Holiday! 5 Lokasi Air Terjun Ini Bisa Menjadi Destinasi Tempat Wisata di Subang yang Harus Kamu Kunjungi

Tempat-wisata-di-Subang

Air Terjun Destinasi Tempat Wisata di Subang | Foto: sanutra(dot)com

Apa yang terlintas pertama kali di dalam pikiran Anda mengenai tempat wisata di Subang? Jawabannya pasti tempat pemandian air panas Sari Ater atau orang-orang menyebutnya dengan Ciater. Ya, memang pemandian air panas Sari Ater adalah tempat wisata favorit para wisatawan.

Sebenarnya, Subang memiliki beberapa tempat wisata yang belum terjamah dan keindahannya masih terjaga dengan baik. Seperti di wilayah Selatan Subang terdapat beberapa air terjun yang mempesona.

Wilayah Selatan Subang memang memiliki kontur pegunungan dan bukit-bukit yang menghiasinya. Nah, dari bukit-bukit inilah terbentuk beberapa air terjun atau curug yang membelah celah-celah bukit. Keindahan curug di Subang menampilkan pesona alam yang luar biasa, tak kalah indahnya dengan air terjun yang lain.

5 Lokasi Air Terjun yang Menjadi Destinasi Tempat Wisata di Subang!

Selain indah dan belum terjamah, tempat wisata di Subang ini juga bisa menjadi alternatif destinasi wisata Anda bersama keluarga jika bosan dengan pemandian air panas. Lantas dimana saja tempat wisata di Subang yang berupa air terjun? Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Subang yang berupa air terjun:

1. Curug Cibareubeuy

Curug-Cibareubeuy-Tempat-Wisata-di-Subang

Curug Cibareubeuy | Foto: travel(dot)detik(dot)com

Lokasi air terjun yang menjadi tempat wisata di Subang yang pertama adalah Curug Cibareubeuy. Curug ini memiliki ketinggian hingga 40 meter. Di bawah air terjunnya terdapat kolam yang berukuran kecil yang berfungsi untuk menampung cucuran air terjun tersebut. Biasanya kolam tersebut menjadi tempat favorit para wisatwan untuk bermain air.

Saung-di-Curug-Cibareubeuy

Saung-saung di sekitar Curug Cibareubeuy | Foto: korantekno(dot)com

Disekitar curug Cibareubeuy terdapat beberapa shelter atau saung-saung untuk tempat beristirahat wisatawan. Saung-saung tersebut juga menyediakan berbagai makanan dan minuman khas Sunda. Uniknya semua hidangan yang dijajakan di tempat ini disajikan dalam tempat serba bambu.

Bukan hanya air terjunnya saja yang menarik hati, tak jauh dari lokasi Curug Cibareubeuy terdapat situs purbakala yang berjumlah empat buah, areal bumi perkemahan serta hutan pinus. Selain itu, ditempat ini juga terdapat beberapa produsen gula aren yang dapat Anda nikmati langsung.

Pemandangan-di-Curug-Cibareubeuy

Pemandangan di Sekitar Curug Cibareubeuy | Foto: travel(dot)detik(com)

Curug Cibareubeuy ini berada di Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Untuk mencapai lokasi air terjun arahkan kendaraan Anda menuju Desa Cibeusi. Perjalanan dari jalan raya Ciater-Bandung hingga Desa Cibeusi berjarak sekitar 3 kilometer. Perhitungan jarak tersebut sudah termasuk hingga pintu gerbang tempat wisata.

Kondisi jalan dari pintu gerbang ke Desa Cibeusi kini sudah di aspal, hal ini tentunya sangat memudahkan para wisatawan yang hendak berkunjung ke tempat wisata ini. Dari pintu gerbang atau pintu loket masuk Anda diharuskan berjalan kaki untuk menuju lokasi curug. Dari pintu loket hingga lokasi curug jarak yang ditempuh sekitar 2 kilometer melalui jalan setapak.

