Relawan KAA : Enam Fungsi, Enam Kelompok, dan Empat Kasta

Relawan KAA

Relawan KAA | Foto : instagramkusu(com)

Dalam memperingati Konferensi Asia Afrika ke-60, Pemerintah Kota Bandung turut melibatkan ribuan relawan. Ribuan relawan ini terjun langsung dalam memeriahkan event akbar 10 tahunan ini. Lantas bagaimana pembagian tugas relawan KAA ini?

Enam Fungsi dan Enam Kelompok

Berdasarkan informasi yang diperoleh, diketahui bahwa relawan KAA dibagi menjadi enam kelompok. Di antaranya adalah Srilanka, Burma, Bandung, Indonesia, India, dan Pakistan. Setiap kelompoknya mempunyai tugas dan fungsi masing-masing.

Tapi, kenapa nama kelompoknya justru memakai nama-nama negara dan kota? Ternyata, setelah diulik lebih dalam, nama kelompok tersebut merupakan singkatan.

Misalnya, Srilanka merupakan singkatan dari Semangat Tertib Lalu Lintas KAA. Kemudian, Burma singkatan dari Badan untuk Meramaikan Acara. Bandung singkatan dari Badan Pelindung.

Indonesia singkatan dari Informasi dan Operasi Pelayanan Sekitar Kota. India singkatan dari Informasi Dunia Maya. Dan terakhir Pakistan, berasal dari singkatan Pasukan Kesehatan dan Kebersihan.

Dari pemilihan nama-nama kelompok tersebut terbukti bahwa pemerintah Bandung memang sangat kreatif. Bukan hanya dalam menata Kota Bandung, melainkan juga untuk hal kecil lainnya seperti nama kelompok relawan KAA.

Empat Kasta

Selain itu, dalam struktur organisasi relawan KAA pun dibagi menjadi 4 kasta. Adapun 4 kasta yang dimaksud adalah Prabu (sebagai coordinator formasi), patih (sebagai wakil coordinator formasi), senopati (sebagai coordinator event-event), dan punggawa (relawan-relawan).

Namun sebenarnya, apa sih yang mendorong mereka untuk gabung menjadi relawan KAA? Beberapa di antaranya bergabung sebagai relawan KAA, karena ingin berkontribusi langsung di KAA 2015.

Disamping itu, ada juga yang ikut tergabung ke dalam relawan KAA karena memiliki waktu luang yang besar. Dan tak ada salahnya bukan, untuk ikut memeriahkan peringatan KAA yang hanya sepuluh tahun sekali ini.

Meski tenaga dan waktu terkuras banyak, namun para relawan KAA bertekad akan terus menunjukkan semangatnya. Karena bagi mereka, rasa letih ini akan terbayar dengan kemeriahan acara peringatan KAA 2015.

Berapa Banyak Relawan KAA?

ribuan relawan kaa

Ribuan Relawan KAA | Foto : jurnalposonline(com)

Lantas, sudah berapa banyakkah yang mendaftar menjadi relawan KAA 2015? Pendaftaran sebagai relawan KAA dibuka sejak awal Fabuari 2015 secara online. Nah, berdasarkan perhitungan, di bulan Maret 2015 sudah ada 13 ribu yang mendaftar sebagai relawan KAA. Dan pendaftaran sebagai relawan KAA telah ditutup pada awal April 2015.

Setelah sekuat tenaga membantu memeriahkan peringatan KAA ke-60, lalu apa imbalan yang didapat oleh ribuan relawan KAA tersebut? Pada umumnya yang namanya relawan itu bekerja tanpa imbalan. Meski demikian, pemerintah Kota Bandung tetap memberikan apresiasi atas kerja keras para relawan, walau hanya sekadar makan dan minum.

Iya, selama pelaksanaan acara, para relawan KAA tak perlu khawatir soal makanan dan minuman. Karena pemerintah Kota Bandung juga sadar, kalau mau kerja maksimal, tenaga harus tetap terjaga, contohnya dengan menjamin makanan dan minuman.

Nah, selain makanan dan minuman, pemerintah Kota Bandung juga memberikan kaos sponsor. Kaos sponsor tersebut bukan hanya sebagai merchandise, melainkan juga menghemat biaya makan di restoran.

Iya, beberapa restoran menjadi sponsor dari peringatan KAA ke-60. Nah, bagi siapa saja yang memakai kaos sponsor tersebut, mendapat diskon 50%, bahkan ada juga yang 70%. Dengan begitu, perut kenyang, kantong pun aman. Iya kan?

Jadi, kemeriahan KAA secara tidak langsung juga didukung dengan kerja keras dari para relawan. Dan relawan KAA bekerja semaksimal mungkin, hanya untuk membuat perayaan KAA ke-60 berjalan dengan lancar. Mari berpartisipasi memeriahkan peringatan KAA ke-60!

Add Comment