ada juga tempat penangkaran penyu hijau dipantai ini, sehingga wisatawan tidak akan pernah bosan berada di pantai ini.

Pantai Ujung Genteng Sukabumi

Pantai Ujung Genteng Sukabumi | Foto : www(dot)penginapanujunggenteng(dot)info

Lokasi Pantai Ujung Genteng di Kecamatan Ciracap ini memang cukup jauh. Terhitung sekitar 220 kilometer dari Ibukota Jakarta, sehingga dibutuhkan waktu perjalanan yang cukup lama. Namun, hal tersebut tentunya tidak menjadi masalah, karena akan terbayar dengan keharmonisan alam yang disuguhkan di pantai berpasir putih dan gulungan ombak di Ujung Genteng ini.

•    Pantai Cimaja

Pantai Cimaja

Pantai Cimaja | Foto : bandung(dot)panduanwisata(dot)id

Sama seperti Pantai Ujung Genteng, Pantai Cimaja sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berselancar. Disini, ombaknya cukup besar, sehingga banyak pengunjung yang menjadikan pantai ini sebagai tempat bermain dengan ombak. Meskipun ombaknya cukup besar, pengunjung tidak perlu khawatir. Pantai ini aman untuk dijadikan tempat berwisata.

Surfing Di Pantai Cimaja Sukabumi

Surfing Di Pantai Cimaja Sukabumi | Foto : bandung(dot)panduanwisata(dot)id

Lokasi pantai ini berada di Desa Cimaja, sekitar 10 kilometer dari Pelabuhan Ratu. Selain ombaknya yang besar, pemandangan pantai disini pun sangatlah indah. Bahkan,banyak wisatawan yang mengatakan, pantai ini tidak kalah indahnya dibanding dengan pantai yang ada di Bali sana. Maka tidak heran, jika banyak turis mancanegara yang berlibur, menikmati pantai, hingga berselancar di pantai yang satu ini.

Wisata Adrenalin – Arung Jeram Sukabumi

Arung Jeram Sukabumi

Arung Jeram Sukabumi | Foto : www(dot)gilasport(dot)com

Selain wisata pantai, Sukabumi pun menyediakan banyak wisata adrenalin. Banyak jenis-jenis wisata adrenalin di kota ini, salah satunya adalah arung jeram. Wisata arung jeram ini biasanya dilakukan di sungai-sungai yang memiliki arus cukup deras. Berikut ini tempat wisata di Sukabumi berupa sungai yang bisa dijadikan sarana wisata arung jeram;

•    Sungai Citarik

Arung Jeram Di Sungai Citarik Sukabumi

Arung Jeram Di Sungai Citarik Sukabumi | Foto : dedendiki25(dot)blogspot(dot)com

Sungai Citarik Sukabumi merupakan sungai yang paling popular dikalangan wisatawan. Disini, pengunjung tidak hanya bisa arung jeram, tetapi juga bisa melakukan kegiatan wisata outbound lainnya, seperti paint ball, flying fox, dan lain sebagainya. Kebanyakan wisatawan yang datang ke sungai ini adalah karyawan perusahaan-perusahaan yang ingin melakukan kegiatan team building. Namun, tidak menutup kemungkinan juga jika wisatawan perorangan datang dan berwisata di tempat wisata Sungai Citarik ini.

•    Sungai Citatih

Arung Jeram Di Sungai Citatih Sukabumi

Arung Jeram Di Sungai Citatih Sukabumi | Foto : alidesta(dot)wordpress(dot)com

Sama seperti Sungai Citarik, Sungai Citatih menawarkan tempat wisata adrenalin yang bisa dicoba wisatawan. Namun yang berbeda adalah arus Sungai Citatih yang lebih deras dari Sungai Citarik. Lebar sungai serta panjang sungai pun lebih panjang dan menantang di Sungai Citatih. Oleh karena itu, kebanyakan orang yang berwisata di sungai ini merupakan seorang adventure sejati.

Wisata Alam Di Sukabumi

Wisata Alam Di Sukabumi

Wisata Alam Di Sukabumi | Foto : www(dot)initempatwisata(dot)com

Jika sebelumnya sudah dijelaskan mengenai wisata pantai dan wisata adrenalin di Sukabumi maka kali ini akan dibahas mengenai wisata alamnya. Wisata alam di Sukabumi sendiri pada umumnya sangatlah banyk. Beberapa di antaranya bahkan menjadi primadona bagi kalangan wisatawan yang berada di sekitar Sukabumi. Namun, beberapa tempat wisata di Sukabumi yang menampilkan keindahan ala mini akan menambah referensi wisata bagi wisatawan. Berikut ini beberapa wisata alam yang ada di Sukabumi;

•    Goa Buniayu

Goa Buniayu

Goa Buniayu | Foto : www(dot)golungo(dot)com

Goa Buniayu merupakan salah satu tempat wisata alam yang ada di Sukabumi. Tempat wisata ini tidak hanya memberikan pemandangan alam indah didalam goa, tetapi juga adrenalin yang banyak dibutuhkan untuk bisa mencapai goa ini.

