Mau Liburan? 10 Tempat Wisata Di Cirebon ini Bisa Menjadi Referensi Anda!

Tempat Wisata Di Cirebon

Tempat Wisata Di Cirebon | Foto : travel(dot)kompas(dot)com

Sebagai kota yang dikenal dengan pencampuran budayanya, Cirebon terkenal sebagai salah satu kota yang menjadi tujuan wisata. Banyak tempat wisata di Cirebon yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini, beberapa tempat wisata di Kota Cirebon yang bisa menjadi referensi untuk Anda;

1. Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata Ciwaringin | Foto : www(dot)kulinerplus(dot)com

Wanawisata Ciwaringin adalah salah satu tempat wisata di Kota Cirebon yang menawarkan pemandangan hijau dari alam yang menyejukkan. Di Hari Minggu, tempat wisata yang satu ini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin refreshing di akhir pekan.

Disini pengunjung bisa menikmati kesejukkan alam dan rindangnya pepohonan yang kebanyakan merupakan pohon kayu putih. Pengunjung juga bisa memancing di danau yang berada di Wanawisata Ciwaringin ini. Danau tersebut bernama Danau Ciranca berisi ikan-ikan yang bisa dipancing oleh pengunjung.

2. Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang | Foto : masdonie(dot)blogspot(dot)com

Desa Wisata Cikalahang merupakan salah satu tujuan wisata keluarga favorit yang ada di Kota Cirebon. Disini, pengunjung bisa menikmati keindahan danau pemancingan dan juga deretan rumah makan yang bisa langsung memasakkan olahan ikan yang berhasil dipancing sendiri. Bagi Anda yang penasaran dengan objek wisata ini, langsung saja kunjungi Desa Wisata Cikalakang Kecamatan Dukupuntang, Cirebon.

3. Situ Sedong

Situ Sedong

Situ Sedong | Foto : acara-event(dot)com

Situ Sedong merupakan tempat wisata berupa danau buatan. Disini, pengunjung bisa sepuasnya menikmati keindahan alam yang indah dengan hamparan air yang beriak tenang. Situ Sedong ini ramai ketika akhir pekan menjelang. Dan waktu yang tepat untuk mengunjungi siwata danau buatan ini pada sore hari.

4. Taman Ade Irma Suryani Nasution

Taman Ade Irma Suryani Nasution

Taman Ade Irma Suryani Nasution | Foto : anekatempatwisata(dot)com

Taman Ade Irma Suryani Nasution merupakan tempat wisata di Cirebon terbesar. Tempat wisata yang satu ini sering menjadi tujuan wisata keluarga ketika akhir pekan. Disini, pengunjung bisa bermain di taman bermain anak, kebun binatang mini, dan juga bisa menikmati keindahan pantai karena letaknya tidak jauh dari pelabuhan Cirebon.

5. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan | Foto : anekatempatwisata(dot)com

Keraton Kasepuhan merupakan keraton tertua yang ada di Cirebon. Keraton ini menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Cirebon yang banyak dikunjungi. Disini, pengunjung bisa melihat berbagai macam barang yang dahulu digunakan ketika keraton ini masih Berjaya. Bahkan didalamnya terdapat singgasana raja, tempat tidur raja, hingga kereta singa yang setiap 1 syawal dikeluarkan dimandikan.

6. Keraton Kanoman

Keraton Kanoman

Keraton Kanoman | Foto : areamagz(dot)com

Tidak jauh berbeda dengan Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman merupakan objek wisata sejarah di Cirebon yang banyak dikunjungi wisatawan. Disana, terdapat berbagai macam barang-barang koleksi raja pada saat itu. Letaknya yang hanya berjarak 600 meter dari Keraton Kasepuhan, membuat keraton ini tidak pernah sepi pengunjung.

7. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa | Foto : www(dot)diasrentalmobilcirebon(dot)com

Masjid Agung Sang Cipta Rasa merupakan masjid yang terletak tidak jauh dari Keraton Kasepuhan. Maka tidak heran jika masjid ini sering juga disebut sebagai Masjid Agung Keraton Kasepuhan. Disini terdapat mata air yang konon merupakan mata air yang sama dengan air zam zam yang ada di Mekkah. Banyak keunikan yang terlihat dari bangunan masjid yang satu ini. Tidak heran jika masjid di Cirebon ini tidak pernah sepi pengunjung.

8. Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi | Foto : anekatempatwisata(dot)com

Taman Sari Gua Sunyaragi merupakan taman yang dulunya digunakan oleh para raja dan keluarganya sebagai tempat untuk menenangkan diri. Sunyaragi sendiri diambil dari Bahasa Sansekerta, yaitu sunya yang berarti sepi dan ragi berarti raga. Disini pengunjung bisa menikmati hamparan pohon-pohon rindang yang menyejukkan mata.

Wisata Taman Sari Gua Sunyaragi

Wisata Taman Sari Gua Sunyaragi | Foto : www(dot)azwisata(dot)com

Tidak hanya itu, disini juga terdapat gua-gua yang jika dilihat dari luar akan nampak seperti candi-candi kecil. Disini terdapat beberapa ruang tidur dan ruang rias. Bagi pengunjung yang ingin menyantap beberapa makanan, disekitar taman ini juga terdapat beberapa tenda yang menjual makanan-makanan dan souvenir sebagai cinderamata khas Cirebon.

9. Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas Palimanan | Foto : caritempatwisata(dot)com

Banyu Panas Palimanan merupakan tempat pemandian air panas alami yang mengandung belerang. Disini, pengunjung bisa sepuasnya berendam air panas yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Bagi pengunjung yang ingin beristirahat, disekitar pemandian air panas ini terdapat gazeebo yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk beristirahat.

10. Kampung Batik Trusmi

Kampung Batik Trusmi

Kampung Batik Trusmi | Foto : www(dot)newsgood(dot)tk

Kampung Batik Trusmi merupakan salah satu kawasan yang bisa dikunjungi untuk membeli buah tangan khas Cirebon. Disini, pengunjung dapat membeli berbagai jenis batik khas Cirebon dengan harga yang lebuih murah dibanding tempat-tempat lain. Tidak hanya itu, disini juga pengunjung bisa langsung melihat proses pembuatan batik khas Cirebon yang sayang untuk dilewatkan.

Bagaimana? Penasaran dengan beberapa tempat wisata di Cirebon tersebut? Segera luangkan waktu Anda untuk mendatanginya!

Baca juga : Tempat Wisata di Bandung yang Indah di Dataran Tinggi Kota Kembang

Add Comment