Asiknya Berkuda di Wisata Kuda Paku Haji Bandung

Asiknya Berkuda

Asiknya Berkuda | Foto : katumiriheavenlyhaven(dot)wordpress(dot)com

Anda pernah melihat asiknya berkuda yang dilakukan para koboi dalam film-film Amerika? Kini, pengalaman menunggang kuda ala koboi bisa Anda rasakan langsung. Dimana? Di Wisata Kuda Paku Haji tempatnya.
Wisata kuda Paku Haji berlokasi  di Jalan Haji Ghofur, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat.

Dari jalan raya Cimere, utama yang menghubungkan kota Bandung dengan kota-kota lain di sebelah barat, dibutuhkan sekitar 4 kilometer untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Sebaiknya Anda menggunakan armada pribadi atau mobil sewa harian. Sebab, belum ada angkutan umum yang menyediakan tumpangan ke sana.

Wisata Kuda Paku Haji Bandung

Wisata Kuda Paku Haji Bandung | Foto : gemintang(dot)com

Sebelum mendapatkan sensasi asiknya berkuda di Paku Haji, Anda perlu menempuh perjalanan yang menguras adrenalin. Bukan apa-apa, akses menuju Paku Haji lumayan rumit. Penuh tanjakan dan turunan yang cukup curam, serta jalan yang berlubang-lubang. Mungkin karena tempatnya sedikit terpencil, kondisi jalan lambat diperhatikan Pemerintah.

Sesampainya di sana, lelah selama di perjalanan akan terbayar. Anda akan melihat hamparan seluas 10 hektar yang ditumbuhi banyak pepohonan. Sehingga bukan asiknya berkuda saja yang bisa didapat, tapi juga kesejukan alam yang begitu alami.

Wisata di Paku Haji Bandung

Wisata di Paku Haji Bandung | Foto : www(dot)lovelytoday(dot)com

Sebagaimana umumnya tempat wisata outdoor, Paku Haji tidak hanya menyediakan fasilitas berkuda. Namun, permainan-permainan menantang seperti Flying Fox, ATV, Halang Rintang, dan Kincir. Semuanya hanya bermodal 10 ribu rupiah per tiap permainan.

Jika membawa anak-anak, Anda juga bisa mengajak mereka berenang di kolam renang yang disediakan pengelola. Masih belum puas? Anda dapat melihat-lihat ke kebun binatangnya. Di sana, sebagian besar satwa diisi dengan burung dan kera. Jadi, jangan heran jika tempat ini diramaikan dengan kemeriahan kicau burung dan suara kera.

Nasi Liwet Paku Haji

Nasi Liwet Paku Haji Bandung

Nasi Liwet Paku Haji Bandung | Foto : www(dot)flickr(dot)com

Lelah berkuda dan bermain-main tentu membuat perut terasa lapar. Kalau perut sudah keroncongan, tidak alasan untuk menunda makan. Tapi bagaimana jika tidak membawa perbekalan dari rumah? Hmmm… jangan khawatir! Di Paku Haji Anda tidak akan menderita kelaparan. Sebab tersedia tempat makan yang menyajikan kuliner sedap. Salah satu menu yang menjadi favorit pengunjung adalah Nasi Liwet dan es kelapa muda.

Wisata di Paku Haji

Wisata di Paku Haji | Foto : www(dot)infobdg(dot)com

Pengelola tempat ini menjamin segala menu yang mereka hadirkan bukanlah menu-menu instan. Di sini semua menu diracik dari bahan-bahan alami dan baru diolah berdasarkan pesanan. Jadi, terasa lebih fresh dan aman dikonsumsi.

Demikian ulasan singkat tentang Wisata Berkuda Paku Haji. Sempatkan waktu Anda untuk merasakan asiknya berkuda di sini.

Leave a Reply