5 Tempat Wisata di Karawang yang Indah Nan Mempesona!

tempat-wisata-di-karawang

Tempat Wisata di Karawang | Foto : polygonowner(dot)wordpress(dot)com

Karawang adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki tempat wisata yang tak kalah menariknya dengan tempat wisata lain di Jawa barat. Tempat wisata di Karawang pun beragam jenisnya dari wisata alamnya yang indah tiada dua hingga wisata kulinernya yang memanjakan lidah.

Kabupaten Karawang sendiri berbatasan langsung dengan Subang di sebelah timur, sebelah baratnya berbatasan dengan kota Bekasi dan Bogor. Sedangkan di sebelah selatan Karawang berbatasan langsung dengan Cianjur. Kabupaten Karawang juga berbatasan langung dengan Laut Jawa di sebelah utara.

5 Tempat Wisata di Karawang yang Wajib Dikunjungi!

Tempat wisata di Karawang biasanya dipenuhi wisatawan pada masa-masa libur lebaran. Letak kota Karawang yang berada di jalur pantura ini memudahkan para pemudik yang hendak pulang kampong untuk rehat sejenak di tempat-tempat wisatanya.

Selain menyuguhkan wisata alam, tempat wisata di Karawang juga menyediakan wisata religi. Nah, bagi Anda yang ingin berlibur di Kota Karawang, berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Karawang yang harus Anda kunjungi.

1. Pantai Tanjung Baru

Pantai-Tanjung-baru

Pantai Tanjung Baru Karawang | Foto: www(dot)disparbud(dot)jabarprov(dot)go(dot)id

Pantai Tanjung Baru berada di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cilamaya. Tepatnya lokasi pantai ini berjarak kurang lebih 45 kilometer dari pusat Kabupaten Karawang. Pantai yang indah ini memanjang di dan berada di antara Kabupaten karawang dan Subang.

Untuk menuju salah satu tempat wisata di Karawang ini Anda perlu berhati-hati. Karena kondisi jalan menuju pantai belum beraspal. Jalan tersebut masih berupa campuran pasir dan kerikil, maka dari itu Anda harus ekstra hati-hati. Bagi Anda yang akan berkunjung ke Pantai Tanjung Baru disarankan untuk menggunakan kendaraan yang khusu digunakan pada medan yang berat.

Pantai Tanjung Baru ini memiliki luas hampir 5 hektar lho dan selama 10 tahuh terakhir pantai ini menjadi destinasi wisata terfavorit di Kawarang. Di tempat wisata ini juga tersedia fasilitas yang cukup lengkap, seperti penginapan, panggung hiburan, sarana bilas air bersih, dan pasar tradisional.

Selain bisa melakukan aktivitas berenang, di Pantai Tanjung Baru ini Anda bisa menyewa perahu tradisional untuk menikmati birunya air laut. Disepanjang pesisir pantai juga terdapat warnyng makan tradisional yang menyajikan makanan olahan laut super lezat.

2. Curug Cigentis

Curug-Cigentis-Karawang

Curug Cigentis Karawang | Foto: citizen6(dot)liputan6(dot)com

Curug Cigentis adalah salah satu tempat wisata yang menjadi kebanggaan masyarakat Karawang. Keindahan alam yang dihadirkan curug ini sungguh memikat siapa saja yang berkunjung kesana. Suasana pedesaan, hijaunya pepohanan menambah cantiknya curug cigentis ini.

Curug Cigentis sendiri terletak di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Curug atau air terjun ini berada tepat di kaki Gunung Sanggabuana. Untuk menuju lokasi air terjun Anda diharuskan ekstra hati-hati, karena medan yang berat akan mengiringi Anda selama perjalanan.

Sebelum sampai ke tempat tujuan, Anda akan menemukan objek wisata lain yang memiliki konsep wisata keluarga. Objek wisata tersebut bernama “Kampung Wisata Cigentis”. Di tempat ini terdapat fasilitas yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga, seperti flying fox, motor atv, waterboom, villa untuk penginapan, dan masih banyak lagi.