Perjalanan-Menuju-Curug-Cibareubeuy

Perjalanan Menuju Curug Cibareubeuy | Foto: wisataalambudaya(dot)blogspot(dot)com

Saat berjalan melalui jalan setapak Anda tidak akan merasa bosan, karena pemandangan di sekeliling Anda sangat indah. Pematang sawah yang hijau dan gunung-gunung yang menjulang juga terlihat sangat dekat. Cukup dengan membayar Rp7000 (harga tiket sewaktu-waktu bisa berubah) Anda bisa menikmati indahnya Curug Cibareubeuy dan pesona alam disekitarnya.

2. Curug Cijalu

Curug-Cijalu-Tempat-wisata-di-Subang-yang-Terkenal

Curug Cijalu Salah Satu Tempat Wisata di Subang yang terkenal | Foto: suetoclub(dot)wordpress(dot)com

Curug Cijalu adalah salah satu tempat wisata di Subang yang paling populer. Letaknya yang tidak terlalu sulit dan sangat mudah dijangkau menjadikan curug ini banyak dikunjungi para wisatawan. Menurut cerita yang beredar dimayarakat, dahulu curug ini bukan bernama Cijalu, melainkan Curug Cikondang. Namun, ketika seorang pendekar atau jawara datang ke daerah ini, akhirnya Curug Cikondang berubah menjadi Curug Cijalu.

Curug Cijalu memiliki ketinggian sekitar 70 meter lebih. Tumpahan airnya yang deras membelah bukit yang berada di puncak Gunung Sunda, sekitar 1300 meter di atas permukaan laut. Curug ini juga berada di kawasan cagar alam Gunung Burangrang lho.

Sama seperti Curug Cibareubeuy, Curug Cijalu juga memiki sebuah kolam kecil yang berada tepat di air terjunnya. Para wisatawan yang datang biasanya mandi dan bermain air di kolam tersebut. Tak jauh dari lokasi Curug Cijalu, ternyata terdapat beberapa air terjun lain, diantaranya Curug Putri dan Curug Cilemper. Keduanya juga tak kalah indah dan memikat dengan Curug Cijalu.

Kawasan-Curug-Cijalu

Suasana di Curug Cijalu | Foto: aguskosim2(dot)blogspot(dot)com

Pengelola tempat wisata di Subang ini juga sangat memperhatikan fasilitas yang ada disana. Warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman pun banyak ditemui di lokasi wisata ini. Selain itu, shelter atau saung-saung juga disediakan untuk tempat beristirahat. Di sekitar curug ini juga terdapat mushola dan toilet yang nyaman bagi para wisatawan.

Dengan biaya tiket masuk sebesar Rp8000 Anda bisa menikmati segarnya air terjun dan sejuknya udara di sekitar Curug Cijalu. Biaya ongkos parkir juga tak mahal. Jika Anda membawa kendaraan roda empat Anda cukup membayar Rp3000, sedangkan roda dua dikenai tarif parkir sebesar Rp1000.

Pintu-Gerbang-Curug-Cijalu

Pintu Gerbang untuk Menuju Curug Cijalu | Foto: suetoclub(dot)wordpress(dot)com

Curug Cijalu ini terletak di Desa Cipancar, Kecamatan Serang Panjang, Kabupaten Subang. Tempat wisata ini berjarak sekitar 37 kilometer dari pusat kota Subang ke arah Selatan, Anda akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam jika berangkat dari Subang. Jika Anda berangkat dari Kota Bandung Anda harus menuju arah utara dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan.

Ada jalan alternatif yang lebih mudah untuk mencapai lokasi Curug Cijalu, yaitu dengan melalui jalan raya Wanayasa. Curug Cijalu ini berjarak sekitar 5 kilometer dari jalan Wanayasa. Dari jalan Wanayasa – jalan Cagak Anda akan menemukan gerbang kawasan wisata Cijalu daerah Serang Panjang.

