Wisata Alam Bukit Tunggul Bandung, Wisata Alam Ala Alice Wonderland

Wisata Alam Bukit Tunggul

Wisata Alam Bukit Tunggul | Foto : ridwanderful(dot)wordpress(dot)com

Tempat wisata alam di Bandung Utara, tidak melulu tentang Kampung Gajah, Kawah Putih, Perkebunan Teh, Ciwidey,  atau tempat-tempat wisata lain yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Ada juga tempat-tempat wisata alam yang tidak kalah cantiknya, tetapi tidak banyak dikenal semua orang, salah satunya adalah wisata alam Bukit Tunggul.

Bukit Tunggul

Bukit Tunggul

Bukit Tunggul | Foto : tjuputography(dot)blogspot(dot)com

Bukit Tunggul atau yang lebih dikenal dengan sebutan Wisata Kebun Kina Bukit Tunggul merupakan salah satu kawasan wisata alam yang hingga saat ini tidak banyak orang mengetahui. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari pabrik pengolahan kina, membuat lahan disekitar tempat ini banyak ditanami pohon-pohon kina. Dalam perkembangannya, Bukit Tunggul dikelola secara resmi oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII atau yang lebih dikenal disebut dengan PTPN VIII.

PT. Perkebunan Nusantara VIII

PT. Perkebunan Nusantara VIII | Foto : www(dot)pn8(dot)co(dot)id

Meskipun dikenal dengan sebutan bukit, nyatanya, tempat wisata alam yang satu ini merupakan sebuah gunung. Menurut sumber di beberapa situs, bukit ini merupakan Gunung Bukit Tunggul dengan ketinggian sekitar 2.208 meter. Gunung Bukit Tunggul tersebut terbentuk dari sisa-sisa letusan besar Gunung Sunda pada jaman prasejarah.

Gunung Sunda

Gunung Sunda | Foto : www(dot)infobdg(dot)com

Menurut legenda, Gunung Bukit Tunggul ini masih berkaitan dengan legenda Sangkuriang. Dulu, ketika Sangkuriang diberi persyaratan oleh Dayang Sumbi membuat sebuah Kapal besar dan danau dalam satu malam, konon Sangkuriang menebang pohon terbesar di tempat tersebut untuk menjadi bahan kayu. Sisa penebangan pohon yang dijadikan bahan kapal inilah yang menjadi bukit yang kini dikenal sebagai Bukit Tunggul.

Wisata Di Gunung Bukit Tunggul

Bukit Tunggul

Bukit Tunggul | Foto : amelia06desi(dot)wordpress(dot)com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Gunung Bukit Tunggul merupakan pecahan dari sisa-sisa letusan Gunung Sunda jaman prasejarah. Tidak seperti gunung yang lain, Bukit Tunggul ini ditumbuhi tanaman kina. Tidak heran jika tidak jauh dari perkebunan kina tersebut, terdapat pabrik pengolahan kina.

Pabrik Pengolahan Kina Di Bukit Tunggul

Pabrik Pengolahan Kina Di Bukit Tunggul | Foto : www(dot)kaskus(dot)co(dot)id

Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada tempat wisata yang asyik di tempat ini. Ada beberapa fasilitas bagi Anda yang ingin menikmati tempat wisata tersebut. Dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 5000, Anda bisa melihat berbagai keindahan alam yang sayang dilewatkan.

Situ Sangkuriang Di Bukit Tunggul Bandung

Situ Sangkuriang Di Bukit Tunggul Bandung | Foto : www(dot)kaskus(dot)co(dot)id

Situ Sangkuriang Di Bukit Tunggul

Situ Sangkuriang Di Bukit Tunggul | Foto : www(dot)kaskus(dot)co(dot)id

Di tempat ini ada sebuah danau yang bernama Situ Sangkuriang. Konon, danau ini dulunya menjadi tempat cuci tangan dan mencuci kayu yang akan dijadikan perahu oleh Sangkuriang. Anda dapat memancing di danau tersebut dengan membayar biaya tertentu.

Sebenarnya, danau ini merupakan danau buatan, yang biasa disebut dengan waduk. Meskipun buatan, keindahan alam disekitar waduk ini sangatlah bagus. Disekelilingnya terdapat beberapa bukit yang menambah keindahan alam.

Situ Sangkuriang

Situ Sangkuriang | Foto : www(dot)kaskus(dot)co(dot)id

Beberapa tempat di sekeliling Situ Sangkuriang juga ditumbuhi beberapa tanaman bunga yang banyak menarik perhatian pengunjung. Tidak jauh dari Situ Sangkuriang tersebut terdapat aliran sungai kecil yang juga menambah referensi Anda untuk berlibur di tempat wisata alam yang menyenangkan. Disekitar aliran sungai juga terdapat beberapa tanaman bunga yang menambah keasrian tempat tersebut.

