Berburu Pakaian Bekas, Salah Satu Atraksi Wisata Bandung Timur Yang Fenomenal

Wisata Bandung Timur

Wisata Bandung Timur | Foto : www.gogirlmagz. (com)

Tak bisa dipungkiri, jika berburu pakaian bekas merupakan salah satu atraksi wisata Bandung Timur yang masih diminati hingga kini. Satu lokasi yang bisa dikunjungi untuk kegiatan wisata ini adalah Pasar Induk Gede Bage Bandung. Di pasar ini, terdapat kompleks penjualan pakaian bekas terbesar di Kota Bandung.

Sejarah Singkat

Berdasarkan sejarahnya, keberadaan kompleks ini tak lepas dari fenomena “Cibadak Mall” (Cimol). Disebut fenomena sangatlah wajar mengingat  kemunculan Cibadak Mall di akhir 90’an secara langsung mampu menyedot perhatian hampir semua warga Bandung. Yang lebih unik, “Cibadak Mall” bukanlah pusat perbelanjaan yang berbentuk pertokoan atau mall, melainkan hanya pedagang emperan yang membuka lapaknya di sepanjang jalan Cibadak.

Cibadak Mall Bandung

Cibadak Mall Bandung | Foto : m.inilah. (com)

Hal lain yang lebih mengejutkan adalah, perkembangan pedagang emperan ini yang sangat pesat. Bermula dari Cibadak lalu beralih ke sepanjang jalan Oto Iskandar Dinata atau wilayah Pasar Baru. Perkembangan yang sangat pesat ditambah dengan tingginya animo masyarakat tentunya menyebabkan masalah utama, yaitu kemacetan.

Untuk mengatasi masalah kemacetan ini, pemerintah memberi fasilitas bagi para pedagang dan pemburu barang bekas dengan cara merelokasi Cimol. Relokasi pertama adalah pasar Kebon Kalapa yang bersebelahan dengan terminal Abdul Muis (Kebon Kalapa). Relokasi ini hanya bertahan beberapa bulan dikarenakan pembangunan ITC seperti yang terlihat saat ini.

Relokasi Cibadak Mall

Relokasi Cibadak Mall | Foto : news. (detik.com)

Dari Kebon Kalapa, Cimol pindah ke wilayah Tegallega Bandung. Pemindahan di wailayah yang sangat strategis ini, tentu saja menghasilkan masalah kemacetan yang sama. Hingga pada akhirnya Cimol secara besar-besaran direlokasi ke pasar Gede Bage Bandung, hingga saat ini.

Animo Massyarakat Yang Tinggi

Tingginya animo masyarakat terhadap pakaian bekas di kawasan ini, tentunya berkaitan dengan produk yang ditawarkannya. Hampir semua komoditas yang ada di kawasan ini adalah produk berkualitas yang berasal dari luar negeri.

Suasana Di Pasar Gedebage Bandung | Foto : www.padjajaranmerdeka. (com)

Suasana Di Pasar Gedebage Bandung | Foto : www.padjajaranmerdeka. (com)

Kendati kondisinya bekas pakai, namun brand ternama dan kondisi yang masih sangat layak pakai kiranya menjadi daya tarik utama bagi para pembeli. Di samping itu harganya tentu saja relatif murah. Inilah yang mengundang animo masyarakat terhadap wisata Bandung Timur.

Komoditas yang ditawarkan di Cimol Gede Bage ini adalah segala macam produk yang berkaitan dengan fashion. Mulai dari kemeja, kaos, jaket, sweater, jas, topi, ikat pinggang, tas dan sebagainya. Bahkan di beberapa lapak ditemukan juga sprei, bed cover dan peralatan tidur bekas yang berasal dari luar negeri, meski jumlahnya tak sebanyak dan tak selaku produk fashion.

Pasar Gedebage

Pasar Gedebage | Foto : noviaheryani21. (blogspot.com)

Untuk lebih mengetahui seperti apa atraksi wisata Bandung Timur ini, datang saja langsung ke Pasar Gede Bage Bandung.

Leave a Reply