Tahu Gejrot Khas Cirebon – Olahan Tahu dari Jawa Barat

Tahu Gejrot Khas Cirebon

Tahu Gejrot Khas Cirebon | Foto : resepmembuat(dot)com

Jawa Barat memiliki panganan khas yang menarik untuk dicoba, salah satunya adalah tahu gejrot. Tahu gejrot merupakan panganan khas dari Cirebon. Makanan khas yang satu ini telah banyak dikenal khalayak umum. Bahkan, di kota-kota besar tahu gejrot sering kali dijual oleh para penjual keliling.

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot | Foto : proleevo(dot)wordpress(dot)com

Meskipun sama-sama berbahan dasar tahu, tahu gejrot tidak sama seperti tahu kupat atau makanan tahu yang lainnya. Tahu gejrot khas Cirebon terbuat dari tahu Sumedang yang digoreng terlebih dahulu. Setelah matang, tahu dipotong-potong dan diletakan disebuah piring kecil yang terbuat dari tanah liat. Beberapa pedagang tahu gejrot biasanya juga meletakan lembaran daun pisang agar tahu tidak secara langsung diletakkan di atas piring tanah liat tersebut.

Kegunaan dari daun pisang lainnya pun adalah memberikan aroma khas daun pisang yang sedari dulu sudah dipercaya menambah kenikmatan di setiap makanan yang tersaji diatasnya, tidak terkecuali dengan tahu gejrot. Piring kecil dari tanah liat dan daun pisang sebagai alas tahu gejrot menambah kenikmatan tersendiri bagi konsumen yang mengonsumsinya.

Penyajian Tahu Gejrot

Penyajian Tahu Gejrot | Foto : sukamemasak(dot)com

Tahu yang sudah dipotong-potong, diberi bumbu khas tahu gejrot. Bumbu tahu gejrot sendiri terdiri atas saus cair dan saus ulek. Saus cair terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, cabai hijau, gula merah, garam, air asam, kecap manis, dan air. Semua bahan diulek dan dicampurkan secara merata dan biasanya dimasukan ke dalam botol.

Pembuatan Tahu Gejrot

Pembuatan Tahu Gejrot | Foto : ngaprakbandung(dot)wordpress(dot)com

Dalam penyajiannya, setiap pedagang yang menjajakan tahu gejrot memiliki ciri khasnya tersendiri. Beberapa pedagang ada yang menyajikan tahu gejrot dengan bumbu cairnya saja dan ada juga yang menambahkan bumbu lain yang diiris atau diulek.

Bumbu Ulek Tahu Gejrot

Bumbu Ulek Tahu Gejrot | Foto : www(dot)indonesiakaya(dot)com

Bumbu yang diiris atau diulek ini biasanya terdiri atas bawang putih dan cabe rawit. Tentunya, pilihan bumbu ini bisa disesuaikan dengan minat pembeli. Beberapa pedagang tahu gejrot pun biasanya menambahkan bawang goreng ketika menyajikan menu khas Cirebon tersebut.

Asal Usul Tahu Gejrot

Tahu Gejrot Cirebon

Tahu Gejrot Cirebon | Foto : travelawan(dot)com

Tahu Gejrot khas Cirebon memang menjadi penganan yang banyak disukai oleh semua orang. Baik tua maupun muda, seakan menerima rasa dari tahu yang diberi bumbu khas ini. Namun, apakah Anda tahu bagaimana asal usul makanan dari tahu ini diberi nama tahu gejrot?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tahu gejrot merupakan penganan yang berasal dari tahu Sumedang yang diberi bumbu yang diramu. Bumbu-bumbu ini terdiri atas bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai hijau, air asam, kecap manis, dan air, semua bumbu dihaluskan dan dicampurkan. Setelah diramu, bumbu-bumbu tersebut dimasukan kedalam sebuah botol. Konon, pemberian nama gejrot pada makanan ini berasal dari suara yang ditimbulkan ketika bumbu dituang pada tahu yang telah disajikan.

Bumbu Tahu Gejrot

Bumbu Tahu Gejrot | Foto : destinasianews(dot)com

Tahu Sumedang yang sudah dipotong dan disajikan di atas piring kemudian diberi bumbu dari dalam botol. Ketika bumbu dalam botol tersebut dituangkan maka akan mengeluarkan suara yang berbunyi “jrot jrot”. Dari sinilah asal penamaan tahu gejrot ini mulai dikenal.

Asal Usul Tahu Gejrot

Asal Usul Tahu Gejrot | Foto : bebenyabubu(dot)com

Ada juga yang mengatakan tahu gejrot ini merupakan penganan gagal masyarakat Cirebon yang mencoba membuat tahu layaknya tahu Sumedang. Akan tetapi, proses pembuatan tahu tersebut dirasa kurang berhasil. Hasil akhir yang tidak seperti seharusnya tersebut kemudian dijadikan penganan lain yang tidak kalah enaknya. Tahu Sumedang yang dibuat dengan tidak sempurna tersebut kemudian diberi bumbu-bumbu, sehingga menghasilkan tahu gejrot yang banyak disukai oleh masyarakat sekarang ini.

Pemasaran Tahu Gejrot

Pedagang Tahu Gejrot

Pedagang Tahu Gejrot | Foto : commons(dot)wikimedia(dot)org

Di wilayah asalnya, tahu gejrot khas Cirebon ini sangat mudah dijumpai di sudut kota. Biasanya para pedagang tahu gejrot menjajakan makanan tersebut dengan menggunakan pikulan yang berisikan tahu, bumbu, dan tempat sajian tahu gejrot yang khas. Ada juga yang menjajakan tahu gejrot dengan menggunakan tampah yang diusung di atas kepala. Biasanya penjual yang menggunakan tampah tersebut merupakan pedagang perempuan.

Sebagai makanan yang tergolong jajanan tradisional, tahu gejrot dibandrol dengan harga sekitar Rp 3.000 sampai Rp 5.000. Untuk di kota-kota lain, tahu gejrot ini biasanya dijajakan ditempat keramaian atau di beberapa tempat wisata. Di Bandung sendiri, pedagang tahu gejrot ini bisa dijumpai di Car Free Day Dago setiap Hari Minggu dan beberapa tempat umum lainnya.

Add Comment