Dunia Taman Alice Wonderland ala Bukit Tunggul

Dunia Taman Alice Wonderland ala Bukit Tunggul | Foto : ridwanderful(dot)wordpress(dot)com

Layaknya taman alam di Dunia Alice Wonderland, disini Anda bisa menikmati keasrian alam yang tergabung dalam satu tempat. Ada juga air terjun yang terdapat di bukit-bukit. Meskipun kecil, air terjun ditempat wisata alam Bukit Tunggul ini menjadi salah satu spot menarik para pengunjung untuk berfoto ria. Di bukit-bukit ini juga terdapat beberapa tanaman hias, seperti warna-warni bunga, pohon-pohon, dan tanaman-tanaman lainnya yang menambah suasana seperi dunia di Alice Wonderland.

Penangkaran Axis-axis Di Bukit Tunggul

Penangkaran Axis-axis Di Bukit Tunggul | Foto : www(dot)kaskus(dot)co(dot)id

Selain itu, ada juga tempat penangkaran axis-axis yang lebih dikenal sebagai rusa totol. Penangkaran rusa ini tidak jauh letaknya dengan pabrik pengolahan kina. Bagi Anda yang ingin menginap atau camping, tempat ini juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap.

Ada dua pilihan tempat yang bisa dipilih ditempat ini, yaitu camping ground dan sebuah penginapan yang bisa disewa. Di tempat ini, berdiri sebuah rumah yang dulunya ditempati oleg administrator pertama di kebun kina Bukit Tunggul. Gedung ini sudah berdiri sejak 1927 dan dibangun oleh Jan Willem Ruyssenaers.

Cottage Di Bukit Tunggul

Cottage Di Bukit Tunggul | Foto : www(dot)kaskus(dot)co(dot)id

Tidak hanya itu, di wisata Bukit Tunggul juga memiliki beberapa wahana yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Wahana-wahana ini dapat Anda nikmati dengan membayar biaya mulai dari Rp 15.000. Beberapa wahana yang bisa dicoba ditempat ini adalah flying fox, spider web, dan wahana-wahana lain yang biasa tersedia di arena outbond.

Wahana Di Bukit Tunggul

Wahana Di Bukit Tunggul | Foto : www(dot)kaskus(dot)co(dot)id

Ada juga cottage, saung-saung yang tersedia untuk wisatawan beristirahat, kantin atau warung-warung yang menyediakan makanan ringan, hingga tempat karaoke yang pastinya seru, karena berlokasi di gunung.
Penasaran dengan tempat yang satu ini? Ada dua jalur yang bisa Anda pilih untuk bisa sampai di Bukit Tunggul, yaitu;

Jalan Raya Lembang

Jalan Raya Lembang | Foto : www(dot)flickr(dot)com

1. Anda bisa mengambil jalur Lembang melalui Ledeng. Rute dengan jalur ini memungkinkan Anda untuk melewati alun-alun Lembang, De’Ranch, Kebun Begonia. Anda juga bisa memilih jalur Maribaya melalui pintu masuk Taman Hutan Raya Ir. Djuanda. Dari jalur tersebut, Anda bisa melanjutkannya ke arah Cibodas kemudian ke Kawasan PTPN VIII, dan sampailah di Bukit Tunggul.

Dengan jalur Lembang ini, jarak tempuh yang dibutuhkan cukup lama. Meskipun jalanan cenderung lancar dan melewati jalan besar dan beraspal, namun membutuhkan rutenya cukup jauh.

Jalan Menuju Bukit Tunggul Rute Ujung Berung

Jalan Menuju Bukit Tunggul Rute Ujung Berung | Foto : www(dot)kaskus(dot)co(dot)id

2. Jalur kedua yang bisa dipilih adalah melalui jalur Ujung Berung. Melalui jalur Ujung Berung, Anda bisa mengikuti rute Pasir Wangi yang kemudian diteruskan kearah Desa Cilengkrang. Dari Desa Cilengkrang, Anda akan masuk ke Kawasan PTPN VIII yang langsung mengarahkan Anda ke Bukit Tunggul.

Rute Menuju Bukit Tunggul

Rute Menuju Bukit Tunggul | Foto : www(dot)kaskus(dot)co(dot)id

Berbeda dengan jalur Lembang, jalur melalui Ujung Berung ini cukup padat. Karena memasuki pedesaan, jalanan yang dilaluinya pun tidak besar dan tidak beraspal. Meskipun jalanan tidak rusak dan baik, rute yang harus dilewati melalui jalur Ujung Berung ini cenderung menanjak. Jika dibandingkan dengan jalur Lembang, akses menuju Bukit Tunggul melalui Ujung Berung ini terbilang cukup mudah dan cepat.

Tunggu apalagi? Dengan membayar biaya sekitar Rp 5.000, Anda bisa menikmati keindahan alam layaknya di Dunia Alice Wonderland di wisata alam Bukit Tunggul Bandung.

Leave a Reply