Untuk dapat sampai di Lokasi air terjun Anda harus berjalan kaki melalui jalan setapak sejauh 3 kilometer. Suasana pedesaan yang khas tanah Sunda dan hamaparan kebun teh akan menemani Anda selama perjalanan menuju lokasi Curug Cijalu.

3. Capolaga Adventure Camp

Capolaga-Adventure-Camp-Tempat-Wisata-di-Subang

Capolaga Adventure Camp Tempat Wisata di Subang | Foto: awibowo325(dot)wordpress(dot)com

Capolaga Adventure Camp adalah tempat wisata di Subang yang memiliki segudang keunikan. Di dalam kawasan wisata ini Anda akan disuguhkan 3 air terjun yang saling berdekatan, yaitu Curug Sawer, Curug Karembong, dan Curug Goa Badak. Ketiga curug tersebut masih berada dalam satu aliran sungai yang sama.

Curug-Sawer-di-Capolaga

Curug Sawer salah satu Curug di Capolaga | Foto: kazzahrabest(dot)wordpress(dot)com

Curug-Karembong-dan-Goa-Badak-Capolaga

Curug Karembong dan Curug Goa Badak di Capolaga | Foto: www(dot)flickr(dot)com

Jarak antar curug yang satu dengan yang lainnya hanya berjarak sekitar 300 meter. Air sungai yang berasal dari cucuran ketiga air terjunnya pun sangat jernih dan bersih. Di sungai ini biasanya para wisatawan biasanya bermain air, atau sekedar untuk mencuci muka sambil merasakan segarnya air sungai yang jernih.

Tak hanya menyuguhkan indahnya air terjun, tempat wisata di Subang ini juga menyediakan berbagai wahana permainan, seperti flying fox dan wahana outbond lainnya. Selain itu, di kawasan capolaga ini juga terdapat camping ground yang cukup luas.

Fasilitas-di-Capolaga

Fasilitas yang tersedia di Capolaga | Foto: www(doy)wisataalamcapolaga(dot)com

Fasilitas lain yang menjadi daya tarik dari tempat wisata ini adalah ruang terbuka hijau yang biasa dipakai untuk acara family gathering perusahaan. Kebersihan dan keindahan area wisata ini juga sangat dijaga dengan baik oleh pengelola capolaga.

Peta-Lokasi-Capolaga

Peta Lokasi untuk Menuju Capolaga | Foto: travel(dot)detik(dot)com

Kawasan wisata Capolaga ini hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari kawasan pemandian air panas Sari Ater. Dari gerbang Sari Ater arahkan kendaraan Anda menuju kampong Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Sagala Herang. Waktu tempuh dari tempat tersebut menuju lokasi Capolaga hanya 10 menit saja.

Harga tiket masuk ke kawasan Capolaga ini hanya sebesar Rp10.000 per orang. Biaya tersebut belum termasuk biaya perkemahan. Jika Anda ingin berkemah di Capolaga, Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp50.000.

4. Curug Cileat

Curug-Cileat-Tempat-Wisata-di-Subang

Curug Cileat Tempat Wisata di Subang | Foto: Photobucket(dot)com

Curug Cileat merupakan air terjun tertinggi se-Kabupaten Subang. Ketinggian curug ini mencapai 100 meter lebih dan berada di Gunung Canggah. Tumpahan air terjun ini membentuk sebuah kubangan atau kolam yang cukup besar. Radius kolam tersebut mencapai 40 meter lho. Tak hanya bermain air, pengunjung juga bisa berendam di kolam tersebut.

Cabang-Curug-Cileat-Subang

Dua Curug Cileat yang berbeda debit airnya | Foto: phptpbucket(dot)com

Curug Cileat ini terdiri dari dua air terjun yang saling berdampingan. Namun, bedanya curug yang satu debit airnya lebih deras dibandingkan dengan yang lainnya.

