Air Terjun Batu Templek – Wisata Alam Di Bandung yang Berbeda

Air Terjun Batu Templek - Wisata Alam Di Bandung

Air Terjun Batu Templek – Wisata Alam Di Bandung | Foto : bersapedahan(dot)wordpress(dot)com

Wisata alam di Bandung terkenal dengan pemandangan sawah-sawah yang hijau, padang rumput yang asri, hutan pinus yang sejuk, hingga kawah gunung yang menyejukkan mata. Namun nyatanya, wisata alam yang berada di Bandung tidak hanya soal hijau pegunungan dan alam. Masih banyak wisata alam Bandung lain yang juga sangat menarik perhatian, salah satunya adalah Air Terjun Batu Templek.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, wisata alam yang berada di Bandung terkenal kebanyakan tentang keindahan pegunungan, hutan pinus, dan pemandangan alam sekitar Bandung. Hal ini memang tidak salah, mengingat Bandung merupakan kota yang dikelilingi oleh pegunungan hijau yang terkenal sejak beberapa abad yang lalu.

Air Terjun Batu Templek

Air Terjun Batu Templek

Air Terjun Batu Templek | Foto : arsbersepeda(dot)wordpress(dot)com

Berbeda dengan wisata alam di Bandung lainnya, Air Terjun Batu Templek merupakan wisata alam yang menyuguhkan pemandangan alam dari sudut pandang lain. Jika di tempat wisata alam lain Anda menemukan hamparan hutan hijau, di Air Terjun Batu Templek ini Anda akan disuguhi oleh fenomena menarik khas Cekungan Bandung yang dialiri air.

Air Terjun Batu Templek merupakan tempat wisata alam bebatuan di Bandung. Tempat ini sebenarnya tempat penambangan batu. Maka, tidak heran jika disepanjang jalan menuju tempat tersebut banyak warga sekitar yang membuka usaha sebagai pengrajin batu.

Fenomena Alam Di Air Terjun Batu Templek

Fenomena Alam Di Air Terjun Batu Templek | Foto : ink361(dot)com

Air Terjun Batu Templek berada di Pasir Impun Bandung, tidak jauh dari Lapas Sukamiskin. Air terjun ini merupakan sebuah fenomena alam yang sangat luar biasa. Berada di tempat penambangan batu, air terjun yang secara alami keluar dari titik ketinggian bumi ini mengalir di batu-batu yang berdempetan dan akhirnya turun ke dasar hingga mengaliri sungai.

Seperti halnya penambangan batu pada umumnya, Air Terjun Batu Templek ini memang dikelilingi oleh batu-batu besar alam. Air terjun yang mengaliri tempat tersebut berasal dari dalam bumi yang menjadi sumber pengairan pada warga sekitar.

Spot Menarik Di Air Terjun Batu Templek

Spot Menarik Di Air Terjun Batu Templek | Foto : ink361(dot)com

Tinggi dari Air Terjun Batu Templek yang merupakan tempat wisata alam di Bandung ini sekitar 10-15 meter. Di dasar air terjun sendiri terdapat semacam kolam penampungan air terjun. Banyak batu-batuan yang menghiasi kolam yang seolah ditata dengan baik oleh alam sendiri. Biasanya batu-batuan ini sering digunakan pengunjung untuk berfoto.

Meskipun berada di lingkungan penambangan batu, Air Terjun Batu Templek atau warga sekitar menyebutnya Curug Batu, bukan berarti tidak ada penghijauan disekitarnya. Air Terjun Batu Templek ini berada di ketinggian Pasir Impun Bandung. Di sepanjang jalannya, Anda akan menemui beberapa perkebunan, persawahan, hingga pemandangan alam khas Bandung, yaitu kehijauan dari ketinggian. Bahkan, di tempat air terjun ini berdiri pun sekelilingnya banyak perkebunan yang tentu mempercantik keindahan alam kawasan penambangan batu tersebut.

Wisata Alam Pesepeda Di Bandung

Wisata Alam Pesepeda Di Bandung | Foto : arsbersepeda(dot)wordpress(dot)com

Hingga saat ini, kebanyakan dari pengunjung yang datang ke Air Terjun batu Templek adalah pesepeda. Memang, ada juga pengunjung yang sengaja datang untuk berfoto atau menikmati keindahan alam disini lainnya. Namun, rute perjalanan menuju Air Terjun Batu Templek ini memang sangat cocok bagi mereka yang suka bersepeda. Oleh karena itulah, para pesepada yang paling banyak mengunjungi tempat wisata alam di Bandung tersebut.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat Air Terjun Batu Templek ini, rute perjalannnya cukup mudah. Dari Arah Terminal Cicaheum, Anda hanya perlu berjalan menuju Lapas Sukamiskin. Dari Lapas Sukamiskin, Anda akan menemui jalan sebelah kiri yang dikenal sebagai Jalan Pasir Impun. Dari Jalan Pasir Impun ini, Anda hanya perlu berjalan terus mengikuti jalan tersebut. Patokannya, Anda akan melewati area Alam Sentosa sejenis resort atau kampung adat. Dari area tersebut, Air Terjun Batu Templek berada tidak jauh lagi.

Rute Jalan Menuju Air Terjun Templek

Rute Jalan Menuju Air Terjun Templek | Foto : bersapedahan(dot)wordpress(dot)com

Sebagai tambahan informasi, jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata alam di Bandung ini, disarankan untuk berhati-hati, karena jalannya banyak yang berlubang.

Penasaran dengan tempat ini? Ayo segera luangkan waktu Anda untuk mengunjungi.

Add Comment