Bandung Treetop Adventure Park – Wahana Outbound Seru Di Kota Bandung

Bandung Treetop

Bandung Treetop | Foto : happysparrow(dot)gameswarp(dot)com

Sebagai kota yang dikelilingi oleh keindahan alam berupa gunung dan perbukitan, Bandung memang banyak menyediakan tempat wisata yang berhubungan dengan alam. Banyak wisata di Bandung yang memanfaatkan keindahan alam disekitar kota kembang tersebut. Bahkan, kegiatan wisata alam berupa petualangan pun menjadi hal menarik untuk dicoba. Salah satu tempat wisata alam yang menyediakan tempat sekaligus kegiatan wisata alam adalah Bandung Treetop.

Wisata Treetop Di Bandung

Wisata Bandung Treetop

Wisata Bandung Treetop | Foto : www(dot)kopengtreetop(dot)com

Salah satu alternatif tempat wisata yang memacu adrenalin adalah Treetop Bandung. Treetop merupakan area outing yang menawarkan kegiatan adventure dan fun games di antara banyaknya pohon pinus yang terletak di Cikole, Lembang. Tempat yang satu ini sebenarnya terinspirasi dari wahana serupa di Perancis.

Hingga saat ini, tempat wisata yang banyak disebut sebagai Treetop Adventure Park sudah tersebar hingga seluruh penjuru dunia. Jaringan tempat tersebut hingga saat ini mencapai 350. Dimulai tahun 1995, Treetop Adventure Park ini pertama kalinya dibuka di French Alps Perancis yang berhasil menarik perhatian wisatawan sangat banyak.

Wahana Bandung Treetop

Wahana Bandung Treetop | Foto : phribandungbarat(dot)com

Berbagai jenis permainan yang menggabungkan wisata taman dan wisata petualangan mampu menarik jumlah pengunjung hingga beribu-ribu setiap harinya. Hingga tahun 2000an, Treetop Adventure Park di Perancis sendiri memiliki jaringan sekitar 45 tempat.

Di tahun 2005, Treetop Adventure Park bahkan berhasil mengembangkan jaringannya hingga seluruh penjuru Inggris, Spanyol, Italia, Swis, dan Kanada. Terdapat sekitar 300 taman petualangan yang tersebar di negara-negara maju tersebut. Baru di tahun 2006, Treetop Adventure Park memasuki kawasan Asia Pasifik, seperti Australia, Singapura, New Zealand, dan Indonesia, tepatnya Bali.

Bandung Treetop Adventure Park

Bandung Treetop Adventure Park | Foto : tempatwisatadibandung(dot)info

Sementara di Bandung sendiri, Treetop Adventure Park ini dibangun pada tahun 2010 dengan mengambil lokasi di kawasan wisata alam Lembang Bandung. Kawasan yang dipilih ini merupakan kawasan yang tepat, karena berada dalam kawasan hutan pinus yang tinggi dan merupakan kawasan wisata outbound terkenal, Cikole, Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Treetop Cikole Lembang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Bandung memiliki banyak tempat wisata yang menyediakan berbagai macam kegiatan wisata didalamnya. Salah satu tempat wisata tersebut adalah Treetop Cikole Bandung. Seperti namanya, tempat wisata ini memang menyuguhkan pemandangan alam berupa ribuan pohon, khususnya pohon pinus yang berderetan rapi.

Kawasan Wisata Bandung Treetop Adventure Park

Kawasan Wisata Bandung Treetop Adventure Park | Foto : penginapanmurahdilembang(dot)wordpress(dot)com

Treetop ini memanfaatkan pohon-pohon yang ada untuk memfasilitasi pengunjungnya untuk melakukan kegiatan wisata. Kegiatan wisata di Treetop ini kebanyakan berupa kegiatan adventure atau petualangan yang berkaitan dengan pohon-pohon yang ada disekitar tempat tersebut.

Disini, pengunjung diajak untuk berkegiatan wisata alam yang menguji adrenalin. Berbagai kegiatan wisata adrenalin ini sangat menarik untuk diikuti, karena berbeda dari kegiatan wisata lainnya. Treetop menawarkan wisata adrenalin bagi pengunjungnya dengan menyediakan berbagai wahana yang semuanya dilakukan di pohon-pohon yang tersebar di tempat tersebut.

