Asyiknya Berwisata di Kebun Binatang Bandung

Wisata Kebun Binatang

Wisata Kebun Binatang | Foto : www(dot)jotravelguide(dot)com

Salah satu obyek wisata paling terkenal kota kembang adalah Kebun Binatang Bandung yang berada di Jalan Taman Sari, tidak jauh dari kampus ITB (Institut Teknologi Bandung). Obyek wisata yang juga sangat bagus dijadikan sebagai media pendidikan untuk anak-anak ini sudah berdiri sejak jaman pemerintahan kolonial Belanda, persisnya pada taun 1933.

Namun saat itu masih memakai nama Derenten yang berasal dari bahasa Sunda yang artinya juga kebun binatang. Hanya saja warga Belanda sendiri lebih senang menamakannya dengan sebutan Zoological Park atau Botanic Zoo.

Topografi

Luas Kebun Binatang Bandung

Luas Kebun Binatang Bandung | Foto : metalbesarrr(dot)wordpress(dot)com

Kebun Binatang ini mempunyai ukuran yang sangat luas yang totalnya mencapai 13,5 hektar. Topografi atau areanya yang berbentuk gelombang membuat lokasi ini sangat enak sekaligus asyik untuk dikunjungi karena tidak pernah menimbulkan rasa bosan.

Dari luas lokasi sebesar 13,5 hektar tersebut kurang lebih 18,5% nya digunakan khusus untuk menyimpan dan memelihara koleksi binatang. Kemudian yang 55,2% digunakan sebagai area untuk koleksi aneka tanaman. Sedangkan yang 4,7 % untuk kolam perahu dan taman ria. Lalu 2,4% difungsikan sebagai tempat untuk mengolah sampah dan sisanya dimanfaatkan untuk teater, museum, aquarium, jalan dan masjid serta kantor.

Koleksi Satwa

Koleksi Satwa di Kebun Binatang Bandung

Koleksi Satwa di Kebun Binatang Bandung | Foto : spotwisata(dot)com

Untuk binatangnya sendiri terdapat satwa yang terdiri dari 213 dan 79 diantaranya merupakan binatang yang dilindungi. Hewan yang jadi koleksi Kebun Binatang Bandung ini tidak hanya didatangkan dari daerah-daerah yang ada di Indonesia saja namun juga ada yang berasal dari luar negeri.

Dalam setiap kandangnya, pengunjung bisa mendapat informasi tentang nama hewan maupun satwa tersebut lengkap dengan nama latinnya. Bahkan ada keterangan lain yang berhubungan dengan habitat serta jenis makanannya. Jadi wisatawan bisa lebih mudah mengenali binatang-binatang tersebut meski informasi ini hanya disampaikan melalui tulisan saja.

Pertambahan Satwa di Kebun Binatang Bandung

Pertambahan Satwa di Kebun Binatang Bandung | Foto : www(dot)tribunnews(dot)com

Selain itu jumlah koleksi binatang yang ada tidak jarang mengalami pertambahan. Ada yang dikarenakan perkembangbiakan, namun ada pula yang disebabkan oleh penambahan koleksi yang didatangkan dari daerah maupun negara lain.

Obyek Menarik Lainnya

Selain menyajikan berbagai macam koleksi satwa yang menjadi daya tarik utamanya, Kebun Binatang Bandung menyediakan pula taman bagi pengunjung yang ingin beristirahat. Di sini wisatawan tidak hanya duduk di kursi saja namun juga dapat duduk dengan lesehan memakai tikar dengan sistem sewa.

Di taman ini terdapat aneka jenis pohon dari yang berukuran kecil hingga besar. Bahkan ada yang usianya sudah mencapai ratusan tahun. Semua menjadikan taman tersebut terlihat indah dan asri sekaligus rindang dan nyaman untuk bersantai. Terutama sekali bagi wisatawan yang merasa lelah setelah berkeliling melihat koleksi binatang yang ada.

Wahana Menarik Lainnya

Wahana di Kebun Binatang Bandung

Wahana di Kebun Binatang Bandung | Foto : www(dot)aak-share(dot)com

Bukan itu saja di lokasi ini juga disediakan taman khusus yang bisa digunakan untuk bermain anak-anak misalnya ayunan dan sebagainya. Tarif yang dikenakan untuk memasuki taman ini tergolong sangat murah, hanya sekitar tiga ribu rupiah saja. Selain itu juga ada istana balon, berupa wahana permainan balon air dan balon loncat.

Permainan lain yang tidak kalah menariknya yaitu naik sepeda air atau perahu mengelilingi danau yang harga tiketnya juga masih terjangkau untuk wisatawan kelas bawah. Pada bagian tengah danau tersebut terdapat sebuah pulau kecil dan pulau tersebut jadi tempat bagi monyet yang dibiarkan berkeliaran bebas. Keberadaanya menjadi hiburan tersendiri yang sangat unik terutama ketika melihat monyet-monyet tersebut saling berlarian dan bergantungan di pohon.

Yang lebih menarik lagi Kebun Binatang Bandung ini juga dijadikan sebagai media bagi para pelaku seni khususnya seni pertunjukan dan teater. Di sini ada satu panggung berukuran besar dan sering dipakai untuk menggelar pertunjukan seni tradisional khususnya pada hari libur.

Leave a Reply