Tempat wisata di Subang ini berada di Desa Cibago, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang. Berjarak sekitar 37 kilometer dari kota Subang ke arah selatan, serta memerlukan waktu tempuh selama 2,5 jam perjalanan untuk menuju lokasi curug ini. Dari jalan raya Cagak – Cisalak arahakan kendaraan Anda menuju kampung Cibago.

Pemandangan-di-Curug-Cileat

Pemandangan di sekitar Curug Cileat | Foto: nekomimigami(dot)wordpress(dot)com

Setelah sampai di kampung Cibago, Anda harus meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 3 kilometer untuk dapat sampai di lokasi air terjun.

Fasilitas yang disediakan di tempat ini masih sangat minim, yang tersedia hanya tempat berisitirahat berupa gubuk saja. Untuk masuk ke lokasi Curug Cileat ini Anda harus membayar Rp6000 per orang.

5. Curug Bentang

Curug-Bentang-Tempat-Wisata-di-Subang

Curug Bentang tempat Wisata di Subang | Foto: apdri(dot)wordpress(dot)com

Satu lagi destinasi tempat wisata di Subang yang berupa air terjun adalah Curug Bentang. Lokasi air terjun ini sebenarnya tak jauh dari Curug Cibareubeuy. Curug Bentang terletak di perbatasan Desa Sanca dan Cibitung, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, tepatnya curug ini berada di Kampung Adat Banceuy. Curug Benting ini juga termasuk ke dalam kawasan Desa Wisata Wangun Harja.

Jika dilihat dari ktinggian terdapat dua buah curug yang bertingkat di atas sungai besar yang membelah desa Sanca dan Cibitung. Di sarankan untuk tidak melakukan kegiatan air di bawah curug ini, karena aliran sungainya cukup besar.

Kampung-adat-Banceuy-di-Curug-Bentang

Kampung adat Banceuy di Curug Bentang Subang | Foto: www(dot)kotasubang(dot)com

Kawasan Curug Bentang memiliki daya pikat tersendiri, karena di sekitar curug terdapat beberapa situs keramat yang hingga kini masih diziarahi. Beberapa situs keramat tersebut dipercayai sebagai makam para leluhur Kampung adat Banceuy, seperti makam Aki Leutik (Raden Ismail Saleh), makam Prabu jaya Tumenggung, dan makam Eyang Haji Pungkur (Haji Singadiraksa).

Upacara-Ruwatan-Bumi-Kampung-Banceuy

Upacara Ruwatan Bumi di Kampung Adat Banceuy | Foto: disparbud(dot)jabarprov(dot)go(dot)id

Di Kampung Banceuy sendiri sering diadakan upacara adat yang biasa disebut dengan Ruwatan Bumi yang dilaksanakan setiap tahunnya. Upacara adat tersebut bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan atas nikmat yang telah diberikan berupa hasil pertanian yang berlimpah. Acara ruwatan bumi di kampung ini telah berlangsung sejak tahun 1800 Masehi.

Untuk dapat menuju lokasi Curug Bentang ini Anda membutuhkan watu sekitar 40-60 menit saja melaui perjalanan darat dari Subang atau Bandung. Akses perjalanan melalui Desa Palasari, Sarireja, atau bisa melalui Kasomalang di Kecamatan jalan Cagak hingga desa Sanca.

Setelah sampai di desa Sanca atau gerbang tiket masuk Curug Bentang, Anda diharuskan berjalan kaki melalui jalan setapak sejauh 1 kilometer. Harga tiket masuk Curug Bentang pun cukup murah hanya Rp5000 per orang.

5 lokasi air terjun di atas bisa dijadikan destinasti tempat wisata di Subang jika Anda sedang berkunjung ke sana. Jangan lupa untuk selalu menjaga dan merawat alam sekitarnya ya!

Leave a Reply