Jelajah Goa Buniayu Sukabumi

Jelajah Goa Buniayu Sukabumi | Foto : untung09(dot)wordpress(dot)com

Untuk bisa menikmati keindahan goa ini, pengunjung diharuskan memiliki tubuh yang kuat dan juga prima. Karena medan tempuh di goa ini sangatlah terjal. Pengunjug harus melewati danau lumpur, memanjat tebing, melewati bebatuan, dan lain sebagainya untuk bisa menikmati keindahan goa. Namun, usaha pencapaian goa ini akan terbayar dengan keindahan yang hanya bisa ditemui di dalam Goa Buniayu ini.

•    Situ Gunung

Situ Gunung

Situ Gunung | Foto : sadulur-mtma(dot)blogspot(dot)com

Situ Gunung merupakan salah satu tempat wisata alam di Sukabumi berupa danau hijau. Danau ini berada persis di kaki Gunung Pangrango, sekitar 16 kilometer dari Kota Sukabumi. Banyak fotografer menjadikan lokasi ini sebagai lokasi favoritnya. Karena, keindahan alam disini sangatlah indah dan menyejukkan mata.

Eksotisme Situ Gunung Sukabumi

Eksotisme Situ Gunung Sukabumi | Foto : infoberitaku(dot)com

Tidak hanya berfoto ria, disini juga pengunjung bisa menghabiskan waktu liburannya dengan berkeliling danau menggunakan perahu, berkemah, hingga memancing. Satu hal yang harus diketahui pengunjung, di lokasi danau ini tidak banyak penerangan jalan yang memadai, sehingga pengunjung diharuskan berhati-hati. Tidak hanya itu, signal disini pun kurang memadai, oleh karena itu perlengkapan serta persiapan untuk berkunjung kesini, haruslah diperhatikan.

•    Kawah Ratu

Kawah Ratu Sukabumi

Kawah Ratu Sukabumi | Foto : www(dot)kompasiana(dot)com

Kawah Ratu merupakan kawah aktif yang berada di lereng Gunung Salak. Banyak para pecinta alam yang memfavoritkan tempat wisata ala mini. Selain tempatnya yang indah, Kawah Ratu juga memberikan sensasi berbeda kepada mereka yang memang pecinta alam. Akses menuju Kawah Ratu ini memungkinkan setiap pengunjung untuk melakukan pendakian. Waktu tempuh untuk sampai di Kawah Ratu ini sekitar 3 jam.

Tempat Rekreasi Di Sukabumi

Tempat Rekreasi Di Sukabumi

Tempat Rekreasi Di Sukabumi | Foto : dedendiki25(dot)blogspot(dot)com

Jika sebelumnya sudah dibahas mengenai wisata pantai, wisata alam, dan wisata adrenalin, tempat wisata di Sukabumi yang akan dibahas kali ini adalah tempat rekreasi. Tempat rekreasi di Kota Sukabumi sangatlah banyak. Mulai dari tempat bermain, tempat berbelanja, hingga tempat kuliner tersedia di kota mochi ini. Namun kali ini akan dibahas mengenai tempat rekreasi dan juga edukasi yang bisa dikunjungi semua kalangan. Berikut ini beberapa tempat rekreasi yang bisa menjadi referensi bagi wisatawan;

•    Taman Rekreasi Selabintana

Taman Rekreasi Selabintana

Taman Rekreasi Selabintana | Foto : norma-puspita(dot)blogspot(dot)com

Taman Rekreasi Selabintana merupakan kawasan wisata alam yang berlokasi di kaki Gunung Pangrango. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang hijau, disini juga terdapat beberapa rekreasi yang bisa dicoba oleh pengunjung, seperti lokasi perkemahan, penginapan, wahana outbound, hutan lindung, kawasan bermain, dan beberapa fasilitas lainnya. Hanya dengan membayar tiket seharga Rp 5000, pengunjung bisa berekreasi seru bersama keluarga disini.

•    Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar | Foto : m(dot)travel(dot)detik(dot)com

Kampung Ciptagelar merupakan referensi bagi wisatawan yang ingin melakukan wisata edukasi sekaligus budaya di Kota Sukabumi, Kampung Ciptagelar sendiri merupakan sebuah perkampungan adat yang masih memelihara adat budayanya sejak dahulu. Kampung ini diketahui sudah ada sejak 650 tahun yang lalu. Hingga saat ini, Kampung Ciptagelar masih memelihara dan melestarikan adat budayanya.

Kasepuhan Kampung Ciptagelar Sukabumi

Kasepuhan Kampung Ciptagelar Sukabumi | Foto : cipunaga(dot)wordpress(dot)com

Wisatawan yang berkunjung ke kampung adat ini akan menjumpai beberapa kebiasaan warga setempat yang tidak akan ditemui ditempat lain. Selain itu, keindahan alam disekitar kampung yang masih terjaga pun dapat membayar semua kerja keras wisatawan untuk bisa sampai di kampung adat tersebut. Perjalanan jauh serta akses menuju kampung ciptagelar yang tidak mulus membuat wisatawan harus bekerja keras untuk sampai ditempat tersebut.

Bagaimana? Menarik bukan tempat-tempat wisata yang ada di Sukabumi ini? Segera rencanakan waktu untuk bisa mengunjung tempat-tempat wisata di Sukabumi yang sudah dijelaskan diatas.

Baca juga : Tempat Wisata Outdoor di Bandung – Menikmati Sensasi Main di Alam Bandung!

Add Comment