Wisata Bandung Treetop Adventure Park

Wisata Bandung Treetop Adventure Park | Foto : www(dot)thesmartlocal(dot)com

Setiap pengunjung diibaratkan seperti seekor burung yang terbang dan hinggap dari satu pohon ke pohon lain. Hal ini bisa dirasakan ketika pengunjung mencoba wahana Flying Fox Challenges yang panjang lintasannya mencapai 160 meter dan tingginya sekitar 20 meter.

Tidak hanya itu, di Treetop Cikole Lembang ini juga tersedia berbagai wahana dengan berbagai tingkatan yang bisa dipilih oleh pengunjung. Setiap wahana dibuat sesuai tingkatan demi tingkatan. Tingkatan dari wahana ini dibedakan berdasarkan ketinggian yang bisa dicapai oleh pengunjung. Seluruh permainan dan juga wahana yang menguji adrenalin ini terletak di Adventure Park. Adventure Park ini tersedia bagi seluruh kalangan, pria, wanita, dewasa, bahkan anak-anak 4 tahun keatas.

Wahana Di Treetop Bandung

Wahana Di Bandung Treetop Adventure Park

Wahana Di Bandung Treetop Adventure Park | Foto : cekspot(dot)com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Bandung Treetop merupakan wisata yang menguji adrenalin bagi pengunjungnya. Berbagai wahana dibuat berdasarkan tingkatan-tingkatan kesulitannya. Beberapa wahana seru tersebut di antaranya adalah sebagai berikut;

1. Yellow Circuit, merupakan wahana yang didesain untuk anak-anak usia 4 tahun keatas. Wahana yang satu ini memiliki ketinggian platform atau lintasan hanya 2 meter dari atas tanah.

Discovery (Green Circuit) Bandung Treetop

Discovery (Green Circuit) Bandung Treetop | Foto : happysparrow(dot)gameswarp(dot)com

2. Discovery (Green Circuit), merupakan wahana dengan ketinggian lintasan platform  mencapai 5 meter dari atas tanah. Wahana ini mengharuskan pengunjungnya memiliki tinggi badan lebih dari 130 sentimeter. Jika perlu, pengunjung bisa didampingi oleh pengelola wahana tersebut untuk bisa melalui rintangannya.

3. Blue Circuit, merupakan wahana dengan beberapa rintangan yang harus dilalui oleh pengunjung, seperti lintasan flying fox, lintasan berayun yang semuanya dilakukan diketinggian 8 meter diatas tanah.

Circuit Bandung Treetop

Circuit Bandung Treetop | Foto : www(dot)bandungtourism(dot)com

4. Orange Circuit, merupakan wahana yang membutuhkan keberanian lebih dari pesertanya. Wahana ini juga mengharuskan pesertanya memiliki tinggi badan minimal 150 sentimeter. Di Orange Cirvuit, pengunjung juga bisa meminta pendamping untuk menyelesaikan setiap rintangan yang ada. Jalur lintasan dari wahana yang satu ini mencapai 616 sentimeter.

5. Red Circuit (Emotion), merupakan wahana dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Banyak rintangan yang harus diselesaikan oleh peserta di wahana yang satu ini, seperti Tarzan Jump dan Flying Fox dengan panjangnya mencapai 100 meter.

Flying Fox Di Circuit Bandung Treetop

Flying Fox Di Circuit Bandung Treetop | Foto : www(dot)tretestreetop(dot)com

6. Black Circuit (Adrenalin), merupakan puncak dari tantangan di Bandung Treetop. Semua wahana yang ada disini membutuhkan kekuatan fisik yang full dan juga keberanian yang tinggi. Ketinggian platform disini mencapai 20 meter dan panjang lintasan mencapai 135 meter, tidak heran jika kekuatan fisik menjadi hal utama di sirkuit yang satu ini.

Bagaimana? Seru bukan. Untuk bisa mencoba pengalaman menarik di Bandung Treetop, pengunjung harus merogoh kocek sekitar Rp 125.000 untuk anak, Rp 180.000 untuk dewasa, dan Rp 480.000 untuk paket anak (2 dewasa dan 2 anak). Untuk wisatawan asing, harga tiket untuk dewasa dibandrol dengan harga USD 20 dan untuk anak dibanderol dengan harga USD 14.

Ayo segera kunjungi wahana di Bandung yang satu ini.

Leave a Reply