4 Tempat Rekreasi di Bandung untuk Wahana Bermain dan Belajar

Tempat Rekreasi di Bandung

Tempat Rekreasi di Bandung | Foto : media(dot)abatasa(dot)com

Kota kembang tidak hanya cocok untuk berwisata belanja pakaian atau fashion, kuliner serta budaya maupun alam. Banyak sekali tempat rekreasi di Bandung yang memiliki muatan pendidikan bagus, khususnya untuk anak-anak dan pelajar sekolah bahkan hingga mahasiswa. Jadi sambil bermain, wisatawan bisa sekaligus mendapat ilmu yang sangat bermanfaat.

1. Taman Lalu Lintas

Rambu-rambu di Taman Lalulintas Bandung

Rambu-rambu di Taman Lalulintas Bandung | Foto : yukpegi(dot)com

Obyek wisata pendidikan ini bernama Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani dan berlokasi di Jalan Belitung 1. Jam operasionalnya, untuk hari Senin hingga Kamis dan Sabtu mulai dibuka pada pukul 8.00 WIB pagi hingga pukul 15.00 WIB. Harga tiket untuk satu pengunjung lima ribu rupiah.

Kemudian khusus untuk hari Minggu dan hari libur nasional, taman bermain anak-anak ini buka hingga pukul 16.00 WIB, dengan harga tiket masuknya enam ribu rupiah. Sedangkan hari Jum’at tutup, namun jatuh pada hari libur nasional tetap buka seperti biasa.

Tempat Rekreasi Anak di Taman Lalulintas Bandung

Tempat Rekreasi Anak di Taman Lalulintas Bandung | Foto : www(dot)tribunnews(dot)com

Dengan mengunjungi Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani pengunjung dapat belajar tentang aturan serta tata tertib lalu lintas. Misalnya mengetahui arti tanda-tanda lalu lintas, jalan yang boleh maupun dilarang untuk dilewati dan sebagainya. Selain itu ada wahana permainan yang juga masih berhubungan dengan ketertiban berlalu lintas di jalanan.

2. Taman Kupu Cihanjuang

Taman Kupu-kupu Bandung

Taman Kupu-kupu Cihanjuang| Foto : travel(dot)detik(dot)com

Obyek atau tempat rekreasi di Bandung yang memiliki muatan pendidikan berikutnya adalah Taman Kupu Cihanjuang. Lokasinya ada di Jl. Cihanjuang Km. 3 no. 58. Kawasan ini masuk Desa Cibaligo dan Kecamatan Parongpong.

Obyek wisata yang satu ini menawarkan koleksi berbagai jenis kupu-kupu di Indonesia yang jumlahnya mencapai lebih dari limapuluh species. Untuk pelajar dan mahasiswa yang tertarik dengan ilmu biologi terutama yang berkaitan dengan kehidupan hewan khususnya kupu-kupu tentu tempat ini merupakan obyek wisata yang wajib untuk dikunjungi.

Taman Kupu-Kupu

Taman Kupu-Kupu | Foto : tamankupu-kupucihanjuang(dot)blogspot(dot)com

Apalagi tempatnya juga sangat nyaman dan asri. Di sekelilingnya terdapat aneka pepohonan rindang dan tanaman hias yang dapat menyejukan dan menyegarkan pandangan mata. Harga tiket masuknya juga tergolong murah, hanya 20 ribu rupiah saja untuk satu pengunjung.

Taman kupu-kupu ini dibuka setiap hari Senin hingga Jum’at dari jam 9:30 pagi hingga 17:00 sore. Sedangkan khusus untuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional jam operasionalnya dimulai lebih pagi lagi dari jam 08:00 hingga 18:00 sore.

3. Jendela Alam

Wisata Anak Jendela Alam Bandung

Wisata Anak Jendela Alam Bandung | Foto : www(dot)liburananak(dot)com

Obyek atau tempat rekreasi di Bandung menarik yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Jendela Alam yang berlokasi di kawasan Lembang, persisnya di Jl. Sersan Bajuri km. 4. Obyek wisata pendidikan ini mengajarkan kepada anak-anak agar dapat berperan aktif untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan termasuk hewan peliharaan.

Wisatawan bisa belajar bermacam ilmu yang berkaitan dengan masalah lingkungan, misalnya bercocok tanam, menyiapkan bibit tanaman dan berkebun. Bahkan, pengunjung juga bisa belajar hal lain yang berhubungan dengan masalah peternakan seperti memerah susu sapi, bermain serta memberi makanan pada ayam, bebek atau kelinci dan sebagainya.

Jendela Alam Bandung

Jendela Alam Bandung | Foto www(dot)tempatwisataid(dot)com

Untuk hari Senin hingga Jum’at Jendela Alam mulai dibuka untuk pengunjung dari jam 09:00 hingga pukul 16:00 dan harga tiketnya sebesar delapan ribu rupiah. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu atau hari libur Nasional, dibuka lebih pagi pada pukul 08:00 hingga 16:00 dengan harga tiket sepuluh ribu rupiah per satu pengunjung.

4. Budidaya Ulat Sutera

Ulat Sutra di Padepokan Dayang Sumbi Bandung

Ulat Sutra di Padepokan Dayang Sumbi Bandung | Foto : wisatawanalam(dot)blogspot(dot)com

Masih ada satu obyek wisata lain yang sangat unik yaitu pusat budidaya ulat sutera yang ada di kompleks Padepokan Dayang Sumbi. Kompleks ini terletak di Jl. Sindanglaya, Arcamanik Km.4 Kampung Pemoyanan.

Obyek wisata dan tempat rekreasi di Bandung yang satu ini menawarkan teknik mengembangbiakan sutera sekaligus proses membuat kain suteranya. Bahkan proses peternakan dari bentuk pertama yaitu telur atau larva hingga siap panen semuanya dijelaskan sekaligus diperlihatkan secara lengkap.

Leave a Reply