Ketika sampai di lokasi tujuan Anda akan menemukan sebuah curug yang tinggi menjulang ditambah dengan jernihnya air. Biasanya para wisatawan yang datang ke curug Cigentis akan langsung bermain air untuk merasakan kesegaran dan dinginnya air terjun. Tak perlu khawatir jika Anda tidak membawa bekala makanan, karena disekitar lokasi curug banyak pedagang yang menjajakan dagangannya.

3. Pantai Tanjung Pakis

Pantai-Tanjung-Pakis-Karawang

Pantai Tanjung Pakis Karawang | Foto: www(dot)dodaholiday(dot)com

Pantai Tanjung Pakis berada di ujung Kabupaten Karawang, tepatnya di Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakisjaya, sekitar 48 kilometer dari pusat Kota Karawang. Pantai ini terkenal akan ketenangan ombak dan keindahan pantainya.

Tak kalah dengan pantai lain, pantai Tanjung Pakis juga memiliki hamaparan pasir putih yang terbentang luas di pinggir pantai. Biasanya pantai ini dipenuhi wisatawan pada akhir pecan dan masa-masa liburan. Selain itu, tempat wisata ini juga menawarkan wisata kuliner yang menggoyang lidah yang disajikan di warung-warung pinggir pantai.

Untuk masuk ke objek wisata ini Anda diharuskan membayar tiket sebesar Rp5.000 per orang. Sedangkan untuk parkir kendaraan dikenai biaya sebesar Rp5.000 untuk motor, Rp10.000 untuk mobil.

4. Danau Cipule

Danau-Cipule-karawang

Danau Cipule Karawang | Foto: www(dot)fotografer(dot)net

Tempat wisata di Karawang selanjutnya adalah Danau CIpule. Danau ini berlokasi di Desa Walahr, Kecamatan ciampel, Kabupaten karawang, sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Karawang. Indahanya danau Cipule yang masih asri ini memanjakan semua mata pengunjung.

Seperti di Situ Patenggang, di tempat wisata ini juga terdapat pulau kecil yang dikenal sebagai Pulau Cinta. Pulau yang memiliki luas sekitar 2.000 meter persegi ini menjadi daya tarik para wisatawan. Untuk dapat menyebarang ke Pulau Cinta Anda diharuskan untuk naik perahu kabel dengan biaya Rp2.000 perorang, dan memakan waktu sekitar 5 menit.

Sesampainya di Pulau Cinta Anda akan disuguhkan keindhan alam yang sangat indah, pepohonan yang mengelilingi pulau ini menambah semaraknya suasana disana. Disini juga terdapat saung bambu beratapkan rumbia yang menjual berbagai makanan dan minuman. Bukan hanya itu, Pulau Cinta juga memiliki fasilitas area bermain anak yang lengkap lho.

5. Makam Syekh Quro

Makam-Syekh-Quro-Karawang

Makam Syekh Quro Karawang | Foto: sentananews(dot)com

Tak melulu menawarkan wisata alam, Karawang juga menyediakan wisata religi lho. Salah satu tempat wisata religi yang sering dikunjungi para wisatawan adalah Makom Syekh Quro atau Syech Qurotul Ain. Makom ini berada di Desa Pulokalapa, Kecamatan Lemah Abang, Kabupaten Karawang, terletak sekitar 28 kilometer dari pusat Kota Karawang.

Tempat-Mengaji-Syekh-Quro

Makam Syekh Quro di Karawang | Foto: karawangtoday(dot)com

Selain Syekh Maulana Malik Ibrahim, Syekh Quro juga dikenal sebagai salah satu penyebar agama Islam di Pulau Jawa. Biasanya makon Syekh Quro dikunjungi para peziarah setiap malam sabtu. Pada malam sabtu tersebut para peziarang yang datang akan melakukan kegiatan tawasul Sabtuan.

Tepat di belakang bangunan utama makom Syekh Quro terdapat Sumur Awisan yang memiliki diameter 1 meter, dengan air yang sangat jernih. Sumur yang dianggap angker ini juga dikenal airnya tidak pernah mengering.

Itulah 5 tempat wisata di Karawang yang Indah dan wajib untuk Anda kunjungi. Jadi kapan Anda akan mengagendakan liburan ke Karawang?

Add Comment